Search Cars

Travel & Lifestyle

Tipe Rekan Kerja Menyebalkan, Begini Menyikapinya

Tempat kerja adalah tempat bertemunya berbagai karakter. Tak perlu kesal bila bertemu rekan kerja menyebalkan. Lalu, bagaimana seharusnya kamu bersikap?

rekan kerja menyebalkan

Saat di kantor atau tempat kerja, sudah pasti kamu akan berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai karakter dan sifat, yang otomatis orang-orang tersebut akan jadi rekan kerja.

 

Perlu digasrisbawahi, termasuk rekan kerja menyebalkan. Tidak jarang sikap yang mereka lakukan membuat kamu kesal, mulai dari rekan kerja yang tidak ramah atau juga atasan yang menyebalkan.

 

Kesal dengan rekan kerja menyebalkan adalah sesuatu yang wajar, namun rasa kesal yang kita rasakan justru seringkali malah membuat kita rugi dan tak jarang memperlambat kinerja.

 

Nah, daripada menghabiskan energi berlebihan, ada baiknya kamu tahu tipe-tipe rekan kerja menyebalkan serta cara menanganinya. Yuk, disimak!

 

Baca juga: Jangan Rencanakan Liburan Saat Sedang di Kantor, Ini Alasannya

rekan kerja menyebalkan

Si Penggosip

Memiliki rekan kerja yang punya kebiasaan bergosip memang sangat menyebalkan. Ada saja hal yang bisa dijadikan bahan gosip.

 

Tidak perlu menghadapi si penggosip dengan hati yang panas, alih-alih memperbaiki keadaan malah akan menimbulkan suasana yang tidak nyaman. Lalu bagaimana caranya menyikapi rekan kerja menyebalkan yang suka bergosip?

 

Jika tergolong orang yang non-konfrontatif, kamu bisa memulai dengan mengabaikan ucapannya dan juga membatasi diri untuk membuka topik meski hanya sekali.

 

Jangan sekali-kali memberi tanda ataupun ruang yang memperlihatkan bahwa kamu tertarik mendengar gosip murahannya.

 

Baca juga: Mengenal Kantor Astra Digital yang Mengerti Budaya Milenial

rekan kerja menyebalkan

Si Pengeluh

Rekan kerja menyebalkan yang punya sifat mengeluh mungkin masih bisa ditolerir. Namun jika selalu merengek dan mengeluhkan nasib tentu akan membuat kamu kelelahan dan bisa jadi energi negatifnya bisa tertular.

 

Pastinya kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

 

Untuk menghadapi si pengeluh kamu cukup dengan mendengarkan dan memberikan nasihat seperlunya. Jangan biarkan dia larut dalam keluhannya dan jangan memperlihatkan kalau kamu tergoda untuk masuk lebih jauh dalam keluhannya.

 

Dengan begitu si pengeluh akan merasa kamu tidak antusias dengan ceritanya ia pun akan mencari sasaran lain.

 

Baca juga: 5 Tren Pekerjaan Freelance 2019 untuk Menambah Penghasilan Bulanan

rekan kerja menyebalkan

Si Bawel

Mengobrol memang hal yang sangat menyenangkan, tapi apa jadinya jika kamu memiliki rekan kerja menyebalkan yang bawelnya minta ampun sehingga mengganggu produktivitas kerja?

 

Jangan buru-buru terbawa emosi yang akhirnya menjadikan kesal seharian, kamu bisa menghadapinya dengan tegas dan jujur.

 

Katakan padanya, kamu sedang tidak ingin mengobrol, sampaikan hal tersebut dengan cara yang sopan dan halus agar tidak menimbulkan konflik.

 

Baca juga: Tips Mencari Tempat Sewa Mobil yang Tepat Saat Liburan

rekan kerja menyebalkan

Si Pencuri Ide

Politik di kantor memang tak jauh berbeda dengan politik negara. Jika tidak pintar membaca situasi bisa-bisa kamu akan tersingkir.

 

Persaingan dunia kerja seringkali tidak membedakan teman maupun lawan. Di lingkungan pekerjaan, kamu pastilah sering bertemu karakter rekan kerja yang hobi mencuri ide.

 

Kamu tentunya bingung harus bersikap bagaimana untuk mengatasi rekan kerja menyebalkan yang terlanjur curang seperti itu.

 

Ada baiknya kamu tetap berpikir positif. Anggaplah apa yang dilakukan oleh rekan kerja tersebut adalah sebagai bagian dari caranya mempromosikan mu. Daripada marah, sebaiknya kamu ucapkan terima kasih karena sudah mengkomunikasikan ide yang kamu punya.

 

Baca juga: Liburan Akhir Tahun, Siapkan 7 Hal Ini Dulu Supaya Lebih Seru

rekan kerja menyebalkan

Nah, selanjutnya untuk menghindari hal tersebut terjadi kembali, kamu harus mulai mengubah pola pikir.

 

Mulai saat ini cobalah untuk menyimpan ide brilian hanya untuk diri sendiri dan lontarkan di saat yang tepat. Hal ini patut kamu coba agar dikemudian hari tidak ada lagi pencurian ide dalam bekerja.

 

Dunia kerja memang banyak lika-likunya, tapi jangan sampai membuat kamu patah semangat.

 

Tetaplah bersikap elegan saat menghadapi rekan kerja menyebalkan, apapun alasannya. Tunjukan bahwa kamu adalah pekerja yang profesional dan lebih baik dari “musuh” tersebut.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.