Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Memilih Ban yang Cocok untuk Musim Hujan

Awan mendung di musim hujan sudah menggelayuti kota-kota di Indonesia, alangkah baiknya bagi pemilik mobil segera melakukan persiapan untuk menghadapinya. Karena itu memilih ban mobil untuk musim hujan tidak boleh sembarangan.

Ya, kecelakaan saat musim hujan memang lebih sering terjadi. Selain faktor manusia, pengaruh cuaca, seperti hujan, juga menjadi salah satu penyebab timbulnya kecelakaan.

 

Belum lagi jalanan berlubang yang tertutup air juga cukup berisiko. Bahkan, genangan bisa menyebabkan aquaplaning, kondisi mobil tergelincir serta meluncur hilang kendali akibat melewati genangan air di atas jalan karena ban kehilangan grip sehingga mobil seakan-akan melayang.

 

Sesuai dengan musim yang ada di Indonesia, mobil sebaiknya menggunakan ban all condition (segala kondisi), yang dapat digunakan baik saat panas dan hujan. Walaupun demikian, bukan berarti setiap mobil di Indonesia wajib menggunakan ban all condition.

 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara aman berkendara saat musim hujan, berikut memilih ban mobil untuk musim hujan.

Profil yang sesuai

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah melihat buku manual kendaraan yang biasanya didapat saat membeli mobil. Di dalamnya biasanya terdapat kejelasan mengenai segala sesuatunya yang berhubungan dengan mobil yang dimiliki.

 

Pihak produsen mobil biasanya telah memerhatikan segala sesuatunya dengan baik untuk keselamatan konsumennya. Dalam menggunakan ban mobil disarankan mempunyai profil ketebalan antara 55 hingga 75 persen dari lebarnya.

Motif dan jenis alur 

Sebaiknya pemilik mobil tidak memilih motif atau kembangan ban yang tidak lazim hanya untuk bergaya, tapi hal tersebut malah membuat tidak aman saat digunakan melintas di jalan basah.

 

Ban yang baik ialah yang memiliki motif bergaris dengan jarak optimal, tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jarang. Pola bergaris tersebut memiliki daya cengkram optimal, yang berguna untuk memecah air saat melintasi genangan air di jalan.

 

Sedangkan ada dua jenis alur, yakni bidirectional dan unidirectional.  Ban bidirectional mempunyai pola simetris dan bisa digunakan dalam dua arah. Sementara Ban unidirectional hanya mempunyai satu arah saja, sehingga tidak dapat digunakan pada bagian roda lainnya.

 

Di antara kedua jenis ban tersebut, yang cocok untuk digunakan pada saat musim hujan adalah ban jenis unidirectional. Ban ini dianggap lebih baik untuk memecah air.

Compound yang pas

Compound atau kompon merupakan campuran material yang digunakan untuk membuat sebuah ban.

 

Ada beberapa pilihan compound ban yang umum di pasaran, seperti soft compound, medium compound, hard compound. Untuk mendapatkan ban mobil dengan tipe terbaik sekaligus cocok untuk digunakan di jalan basah, Anda bisa memilih ban mobil dengan soft compound.

 

Soft compound memang memiliki daya cengkeram yang lebih baik, tapi kekurangannya adalah lebih cepat tergerus dan botak dibandingkan compund yang lainnya.

 

Sementara untuk dua musim, panas dan hujan, di Indonesia, ban yang paling sesuai adalah medium compound.

Tentunya Anda sebagai pemilik mobil tidak perlu mengganti ban tiap perubahan musim, asal ban tetap aman diajak berkendara. Namun jika kebetulan ban mobil perlu diganti dan sekarang sudah musim hujan, silakan pertimbangkan tips memilih ban mobil untuk musim hujan di atas.

 

Ada baiknya saat hujan Anda pun tetap menaati peraturan lalu lintas serta patuhi batas kecepatan dan jangan melebihinya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.