Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Berkendara Aman Bila di Dekat Bus dan Truk, Jangan Lengah

Tidak hanya lebih waspada dan mematuhi peraturan lalu lintas, simak dulu tips berkendara aman di dekat bus dan truk berikut ini.

tips berkendara aman

Mematuhi peraturan lalu lintas, fokus, dan waspada terhadap sekitar menjadi salah satu hal yang paling penting saat berkendara di jalan raya.

Pasalnya, saat berada di jalan, ada banyak kendaraan lain dengan berbagai ukuran yang melintas dalam satu lajur yang sama.

Kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus pun seringkali dijumpai, terlebih jika kamu sedang melakukan perjalanan ke luar kota.

Baca juga: Tips Menghindari Kecelakaan Mobil dengan Truk di Jalan Tol

Dengan meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan soal tips berkendara aman di dekat truk dan bus, maka perjalanan akan semakin nyaman.

Lantas, bagaimana caranya jika harus berhadapan atau berkendara di dekat kendaraan besar di jalan? Ini tips berkendara aman di dekat truk dan bus dalam infografis.

tips berkendara aman

Sebenarnya ,saat ini sudah banyak kendaraan besar yang sudah dilengkapi dengan spion tambahan yang mampu melihat depan kendaraan dan juga bagian bawah.

Seperti yang sudah diketahui, baik supir truk dan bus punya keterbatasan visibilitas atau jarak pandang dibanding dengan kendaraan lainnya karena dimensi kendaraan yang besar.

Truk dan bus juga kadang membutuhkan ruang gerak yang luas untuk bermanuver. Oleh karena beban berat, truk dan bus juga tidak mudah melakukan pengereman darurat.

Baca juga: Bagaimana Mekanisme Pembuangan Toilet di Bus AKAP?

Itulah mengapa, pengendara lain sebaiknya lebih waspada saat berkendara di dekat truk dan bus.

Apalagi, biasanya pengemudi truk dan bus sudah menempuh jarak jauh sehingga, memungkinkan faktor lelah dan fokusnya berkurang.

Maka dari itu, memberi pengertian dan rasa simpati di jalan sangat penting diterapkan demi menjaga keamanan serta kenyamanan bersama.

Selain menerapkan tips berkendara aman dan prinsip safety driving ketika berkendara di dekat truk atau bus, kamu juga wajib memperhatikan kondisi mobil untuk selalu dalam kondisi prima.

Untuk itu, pastikan kamu selalu melakukan servis berkala. Tenang, sekarang servis mobil tak perlu antri lagi karena ada layanan Home Service dan Booking Service Seva.id.

Booking Service

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.