Jangan Bingung, Ini Tips Beli Mobil Baru untuk Pertama Kali

Banyak yang perlu dipertimbangkan ketika ingin memiliki mobil. Tidak perlu bingung, yuk simak tips beli mobil baru untuk pertama kali.

beli mobibl baru

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika membeli mobil, apalagi itu akan menjadi mobil pertamamu. Ada banyak pilihan, beli mobil baru atau mobil bekas. Tentu agar semakin nyaman digunakan adalah membeli mobil baru yang bebas dari masalah dan tentunya bergaransi.

Agar tidak menyesal dalam saat beli mobil baru, perlu adanya perencanaan yang matang, mulai dari menentukan jenis mobil yang akan diboyong ke garasi, sampai dengan metode pembiayaannya.

Tenang, jangan bingung, yuk simak tips beli mobil baru untuk pertama kali berikut ini.

bmw astra sunter

Sesuaikan kebutuhan

Ada baiknya, saat beli mobil baru untuk pertama kali harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kamu gemar keluar kota dan sudah berkeluarga, mobil baru yang cocok adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV) yang sudah dikenal sebagai jenis mobil dengan kelapangan kabin serta daya tampung yang banyak.

Baca juga: Harga MPV Baru di Bawah Rp 200 Juta Sesuai Kebutuhan

Sementara untuk yang masih sendiri atau keluarga kecil, jenis city car atau hatchback bisa jadi pilihan.

beli mobil

Sesuaikan budget

Setelah menemukan jenis mobil yang sesuai kebutuhan, cari tahu harga mobil tersebut dan metode pembiayaannya. Jika harga mobil baru yang diinginkan di atas budget, lebih baik memikirkan kembali hal yang harus dilakukan, seperti mengganti pilihan mobil atau mengubah metode pembayaran.

Baca juga: Beli Mobil Baru Secara Cash yang Aman dan Sesuai Budget

Untuk kredit mobil, biasanya besar uang muka yang harus dibayarkan sekitar 20% dari harga mobil. Pastikan kamu tidak memaksakan diri agar tabungan dan cash flow bulanan tidak berantakan.

Kalkulator Kredit Mobil Baru

beli mobil online

Test drive

Ini sangat penting dilakukan bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan mobil pilihan. Test drive juga akan semakin meyakinkan keputusan untuk membeli mobil tersebut.

Pada saat test drive, kamu dapat mencoba segala macam fitur yang terdapat di mobil, termasuk fitur yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, kamu bisa berkenalan dengan fitur-fitur baru yang mungkin belum dipahami.

Request Test Drive

Astra Auto Fest 2020

Harga jual kembali

Wajar jika ada sebagian orang memikirkan harga jual mobil yang akan dibeli, karena mobil merupakan sebuah investasi. Apabila kamu adalah salah satunya, pastikan mobil yang dibeli memiliki harga jual kembali yang cukup baik.

Biasanya, harga purna jual ditentukan oleh kualitas mobil, seperti mesin, kondisi eksterior dan interior, bahkan merek serta jenis mobil biasanya juga ikut menentukan harga purna jualnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Biaya Kredit Mobil Baru?

Maka dari itu, mobil perlu dirawat secara berkala agar kualitasnya tidak menurun dan harga purna jualnya tetap tinggi.

Astra Auto Fest 2020

Tempat beli mobil

Kini kamu bisa beli mobil online di Seva.id. Sebelum melakukan transaksi kamu pun bisa melihat fitur, spesifikasi, membaca review, hingga melakukan test drive.

Selanjutnya ada perbandingan harga, kalkulator kredit untuk tahu berapa besar DP dan cicilan per bulannya. Kalau ingin upgrade, kamu bisa menjual mobil lama atau langsung melakukan trade-in atau tukar tambah.

Baca juga: Kenapa Mobil Baru Wajib Servis 1.000 Kilometer Pertama?

Soal urusan perawatan, ada juga layanan Booking Service. Jadi, kamu tidak perlu antre lama di bengkel resmi dan layanan eDokumen untuk mengurus perpanjangan pajak.

Layanan eDokumen

Jadi, buat kamu yang ingin beli mobil baru atau bekas untuk pertama kali, Seva.id adalah tempat yang tepat. Yuk kunjungi Seva.id untuk mendapatkan penawaran terbaik khusus untuk kamu.