Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Persiapan Liburan Akhir Tahun Biar Makin Menyenangkan

Liburan akhir tahun semakin dekat. Sudahkah kamu menyiapkannnya dengan matang? Berikut 5 tips persiapan liburan akhir tahun biar makin menyenangkan.

tips persiapan liburan

Buat kamu yang memiliki segudang kesibukan, liburan akhir tahun tentunya menjadi momen yang didamba-dambakan untuk bersantai dan melepas penat.

 

Terlebih jika menghabiskan liburan bersama keluarga, pacar atau sahabat, liburan akan terasa lebih seru!

 

Liburan akhir tahun hanya tinggal menghitung hari. Momen yang hanya bisa kamu dapatkan setahun sekali ini tentunya harus direncanakan sebaik mungkin agar liburan kamu berjalan dengan baik, menyenangkan dan tanpa kendala.

 

Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk liburan akhir tahun yang menyenangkan. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkannya dengan baik sebelum datang hari H.

 

Berikut 5 tips yang perlu kamu lakukan agar liburan akhir tahun kamu menyenangkan.

 

Baca tips persiapan liburan selanjutnya.

tips persiapan liburan
Menyusun itenary

Saat merencanakan liburan, itinerary sangat dibutuhkan demi lancarnya agenda perjalanan kamu. Dengan menyusun itenary waktu liburan kamu akan lebih efektif.

 

Buatlah itenary sedetail mungkin, mulai dari daftar destinasi, jadwal per hari, rute, akomodasi, transportasi, sampai keperluan lain-lain seperti belanja oleh-oleh.

 

Jika kamu bingung bagaimana cara membuat itenary, kamu bisa mencari refrensi itinerary dari travel agent, atau dari blog catatan perjalanan traveling.

 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan Natal dan Tahun Baru

 

Kamu juga bisa mencari refrensi destinasi dari berbagai sumber, seperti YouTube atau blog. Kamu juga bisa bertanya ke teman kamu untuk merekomendasikan destinasi-destinasi menarik.

 

Baca tips persiapan liburan selanjutnya.

tips persiapan liburan
Transportasi dan akomodasi

Hal yang paling penting dalam menyiapkan liburan tentu saja kebutuhan transportasi dan akomodasi. Pastikan kamu telah memesan semuanya jauh sebelum hari keberangkatan.

 

Jika kamu berencana pergi menggunakan transportasi umum seperti pesawat dan juga kereta api, pantau harga tiket atau jika perlu booking secepatnya untuk menghindari melonjaknya harga tiket, atau justru kehabisan tiket akibat memesan secara mendadak. Terlebih saat akhir tahun, volume penumpang akan meningkat pesat dibanding hari biasa.

 

Kemudian jangan lupa untuk mencari info akomodasi atau penginapan. Pilih lokasi yang strategis dan dekat dari lokasi wisata kamu. Hal buruk bisa saja terjadi selama liburan meski kamu tidak mengharapkannya, maka dari itu alangkah baiknya carilah penginapan yang dekat dengan rumah sakit dan kantor polisi.

 

Baca juga: 5 Hal Wajib yang Diketahui Saat Melewati Tol Layang Cikampek

 

Jadi, jika mungkin hal-hal buruk tersebut terjadi kamu tak perlu kewalahan mencari pertolongan. Informasi penginapan ini dapat kamu peroleh melalui website atau juga teman. Cek review tempat menginap dengan sebelum melakukan pemesanan.

 

Baca tips persiapan liburan selanjutnya.

tips persiapan liburan
Packing

Persiapkan perlengkapan pribadi untuk liburan. Kamu bisa membuat daftar barang apa saja yang hendak kamu bawa untuk menghindari lupa. Dengan membuat daftar, kamu juga akan dipermudah untuk mensortir benda yang tidak perlu dibawa.

 

Ketika membuat daftar, pastikan kamu telah mengetahui apa saja yang akan kamu lakukan ketika Anda traveling, sehingga kamu bisa menyesuaikan barang bawaan mu dengan aktifitas yang akan kamu lakukan selama liburan.

 

Baca juga: 7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Akhir Tahun

 

Hindari membawa barang yang kurang dibutuhkan atau mudah ditemukan ketika kita berada di tempat tujuan. Pastikan barang yang kamu masukkan ke dalam ransel atau koper kamu adalah benda yang memang diperlukan dan sulit ditemui ketika melakukan perjalanan.

 

Nah, jika kamu memiliki masalah kesehatan jangan sampai dihiraukan. Sekecil apapun obat, harus dibawa supaya liburan akhir tahun berjalan lancar dan menyenangkan.

 

Baca tips persiapan liburan selanjutnya.

tips persiapan liburan

Tentukan budget

Yang satu ini juga tak boleh dilewatkan, liburan tak akan berjalan tanpa menyiapkan budget. Perlu diingat pula kalau tujuan kamu liburan adalah untuk menghilangkan penat, maka dari itu jangan sampai, pulang liburan malah jadi stres karena dana liburan menguras habis tabungan.

 

Pertama, kamu harus menyiapkan dana untuk kebutuhan primer seperti transportasi, penginapan, dan makanan. Selanjutnya, siapkan kebutuhan tersier liburan seperti tiket masuk atraksi dan oleh-oleh.

 

Baca juga: Catat! Calendar of Events 2020 yang Siap Isi Liburan Kamu

 

Biasanya, kebutuhan tersier inilah yang kurang terencana dengan baik, sehingga memakan banyak budget liburan. Jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai. Hal ini akan memudahkan kamu dalam melakukan transaksi di daerah yang kemungkinan tidak menyediakan transaksi non-tunai.

 

Baca tips persiapan liburan selanjutnya.

tips persiapan liburan

Jaga kesehatan

Liburan tak akan terasa menyenangkan jika dijalani dalam keadaan sakit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama liburan.

 

Hal paling sederhana yang dapat dilakukan agar kamu tetap fit adalah meminum air putih dengan cukup sehingga terhindar dari keadaan dehidrasi. Selain itu, kmau juga bisa rutin olahraga ringan secara rutin seperti jogging atau jalan sehat.
Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dengan memakan banyak sayur dan buah. Terlebih jika kamu memiliki alergi, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.

 

Baca juga: Wisata Horor Semarang yang Menyimpan Berbagai Cerita Mistis

 

Pastikan pula untuk selalu mencuci tangan sebelum menyantap makanan agar kamu terhindar dari kuman dan bakteri yang akan membuat pencernaan terganggu. Hal-hal sederhana tersebut tentu akan membantu kamu untuk menjaga stamina selama liburan tahun baru ini.

 

Nah itu dia tips agar liburan akhir tahun kamu berjalan lancar dan menyenangkan. Akan lebih menyenangkan lagi jika kamu tak perlu repot-repot mencari transportasi, kamu bisa melakukan penyewaan mobil melalui Movic agar liburan kamu jadi lebih menyenangkan.

 

Jadi, jangan lupa download Movic ya!

 

   

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.