Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Memilih Warna Lensa Kacamata untuk Mengemudi

Bagi pengemudi, cahaya yang terlalu menyilaukan ternyata bisa berbahaya. Siasati dengan tips memilih warna lensa kacamata untuk mengemudi! Simak selengkapnya.

tips memilih warna lensa kacamata

Saat mengemudi di siang hari, cahaya yang menyilaukan tentu saja dapat mengurangi jarak pandang serta menghalangi pandangan pengemudi.

 

Ketika mata sulit melihat, respon Anda saat mengemudikan mobil pun akan menurun. Hal ini tentu saja akan menaikkan risiko kecelakaan di jalan raya.

 

Sun visor sebagai fitur standar di tiap mobil pun hanya sekedar membantu namun tidak mengurangi silaunya cahaya matahari.

 

Menghadapi silau dari cahaya matahari dengan menggunakan kacamata berlensa polarized dan Ultraviolet (UV) protection dinilai dapat meningkatkan pandangan pengemudi, menjaga waktu reaksi dan mengurangi risiko kecelakaan.

 

Lalu mengapa Anda harus menggunakan kacamata berlensa polarized dan Ultraviolet (UV) protection?

 

Baca juga: Perbedaan Remote Working dan Kerja dari Rumah, Pilih Mana?

tips memilih warna lensa kacamata

Polarized memiliki keunggulan untuk mereduksi silau dan mengurangi distorsi pada pandangan mata. Sedangkan UV protection akan memberikan perlindungan pada mata dari paparan sinar UV.

 

Dari sisi kesehatan, sinar UV dari matahari tak hanya hanya bisa merusak kulit tapi juga bisa merusak mata, seperti menyebabkan katarak dan menurunnya fungsi makula mata, yaitu area bintik mata yang paling sensitif terhadap rangsangan sinar.

 

Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan memilih kacamata berlensa polarized dan Ultraviolet (UV) protection bila ingin melindungi mata.

 

Selain bentuk dan frame yang nyaman dikenakan saat mengemudi, hal lain yang menentukan kualitas kacamata adalah warna lensanya.

 

Baca tips memilih warna lensa kacamata untuk mengemudi selanjutnya.

tips memilih warna lensa kacamata

Abu-abu

Selain hitam, abu-abu adalah warna lensa yang populer dipakai pada kacamata.

 

Selain dapat mengurangi kecerahan dan silau, warna ini akan membuat mata Anda melihat warna di sekitar dalam bentuk aslinya. Maka tak heran warna abu-abu banyak dipilih oleh pengemudi.

 

Baca juga: Daerah di Indonesia yang Terkenal Dengan Makanan Pedas

 

Tak hanya untuk mengemudi, warna abu-abu juga sering digunakan pada lensa kacamata pilot dan cocok digunakan untuk olahraga luar ruangan seperti golf, lari, atau bersepeda.

tips memilih warna lensa kacamata

Cokelat

Warna ini akan mengurangi silau dan warna biru. Dengan mengurangi warna biru, kacamata dengan lensa cokelat ini akan meningkatkan kontras dan ketajaman penglihatan, terutama pada latar belakang hijau dan biru seperti rumput dan langit.

 

Saat cuaca berawan pun, warna ini akan mencerahkan penglihatan Anda.

 

Warna cokelat juga meningkatkan pengenalan mata terhadap cahaya lampu lalu lintas dan lampu rem mobil di siang hari, sehingga cocok dikenakan saat mengemudi.

 

Baca tips memilih warna lensa kacamata untuk mengemudi selanjutnya.

tips memilih warna lensa kacamata

Merah

Seperti warna cokelat, warna ini efektif untuk mengurangi silau dan warna biru.

 

Warna lensa kacamata merah ini pun dapat menenangkan mata dan lebih nyaman dibandingkan warna yang lain jika dipakai dalam waktu yang lama. Tak heran jika warna ini menjadi salah satu warna favorit untuk mengemudi.

 

Bahkan pengguna komputer dalam waktu lama pun memfavoritkan warna ini karena dinilai dapat mengurangi silau dan kelelahan mata.

tips memilih warna lensa kacamata

Hijau

Warna ini akan menyaring warna biru yang terlalu melimpah dan mengurangi silau. Warna hijau juga meningkatkan kontras dan ketajaman pada penglihatan dan cenderung mengurangi mata lelah dalam cahaya yang terang.

 

Baca juga: Tempat di Indonesia yang Mirip Lokasi Syuting Drama Korea

 

Selain baik untuk mengemudi, warna lensa kacamata hijau juga cocok untuk olahraga di luar ruangan seperti tenis atau golf, bahkan saat Anda santai di pantai.

 

Baca tips memilih warna lensa kacamata untuk mengemudi selanjutnya.

tips memilih warna lensa kacamata

Kuning atau oranye

Warna lensa kacamata kuning atau oranye lebih cocok digunakan saat mengemudi dalam situasi berkabut atau cahaya rendah, karena akan meningkatkan kontras warna.

 

Bahkan dengan coating khusus, agar lensa dengan warna ini bisa digunakan saat mengemudi di malam hari karena dapat mengurangi sinar dari lampu mobil yang berlawanan arah.

 

Namun, Anda tidak disarankan untuk menggunakan kacamata dengan warna lensa ini ketika mengemudi saat cahaya matahari berlimpah.

 

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Favorit Gen Z di Dalam Negeri

 

Setelah membandingkan warna-warna lensa di atas, mana yang menjadi pilihan Anda?

 

   

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.