Tips Mendesain Dapur Rumah yang Nyaman

16 October 2019

Seluruh bagian rumah tentunya haruslah menjadi tempat yang nyaman untuk beraktivitas, tak terkecuali dapur. Ini tips mendesain dapur rumah yang nyaman.

tips mendesain dapur

Sebagai salah satu ruangan bersama yang digunakan oleh seluruh anggota keluarga, tak heran banyak orang menginginkan untuk mendesain tatanan dapur agar lebih nyaman.

 

Namun, bisakah Anda membuat sendiri desain dapur yang nyaman meski tidak punya latar belakang desain interior?

 

Untuk mewujudkan hal itu, Anda tidak perlu repot, berikut ada beberapa tips mendesain dapur rumah yang nyaman.

 

Baca juga: Tips Cara Memilih KPR Supaya Tidak Bingung Beli Rumah

tips mendesain dapur

Prioritaskan kebutuhan 

Agar tidak salah menentukan desain dapur, Anda harus cermat dalam mengenali kebutuhan dapur sesuai fungsi dan prioritas.

 

Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mendesain dapur, yaitu konsep, tipe dan juga kondisi arsitektur dari dapur.

 

Pertama, Anda harus mempertimbangkan konsep dapur yang diinginkan. Dalam standar umum desain dapur, Anda harus benar-benar memperhatikan aturan segitiga emas atau dikenal dengan konsep golden triangle, di mana posisi kompor, lemari es, dan wastafel membentuk segitiga

 

Usahakan juga, akses ke ketiganya yang tidak terhalang oleh apa pun.

 

Baca juga: Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Beli Rumah Pertama Kali

tips mendesain dapur

Selanjutnya setelah memahami konsep, Anda lalu harus menentukan tipe desain dapur seperti apa yang Anda inginkan.

 

Terdapat beberapa tipe desain dapur yang bisa Anda aplikasikan, seperti dapur Galley, dapur U, dan dapur L. Namun, sebelum mengaplikasikan tipe dapur ini tentunya Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu lebar lorong, luas dapur dan banyaknya furniture yang ada.

 

Faktor yang tak kalah penting adalah kondisi dan struktur arsitektur dapur. Hal ini menjadi acuan yang sangat mempengaruhi besarnya anggaran dan lamanya proses mendesain dapur.

 

Baca juga: 5 Filosofi Feng Shui dalam Mendekorasi Rumah

tips mendesain dapur

Material terbaik

Jika menggunakan dapur hampir setiap hari dengan asumsi penggunaan berat, Anda tentunya memerlukan material atau bahan yang berkualitas.

 

Material yang memiliki kualitas yang baik tentunya akan membuat kenyamanan dapur bertahan lebih lama dan dapat pula mencegah terjadinya kerusakan di dapur.

 

Seperti saat Anda memilih backsplash dapur, ada baiknya Anda memilih material yang tahan terhadap cipratan minyak dan noda saat memasak. Material yang digunakan pun harus mudah dibersihkan.

Baca juga: Jadikan Rumah Makin Indah dengan Desain Interior Artistik Berikut!

tips mendesain dapur

Sirkulasi udara dan cahaya

Sirkulasi cahaya dan udara di dapur haruslah baik dan tepat. Karena dapur dengan sirkulasi yang kurang lancar akan cenderung lembab dan cepat kotor.

 

Jika ingin sirkulasi udara di dapur lancar maka Anda bisa mencoba untuk menambahkan exhaust dan juga mendesain sebuah jendela yang dapat dibuka ketika sedang memasak.

 

Begitu juga untuk sirkulasi cahaya, Anda harus mempertimbangkan cahaya yang ada baik saat pagi maupun malam hari. Saat siang hari Anda bisa mengandalkan cahaya yang masuk dari jendela atau ventilasi.

 

Kemudian, saat malam hari maka cahaya harus didapatkan dari lampu. Karena itu pertimbangkan dengan cermat tata letak lampu serta tingkat pencahayaan yang dihasilkan dari lampu.

 

Baca juga: Bikin Nyaman Rumah Anda dengan Mengaplikasikan Tren Warna 2019 Berikut!

tips mendesain dapur

Warna cerah 

Selanjutnya adalah menentukan nuansa dapur. Sebaiknya pilihlah warna-warna cerah yang sesuai dengan konsep dapur minimalis.

 

Efek warna cat pada ruangan tentunya juga dapat mempengaruhi suasana hati dan produktivitas Anda saat berada di dapur.

 

Baca juga: Strategi Punya Rumah Sendiri Sebelum Usia 30 Tahun

tips mendesain dapur

Furniture multifungsi

Selain itu, hal yang tak kalah penting dari  tips mendesain dapur adalah memilih furniture yang akan Anda gunakan.

 

Pakailah furniture multifungsi agar barang tidak tercecer dan tidak banyak memakan tempat. Pilihlah furniture simpel yang tidak membuat dapur terasa sempit.

 

Baca juga: Tips Renovasi Rumah dengan Biaya yang Terbatas

tips mendesain dapur

Nah, itulah beberapa tips mendesain dapur yang bisa Anda jadikan acuan untuk mendesain dapur yang nyaman. Selamat mencoba!

SHARE