Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Memilih Mobil Bekas Secara Langsung dan Online

Belum memiliki mobil? Tidak memiliki tabungan yang cukup untuk membeli mobil baru? Tidak ada salahnya mencoba membeli mobil bekas, karena tidak semua mobil bekas yang dijual dalam kondisi yang buruk. Ada pula yang menjual mobil bekas dengan kondisi mesin yang bagus.

 

Tentunya Anda harus teliti sebelum membeli mobil bekas. Tidak hanya memperhatikan kondisi mobilnya saja tetapi ada hal lain yang perlu diperhatikan. Berikut tips membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan.

 

Memilih Mobil Bekas di Showroom

Saat membeli mobil bekas di showroom ada baiknya jika Anda membawa teman yang mengerti tentang memeriksa mesin mobil. Berikut tips membeli mobil bekas di showroom.

 

Periksa Kondisi Mesin

Bagian pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas adalah memastikan kondisi seluruh komponen mesin mobil masih berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, Anda perlu juga memeriksa performa mobil dengan mencoba mengendarainya secara langsung di jalan raya.

 

Perhatikan Kondisi Aksesoris dan Interior Mobil

Sebelum membeli mobil, perhatikan dengan teliti setiap kondisi aksesoris mobil dapat berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, interior mobil juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Pastikan interior mobil masih dalam kondisi baik dan terawat.

 

Beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan seperti sabuk keselamatan, lampu mobil, AC. Jika komponen aksesoris masih dalam kondisi baik, selanjutnya periksalah bagian interior mobil seperti bangku mobil, dasbor, plafon maupun karpet mobil.

 

Periksa Bodi Mobil

Selanjutnya sebagai tips dalam membeli mobil bekas di showroom, Anda dapat memeriksa kondisi bodi dan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan komponen seperti pintu, kap mesin dan juga kaca mobil, masih orisinil atau tidak ada kerusakan. Selain itu perhatikan juga kondisi cat mobil, seringkali cat mobil menjadi belang dikarenakan perbaikan yang tidak rapi.

 

Serta yang paling penting saat memeriksa bodi adalah struktur rangka utama mobil tersebut. Pastikan rangka masih dalam keadaan bagus, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

 

Dokumen Mobil

Jika Anda sudah merasa cocok dengan mobil yang sudah dipilih, sebaiknya jangan langsung melakukan pembayaran tetapi periksalah kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK, BPKB dan faktur. Setelah memastikan keseluruhan surat telah lengkap dan sesuai dengan mobil pilihan, Anda dapat segera melakukan pembayaran.

 

Memilih Mobil Bekas Secara Online

booking service seva id

Saat ini Anda bisa membeli semua barang secara online termasuk membeli mobil bekas. Kemudahan yang didapat dari membeli barang secara online, membuat konsumen harus menjadi lebih teliti sebelum membeli. Berikut beberapa tips membeli mobil bekas online.

 

Pilih Penjual yang Bisa dipercaya

Sebelum melakukan transaksi apapun, pastikan bahwa penjual dapat dihubungi dengan mudah dan mau menjawab pertanyaan Anda dengan baik. Setelah itu, mintalah kepada penjual untuk menunjukkan kondisi mobil yang sesungguhnya melalui video melakukan tes pada semua komponen mobil.

 

Periksa Odometer Mobil

Dengan memeriksa odometer Anda dapat memastikan seberapa jauh mobil sudah digunakan. Ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penawaran harga. Selain itu semakin jauh angka odometer akan berpengaruh pada biaya perawatan komponen mobil.

 

Periksa Dokumen

Dalam membeli mobil di showroom maupun secara online, Anda harus tetap memperhatikan kelengkapan dokumen sebelum melakukan pembayaran baik secara kredit maupun tunai.

 

Nah, itulah tips membeli mobil bekas di showroom dan tips membeli mobil bekas online. Anda dapat melakukan pemesanan beragam merk mobil bekas yang terafiliasi dengan Mobil88, selain juga tersedia layanan trade-in atau tukar tambah kendaraan lama Anda dengan yang terbaru. Dengan membeli mobil dari Seva.id dapatkan banyak keuntungan lainnya.

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.