Tips Mudik Menggunakan Mobil LCGC

Mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah menjadi ritual wajib masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan. Kerinduan terhadap kampung halaman menjadi semangat tersendiri selain untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga.

 

Karena itu, ada yang nyaman mudik dengan kendaraan umum, sebagian lagi lebih suka menggunakan kendaraan pribadi. Alasannya agar saat berada di kampung halaman dapat dengan leluasa bersilaturahmi dengan seluruh anggota keluarga yang tinggal satu rumah, selain juga berwisata tentunya.

 

Selain itu, ada juga yang menilai, mudik dengan mobil pribadi jauh lebih hemat ketimbang mudik dengan kendaraan umum.

 

Kemudian yang menjadi pertanyaan dan keraguan hingga saat ini adalah apakah mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) ini aman digunakan untuk mudik?

 

Ya, selain harga yang relatif terjangkau, mobil LCGC ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang menginginkan mobil compact, baru memiliki mobil, beralih dari motor ke mobil, serta keluarga kecil.

 

Untuk menjawab pertanyaan tentang perjalanan jauh dengan LCGC, kami berbincang dengan Rudi Ganefia, Service Head Auto2000 Krida. Auto2000 Krida sendiri berlokasi di Jalan Krida No. 19 Cilandak Timur, Jakarta Selatan, selain melayani penjualan juga melayani servis dan perawatan Toyota.

 

Mobil LCGC yang dimiliki oleh Toyota?

Hingga saat ini Toyota memiliki dua mobil yang masuk dalam skema LCGC. Untuk yang berkonsep hatchback ada Toyota New Agya. Sedangkan yang berkonsep MPV ada Toyota Toyota All New Calya.

 

Amankah mudik atau melakukan perjalanan jauh dengan LCGC?

Kalau soal aman tentunya tidak ada masalah selama mobil dirawat dan rutin melakukan servis berkala. Aman ini juga dipengaruhi oleh cara berkendara pengemudi. Jika berkendara sesuai aturan serta peraturan tentunya Anda akan selamat sampai tempat tujuan.

 

Perbedaan perawatan mobil LCGC dengan mobil non-LCGC?

Secara keseluruhan tidak ada perbedaan perawatan antara mobil LCGC dengan mobil non-LCGC seperti city car atau MPV. Jika hendak melakukan perjalanan jauh dengan LCGC tentunya Anda harus servis dan melakukan perawatan, semua mobil pun harusnya seperti itu.

 

Selain mengganti oli mesin dan membersihkan filter-filter, ada beberapa bagian mobil yang harus dicek seperti filter oli, shockbreaker, tie rod, kampas kopling, kampas rem, bahkan elektronik. Jika sudah ada yang mulai atau sudah mulai tak berfungsi akan disarankan untuk ganti.

 

Disarankan juga untuk melakukan spooring dan balancing, mengganti oli transmisi, menguras oli rem, mengganti atau menambahkan air radiator dan oli power steering.

 

Pokoknya semua komponen kendaraan akan dicek oleh teknisi. Berbeda dengan servis atau perawatan berkala yang umumnya membutuhkan waktu antara 45 menit hingga satu jam, pemeriksaan menyeluruh ini bisa memakan waktu hingga dua setengah jam. Karena itu lebih baik dilakukan dari jauh hari dan melakukan booking service sebelum datang ke bengkel resmi.

 

Berapa biaya perawatan menyeluruh tersebut?

Kalau biaya, tergantung dari perawatan dan suku cadang apa saja yang diganti. Jika ingin hemat, Anda bisa memanfaatkan Promo Mudik Servis Berkala Toyota yang berlangsung pada 7 Mei-2 Juni 2018 di bengkel-bengkel resmi. Anda akan mendapatkan potongan harga jasa 25 persen dan potongan harga suku cadang 10 persen.

 

Servis Toyota setiap enam bulan untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

 

Saat perjalanan jauh dengan LCGC, perlukah mesin mobil diistirahatkan?

Selama mesin mobil LCGC sehat dan sebelum berangkat melakukan perawatan menyeluruh, sebenarnya tidak ada masalah untuk nyala non-stop. Bahkan dalam keadaan terjebak macet sekali pun saat mudik. Tinggal bagaimana pengemudinya, demi keamanan dan keselamatan, jika sudah lelah sebaiknya istirahat sejenak.

 

Sebelum melakukan perjalanan mudik, selain menyiapkan mobil yang akan digunakan, sebaiknya Anda juga menyiapkan kondisi tubuh. Ingat, seluruh anggota keluarga menanti kedatangan Anda untuk bersama-sama merayakan kemenangan di kampung halaman.

 

Masih ragu mudik atau melakukan perjalanan jauh dengan LCGC? Ingat persiapan yang harus dilakukan sebelumnya ya..