Toyota 2000GT, Mobil JDM Legendaris yang Banyak Diburu

By Arris Riehady - Juli 17, 2020

Mobil JDM dan JDM look itu ternyata berbeda. Apa bedanya? Simak ulasannya dan ketahui Toyota 2000GT mobil JDM yang legendaris berikut ini.

Toyota AE86

JDM look

Lain hal dengan apa yang disebut dengan JDM look. JDM look adalah aliran modifikasi yang membuat mobil pabrikan Jepang di dalam negeri menyerupai mobil JDM.

Aliran JDM look ini terbagi lagi menjadi pure JDM style yang menggunakan aksesoris dan suku cadang original equipment manufacturer (OEM) dan pure JDM dengan mengaplikasikan produk asli dari Jepang dan bukan replika atau tiruannya.

Baca juga: Semua yang Pertama dalam Sejarah Toyota di Indonesia

Selanjutnya ada juga JDM style yang lebih ke arah gaya mobil balap jalanan khas Jepang. Part modifikasi, aksesoris, dan suku cadangnya pun merek dari Jepang. Aliran ini bahkan bisa diaplikasikan untuk mobil yang bukan merek Jepang.

Toyota 2000GT

Toyota 2000GT

Mobil supercar coupe dua pintu ini diproduksi oleh Toyota Motor Corporation secara terbatas dan khusus untuk pasar Jepang saja.

Istimewanya lagi, untuk merancang dapur pacu Toyota 2000GT, Toyota Motor Corporation bekerjasama Yamaha Motor Corporation yang notabenenya adalah produsen motor.

Mesin yang digunakan pada mobil supercar pertama di Jepang ini berkapasitas 2.000 cc dengan konfigurasi 6 silinder yang diberikan teknologi Double Over Head Camshaft (DOHC) oleh Yamaha.

Baca juga: Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dengan penggerak roda belakang. Tenaganya dapat mencapai 150 daya kuda dengan kecepatan maksimal hingga 217 kilometer per jam. Sementara konsumsi bahan bakarnya 13,1 kilometer per liter. Kencang dan irit pada zamannya.

Dari segi desain eksterior, meski digadang sebagai supercar, namun sesuai namanya Toyota 2000GT menganut aliran Gran Tourer. Ya, 2000 melambangkan kapasitas mesin, dan GT adalah desain eksterior mobil ini.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!