Search Cars

Otomotif

TAM Segera Luncurkan Mobil Listrik Lexus di Indonesia

Melihat pasar dan antusiasme masyarakat tanah air, TAM akan meluncurkan mobil listrik lexus di Indonesia.

mobil listrik lexus

Sukses membangun pasar kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV), PT Toyota Astra Motor (TAM) segera memperluas pasar mobil elektrifikasi nasional dengan menyiapkan line-up kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV), mobil yang sepenuhnya menggunakan sumber energi listrik sebagai tenaga penggerak.

Hal ini untuk makin melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi bagi masyarakat Indonesia, setelah di Maret 2020 lalu juga telah meluncurkan teknologi Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang saat ini menjadi salah satu model yang masih difokuskan untuk pasar Fleet.

Toyota telah menjadi pionir dan market leader kendaraan elektrifikasi di dunia otomotif global. Terhitung sejak meluncurkan Prius sebagai mobil elektrifikasi pertama yang dipasarkan di dunia, Toyota telah meluncurkan lebih dari 40 model kendaraan elektrifikasi dengan total penjualan lebih dari 15 juta unit.

Penggunaan kendaraan elektrifikasi Toyota setidaknya telah mengurangi produksi emisi CO2 sebanyak 125 juta ton atau setara dengan konsumsi 47 miliar liter bahan bakar.

Baca juga: Bisakah Pasang Engine Start/Stop Button di Toyota Avanza?

“Toyota sudah mulai elektrifikasi sejak tahun 1990-an di global, tidak hanya karena kami melihat adanya kebutuhan untuk melestarikan lingkungan, tapi juga kami berkomitmen untuk menghadirkan pilihan mobilitas yang lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat,” kata President Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda.

Lexus UX 300e

Mobil listrik Lexus pertama di Indonesia

Melihat kesiapan market yang semakin baik dalam mengadopsi teknologi elektrifikasi, TAM sebagai pemegang brand Toyota dan Lexus akan memulai titik baru untuk dapat memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda dari tiap pelanggan.

Untuk itu, TAM berencana untuk segera meluncurkan kendaraan BEV melalui brand Lexus, yang nantinya akan dijual secara retail dan dapat dimiliki pelanggan di Indonesia untuk melengkapi pilihan-pilihan kendaraan elektrifikasi dengan model HEV yang sudah ada sebelumnya, baik Lexus maupun Toyota.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova

Tidak berhenti sampai di situ, TAM menyadari menjual kendaraan elektrfikasi, khususnya Full Battery EV, baru dapat menyasar sebagian kecil lapisan pelanggan yang cukup mampu.

TAM juga tengah bekerja sama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di kawasan Nusa Dua Bali.

Melalui kerjasama ini, Toyota akan menyediakan layanan mobilitas yang terintegrasi bagi semua masyarakat dan turis yang ingin mencoba menggunakan kendaraan BEV di Bali.

Harapannya, agar masyarakat dapat mencoba dan semakin terbiasa menggunakan kendaraan berbasis teknologi BEV serta dapat semakin mendukung daya tarik pariwisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan.

Baca juga: Kiprah Toyota Gazoo Racing, Kompetisi adalah Latihan Terbaik

Sebagai wujud komitmen lebih lanjut, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia sebagai produsen produk Toyota di Indonesia akan memproduksi kendaraan HEV secara lokal mulai tahun 2022 untuk pasar domestik dan ekspor sambil terus melihat kesempatan untuk memperluas produksi lokal kendaraan berteknologi elektrifikasi lainnya.

Lexus UX 300e

Mobil listrik Lexus UX 300e jadi produksi pertama di pasar global

Kemungkinan, mobil listrik Lexus yang akan diperkenalkan perdana adalah Lexus UX 300e, yang juga menjadi mobil listrik produksi pertama Lexus untuk pasar global.

Lexus UX 300e sebagai kendaraan BECV pertama kali dikenalkan ke dunia saat ajang Guangzhou International Automobile Exhibition yang digelar pada 22 November hingga 1 Desember 2019 lalu.

Mobil listrik Lexus ini sudah dipasarkan untuk pasar Tiongkok dan Eropa di tahun 2020, menyusul untuk pasar Jepang dan juga Indonesia pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Perbedaan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire, Serupa Tapi Tak Sama

Melirik bagian dapur pacunya, Lexus UX 300e menggendong motor listrik bertenaga maksimal 150 kW dengan torsi 300 Nm. Sementara baterainya berkapasitas 54,3 kWH dengan jarak tempuh dalam keadaan penuh hingga 400 kilometer.

Tentu mobil listrik Lexus berjenis SUV ini juga akan dijejali oleh beragam fitur dan kemewahan, salah satunya dapat terkoneksi ke smartphone pemiliknya untuk melihat informasi kendaraan dan daya baterainya.

Menarik untuk dinantikan, bagaimana spesifikasi lengkap Lexus UX 300e dan harganya ketika diluncurkan di Indonesia. Sampai ketemu tahun depan Lexus UX 300e!

Perjalanan kendaraan elektrifikasi di Indonesia

Toyota pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi pada 2009, ketika TAM mulai memasarkan Toyota Prius HEV.

Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser dan Serinya yang Melegenda

Kemudian, pada 2010, melalui brand Lexus sebagai merek kendaraan premium, Toyota memasarkan Lexus LS HEV untuk segmen high-end.

Sampai saat ini, tidak kurang delapan model kendaraan elektrifikasi sudah dipasarkan di Indonesia baik sedan, MPV maupun SUV.

Dari tahun ke tahun penerimaannya juga makin baik. Hingga Oktober 2020, total penjualan elektrifikasi TAM sudah melebihi angka 3.300 unit.

Di tahun 2020 ini, TAM melakukan banyak hal untuk memenuhi mobilitas melalui elektrifikasi. Di awal tahun, TAM telah menghadirkan teknologi elektrifikasi PHEV bekerjasama dengan perusahaan taxi online dengan menggunakan Toyota Prius PHEV.

Baca juga: Teknologi Mobil Terkini yang Bisa Digunakan di Mobil Lawas

Di tahun ini pula, TAM menghadirkan tambahan pilihan kendaraan HEV dengan harga yang lebih kompetitif lagi dengan menghadirkan Corolla Cross HEV.

Tahun 2021? Nantikan saja kejutan lain dari TAM serta mobil listrik Lexus, mengingat tahun 2020 ini saja produsen tersebut cukup rajin mengenalkan produk baru dan facelift.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.