Tips Jual Mobil Bekas dengan Cepat dan Pasti Laku

By Aulia Riski Chandra - Desember 13, 2018

Memiliki mobil baru tentunya menjadi idaman banyak orang, apalagi jika mobil yang Anda miliki saat ini sudah tidak bagus lagi bentuk dan performanya. Lantas, mau dikemanakan mobil lama tersebut? Tentunya, mobil lama bisa dijual kembali dengan timbal balik berupa dana segar untuk membeli yang baru. Di bawah ini ada beberapa tips jual mobil bekas yang bisa Anda coba sendiri. Tim seva.id telah mengumpulkan beberapa yang paling ampuh agar mobil bekas Anda laku di pasaran.

 

Tetapi, bukannya asal jualan, karena bisa jadi mobil Anda bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi jika tahu caranya. Penasaran? Simak penjelasannya sebagai berikut!

 

  1. Pastikan Kondisi Eksterior dan Interior dalam Keadaan Baik

Sebelum mobil lama yang Anda miliki dijual, ada baiknya Anda memeriksa kondisi eksterior dan interior mobil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagian-bagian mobil yang sudah tidak baik lagi, yang kemudian dapat diganti atau diperbaiki. Bisa jadi, bagian dasbor, tempat duduk, mesin, ban, atau juga bagasi mengalami masalah. Untuk itu, cari tahu dulu semuanya di awal.

 

Kalau ternyata beberapa bagian yang rusak bisa diperbaiki, cobalah untuk memperbaikinya dari sekarang. Nah, bagaimana jika ternyata harus diganti? Tentunya ada dana tambahan yang akan dikeluarkan untuk penggantian suku cadang mobil tersebut. Tidak perlu khawatir, lakukan saja penggantian sesuai dengan kemampuan. Semakin bagus tampilan mobil Anda, semakin tinggi juga harga jualnya nanti.

 

  1. Jaga Kebersihan Mobil dengan Rutin

Walaupun kelihatannya remeh, membersihkan mobil dengan rutin adalah hal penting yang perlu Anda lakukan, khususnya sebelum mobil tersebut dijual. Dengan mencuci mobil yang dimiliki, tentunya tampilan luar akan kelihatan kinclong. Pembeli pastinya lebih tertarik jika mobil yang Anda jual tampil bersih seperti baru.

 

Perlu Anda ketahui, umumnya konsumen yang mencari mobil bekas akan memilih mobil yang tampilan luarnya seperti baru. Jadi, hal tersebut bisa jadi catatan sendiri bagi Anda sebelum menjual mobil bekas sendiri.

 

  1. Cari Tahu Harga Di Pasaran

Tips jual mobil bekas selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap harga mobil yang Anda miliki di pasaran. Anda bisa mulai mencarinya melalui situs jual-beli online, koran, majalah otomotif, dan media lainnya. Point tambahan jika Anda berhasil tahu mobil yang Anda miliki merupakan unit langka dengan seri tertentu yang dikeluarkan secara terbatas oleh produsen mobil yang Anda punya.

 

Dengan mengetahui harga pasaran yang ada saat ini, nantinya Anda bisa menentukan sendiri harga mobil yang akan dijual. Jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah, cukup mendekati harga pasaran. Lebihkan harga sekitar 5 persen dari harga yang Anda jual, sehingga nanti ketika konsumen nego, Anda tetap dapat untung.

 

  1. Cara Jual Mobil Bekas

Saat ini ada banyak cara cepat jual mobil bekas yang ada di pasaran. Mulai dari memasang iklan di koran dan majalah, melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, atau juga situs jual-beli mobil seperti seva.id. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudahnya memarkirkan mobil yang sedang dijual sambil dipasang tulisan ‘DIJUAL’, agar orang lain tahu kalau Anda berencana menjual mobil tersebut.

 

Meskipun begitu, Anda harus jeli sebelum memasarkannya. Beda kelas mobil yang dijual, beda pula cara penjualannya. Contohnya, jika mobil yang Anda miliki adalah Mercedes-benz, tidak mungkin Anda menjualnya dengan hanya parkir di depan rumah. Perlu untuk memasarkannya juga secara online dan lewat mulut ke mulut.

 

  1. Ceritakan Apa Adanya Pada Pembeli

Poin ini mungkin kelihatannya kurang penting, tapi percayalah, jujur saat menjual mobil bekas lebih baik daripada Anda harus menerima keluhan dari pembeli di kemudian hari. Jika Anda tidak jujur dan menceritakan kondisi mobil apa adanya, bisa jadi ketika Anda akan berjualan mobil lagi, tidak ada yang percaya dengan produk yang dijual.

 

Oleh karena itu, jelaskan kondisi mobil yang Anda miliki sejelas mungkin di awal. Jika memang ada beberapa bagian yang butuh perbaikan, ceritakan hal tersebut di awal. Sehingga, baik Anda maupun pembeli sama-sama puas.

 

Itulah tadi beberapa tips jual mobil bekas yang bisa Anda praktikan sendiri di rumah. Dengan pemasaran yang sesuai dan perawatan yang benar, menjualnya dengan harga yang tinggi bukan lagi angan-angan. Semoga mobil lama Anda cepat laku, ya!

 

Berita Terkait

Author