Tips Bernegosiasi yang Baik Supaya Bisnis Makin Lancar

Tidak hanya soal promosi, berbisnis juga butuh kemampuan menjalin networking. Bingung caranya? Yuk simak tips bernegosiasi berikut ini.

tips bernegosiasi

Mencari tahu tips bernegosiasi bisa menjadi langkah yang tepat untuk memulai sebuah bisnis. Pasalnya, bisnis tidak melulu soal teknis seperti strategi promosi atau keuangan.

Hal-hal di luar teknis seperti kemampuan bernegosiasi juga tidak kalah penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Ada banyak manfaat jika kamu memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik.

Salah satunya mampu menghasilkan jalinan kerjasama dan kesepakatan yang bisa membuat bisnis kamu semakin lancar.

Baca juga: Bisnis di Tahun 2022? Pahami Bedanya UMKM dan Start-up

Jika kamu merasa kesulitan dalam bernegosiasi, berikut tipsnya.

tips bernegosiasi

Mendengar sebelum berbicara

Tips bernegosiasi yang pertama adalah dengan mendengar lawan bicara sebelum berbicara. Hindari memotong pembicaraan lawan bicara agar proses negosiasi berjalan lancar. 

Simaklah baik-baik apa yang dikatakan lawan bicara hingga selesai, sehingga kamu bisa benar-benar paham apa yang diinginkannya. 

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Biar Untung Terus

Tidak hanya itu, dengan mendengarkan tanpa memotong pembicaraan, hubungan yang baik juga akan terbangun antara kamu dan lawan bicara.

Bicara dengan yakin dan to the point

Terlalu banyak basa-basi bisa membuat lawan bicara bosan. Untuk itu, sampaikan dengan jelas dan to the point apa yang ingin kamu sampaikan. Sampaikan juga dengan percaya diri agar lawan bicara yakin dengan apa yang kamu sampaikan.

tips bernegosiasi

Posisikan diri sebagai customer

Menurut Fox Business, saat bernegosiasi dengan klien atau customer, penting untuk menerapkan konsep berpikir “put yourself in the customer’s shoes”.

Baca juga: Strategi Jitu untuk Menghadapi Krisis Finansial dengan Cepat

Tips bernegosiasi yang satu ini bertujuan agar kamu bisa melihat dari posisi lawan bicara mengenai apa yang ia butuhkan, dan harapan dari produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, kamu juga akan akan lebih mudah dalam mengarahkan klien untuk membeli produk yang paling dibutuhkannya.

Jadikan klien sebagai prioritas

Memang betul, saat berbisnis, meraup keuntungan setinggi-tingginya menjadi tujuan tiap orang. Namun, coba hilangkan sejenak hal tersebut saat melakukan negosiasi.

Baca juga: Segini Biaya Shopping yang Bisa Kamu Keluarkan Setiap Bulan

Cobalah untuk berempati dan berikan pelayanan terbaik pada klien atau customer. Gunanya, untuk menciptakan hubungan yang baik dan berjangka panjang, sehingga klien atau customer akan terus melakukan transaksi denganmu.

tips bernegosiasi

Tetap tenang

Jangan lupa dengan fakta kalau kamu akan dihadapkan dengan klien atau customer yang memiliki karakter beragam. 

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Passive Income yang Cocok untuk Anak Muda

Klien-klien yang mengatakan kalau produk kamu tidak bagus dengan cara yang tidak menyenangkan tidak bisa dihindari. Rasa kesal dan tidak nyaman pasti akan timbul.

Tapi, kamu tetap harus profesional, bersikap tenang dan tidak bereaksi berlebihan. Hindari permusuhan dengan klien atau customer, karena hal tersebut hanya akan merugikan kamu dan reputasi bisnismu.

Siapkan informasi yang lengkap

Tips negosiasi berikutnya adalah harus terlebih dahulu menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan. Gunanya untuk memudahkan kamu memberikan penjelasan kepada klien atau customer.

Baca juga: 5 Investasi yang Cocok Buat Pemula dan Minim Risiko

Dengan begitu, kamu bisa meyakinkan kalau produk yang kamu punya adalah yang terbaik dan tidak kalah dari kompetitor. 

Jangan lupa, setiap pernyataan yang kamu sampaikan harus didukung dengan bukti dan data yang relevan agar klien semakin percaya untuk melakukan transaksi denganmu.

tips bernegosiasi

Jangan terburu-buru

Saat melakukan negosiasi, tidak terburu-buru dan bersabar jadi hal yang penting. 

Baca juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Selain Kerja di Perusahaan

Selain bisa mengontrol emosi apabila dihadapkan dengan klien atau customer yang tidak ramah, dengan bersabar kamu juga akan dihindarkan dari tindakan atau keputusan yang bisa membuat bisnis merugi.

Kesabaran kamu saat bernegosiasi untuk membuat kesepakatan juga bisa membuat mereka percaya dengan kamu. 

Menjalin networking itu penting, untuk melancarkan proses negosiasi, kamu juga bisa melatih gaya komunikasi dan public speaking dengan baik sebelum benar-benar berhadapan dengan klien atau customer.

Baca juga: Bagaimana Memilih Investasi Reksadana yang Tepat? Ini Tipsnya

Pada dasarnya, bernegosiasi membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Tips bernegosiasi bisa membantumu untuk mendapatkan kesepakatan terbaik dan membuat bisnis jadi lebih lancar.