Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Membawa Hewan Peliharaan Saat Berkendara dengan Mobil

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membawa hewan peliharaan saat berkendara. Lebih jelasnya, simak tips berikut ini.

Momen bepergian bisa jadi tidak menyenangkan saat Anda harus meninggalkan hewan peliharaan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, membawa hewan peliharaan kerap dilakukan saat harus bepergian dengan mobil.

 

Namun di sisi lain, sebenarnya membawa hewan peliharaan saat berkendara merupakan hal yang cukup sulit karena membutuhkan perlakuan khusus.

 

Bagi kamu yang ingin membawa hewan peliharaan saat berkendara, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips berikut ini agar tetap aman dan nyaman di dalam mobil.

Berikan Vaksin 

Sebelum membawa hewan peliharaan saat berkendara, pastikan sudah mendapatkan vaksinasi dasar atau tambahan untuk melindungi mereka dari paparan penyakit selama perjalanan.

 

Baca juga: 6 Benda yang Berbahaya jika Ditinggal dalam Kabin Mobil

 

Dengan menjamin kesehatan hewan peliharaan, kamu juga ikut menjamin kesehatan kamu serta penumpang lain di dalam kabin mobil.

Menyediakan tempat khusus

Setelah itu, ada baiknya untuk menyediakan tempat khusus bagi hewan peliharaanmu. Kamu bisa menggunakan pet carrier atau tas khusus untuk hewan peliharaan.

 

Hindari membiarkan hewan peliharaan kamu berada di dalam kendaraan tanpa perlindungan apapun karena bisa membuat mereka terluka atau mengganggu konsentrasi kamu berkendara.

 

Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dihindari di dalam Kabin Mobil

 

Dengan menyediakan tempat khusus, kamu tidak hanya menjamin keselamatan hewan peliharaan, tetapi juga keselamatanmu. Selain menggunakan pet carrier, pertimbangkan untuk menggunakan cargo tray tambahan untuk melindungi mobil Anda.

Membawa mainan kesayangan

Kemudian, siapkan mainan favorit hewan peliharaanmu di dalam mobil, terebih bila menempuh jarak yang cukup jauh. Berbeda dengan manusia, hewan memiliki resiko menjadi lebih hiperaktif dan tidak tenang saat berada di perjalanan.

 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa mainan kesayangan untuk membuat hewan peliharaan kamu tenang dalam perjalanan,

Berhenti Secara Berkala

Rencanakan perjalanan Anda dengan baik, salah satunya dengan menandai titik pemberhentian sementara. Layaknya manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan istirahat dan peregangan. Jadi, sempatkan untuk berhenti setiap 2 – 4 jam sekali agar mereka bisa beristirahat dan tidak merasa bosan.

 

Ini juga berguna untuk menghindari risiko hewan peliharaan Anda stress karena perjalanan.

 

Sebagai informasi, pengendara juga disarankan untuk melakukan perjalanan tidak lebih dari 4 jam untuk menjaga stamina dan mengurangi resiko berbahaya yang mungkin bisa terjadi.

Jangan meninggalkan hewan di kabin

Terakhir, jangan meninggalkan hewan peliharaan kamu sendiri di dalam kabin. Jika hari cukup panas, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat.  Hal itu berpotensi mengakibatkan sengatan panas yang berlebihan terhadap hewan peliharaan, terutama dengan keadaan jendela yang terbuka.

 

Baca juga: Cek! Ini Tren Aksesoris yang Wajib Ada di Mobil

 

Selain itu, hewan peliharaan bisa saja pergi dari mobil Anda karena melihat sesuatu, seperti makanan, mainan baru, atau sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berencana membawa hewan peliharaan saat berkendara. Membawa hewan peliharaan memang membutuhkan persiapan lebih dan pastinya membutuhkan ketelatenan serta kesabaran.

 

Semoga tips di atas dapat membantu kamu menjaga suasana kabin saat membawa hewan peliharaan selama berkendara.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.