Tips Kredit Mobil dengan Gaji UMR dan Tetap Bisa Nabung

By Amalia Kartika - September 24, 2021

Ingin beli mobil dengan gaji UMR? Lakukan beberapa tips kredit mobil berikut ini.

Membeli mobil bukan hal yang mudah, termasuk bagi yang sudah memiliki gaji UMR (Upah Minimum Regional). Bagi yang ingin sekali punya mobil, pastinya akan mencari berbagai tips kredit mobil.

Tidak bisa dipungkiri, mobil kini menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mempermudah mobilitas sehari-hari.

Baca juga: 5 Cara Kredit Mobil Baru dengan Aman dan Mudah

Meski terlihat sulit, memiliki mobil dapat diwujudkan dengan gaji UMR, asalkan kamu dapat menerapkan tips kredit mobil yang tepat.

Lantas, bagaimana tips kredit mobil dengan gaji UMR? Simak caranya berikut ini.

Atur keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengambil kredit mobil adalah mengatur keuangan terlebih dahulu.

Berapapun besar gajimu, keuangan tetap harus direncanakan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus membayar kredit mobil.

Misalnya, kamu dapat membagi alokasi gaji per bulan dengan metode 50-30-20. 50% gaji digunakan untuk pengeluaran sehari-hari, 30% untuk membayar utang atau cicilan, 20% untuk tabungan dan investasi.

Baca juga: Trik Mengatur Keuangan Pribadi Saat PPKM Resmi Diperpanjang

Begitu sudah membagi alokasi, segera sisihkan budget ke masing-masing pos. Khusus untuk tabungan, ada baiknya dipisahkan ke rekening khusus. 

Hal itu dilakukan agar tabungan tidak tercampur dengan pengeluaran. Jangan lupa untuk sisihkan dana ke rekening tabungan secara konsisten.

Budget pengeluaran yang sudah dialokasikan sebaiknya tidak ditambah lagi. Sebagai contoh, jika budget untuk bayar cicilan 30% dari gaji bulanan, artinya kamu harus mencari kredit mobil dengan cicilan yang tidak lebih dari budget itu.

Pilih mobil sesuai budget

Setelah itu, pilih mobil dengan harga yang sesuai dengan budget. Kamu bisa memilih mobil seperti Daihatsu Ayla yang harganya lumayan terjangkau dengan fitur kekinian.

Jika budget dirasa belum mencukupi untuk membeli mobil baru, pertimbangkan untuk membeli mobil bekas yang harganya sesuai dengan kantong.

Baca juga: Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 100 Juta, Jangan Sampai Lolos

Harga mobil baru termurah kurang lebih Rp 100 jutaan, tapi kalau beli mobil bekas kamu bisa mendapatkan harga sekitar Rp 60-70 jutaan.

Asalkan teliti dalam membeli mobil bekas, kamu bisa memiliki mobil dengan kondisi prima.

Jangan sampai memaksakan diri untuk membeli mobil yang cicilannya di luar kemampuanmu. Malah nantinya bisa semakin memberatkan kamu dalam membayar cicilan.

Siapkan uang DP

Sebelum mengajukan kredit mobil, kamu harus menyiapkan uang muka atau down payment (DP) yang wajib dibayarkan pada awal pembelian mobil.

Umumnya, DP yang harus dibayarkan minimal 25-30% dari harga jual mobil. 

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Kredit Mobil Baru, Bisa Online

Sebagai gambaran, misal harga mobil bekas yang akan dibeli Rp 70 juta. Berarti, DP yang perlu disiapkan sekitar Rp 17,5 juta hingga Rp 21 juta. 

Bagi yang berencana ingin beli mobil baru di 2021, kamu masih bisa menikmati diskon PPnBM. Jadi, tidak perlu pusing memikirkan memikirkan biaya DP mobil.

Ambil tenor panjang

Tips kredit mobil selanjutnya adalah mengambil tenor panjang. Semakin lama masa tenor yang diambil, cicilan per bulan yang harus dibayarkan juga semakin ringan.

Namun, bila mengambil tenor yang terlalu panjang, suku bunganya otomatis lebih tinggi dan bunga yang dibayarkan lebih besar.

Usahakan mengambil tenor maksimal 4-5 tahun, karena performa mobil akan semakin turun dan butuh perawatan ekstra. Intinya, lebih cepat lebih baik.

Jadi, kamu perlu mempertimbangkan waktu yang pas untuk mengambil tenor cicilan mobil.

Berita Terkait

Author