Tips Mendeteksi Kaki-kaki di Mobil Bermasalah Atau Tidak

Kondisi jalan yang kurang bagus dapat membuat bagian kaki-kaki mobil mendapatkan masalah, apalagi jika sering menghantam lubang. Kenyamanan berkendara bisa terganggu dengan kerusakan yang terjadi, seperti bunyi berdecit pada kaki-kaki.

Masalah tersebut bisa terjadi pada komponen-komponen seperti shockbreaker, link stabilizer, bushing, tie rod dan balljoint. Bagaimana cara mengetahuinya? Simak tips berikut ini untuk mengenal lebih jauh tentang tanda-tanda masalah pada kaki-kaki mobil.

Shockbreaker

Seperti namanya, shockbreaker berfungsi untuk meredam guncangan pada kendaraan. Bila shockbreaker sudah mulai terasa ambles terutama saat melewati jalan bergelombang, berarti fungsinya sudah mulai melemah.

Link stabilizer

Biasanya, bunyi ‘kruk-kruk’ yang terdengar tipis berasal dari kerusakan link stabilizer, yang berfungsi sebagai penghubung stabilizer dengan collover shock atau yang biasa disebut dengan lengan ayun. Kerusakannya dapat dideteksi dari bunyi ‘kruk-kruk’ tadi pada saat melewati jalanan rusak atau berlubang.

Bushing

Jika setelah berbelok setir tidak dapat berbalik sendiri seperti seharusnya maka ada baiknya bushing mobil tersebut dicek lagi, karena bushing berfungsi untuk membantu pengendalian roda oleh setir. Lalu, tanda lainnya adalah bunyi dan getaran yang terasa sampai ke setir. Tetapi, bunyi yang ditimbulkan hanya sedikit saja dan tidak terlalu menonjol.

Tie rod dan balljoint

Setir mobil akan terasa agak ringan dan tidak memengaruhi arah mobil meski pengemudi sudah memutarnya jika tie rod dan balljoint rusak. Setelah itu, jika alat yang berfungsi untuk pengekat roda yang juga meneruskan gaya belok dari kemudi ini rusak, mobil akan sulit dikendalikan sehingga membuatnya tidak stabil, terlebih pada kecepatan tinggi. Bunyi yang ditimbulkan akibat rusaknya tie rod tidak jauh berbeda dengan bunyi kerusakan link stabilizer.

Jika masalah di atas terjadi pada mobil Anda, ada baiknya dibawa ke bengkel resmi agar dapat langsung dicek oleh teknisi-teknisi yang memang berpengalaman di bidangnya.