Search Cars

Tips & Rekomendasi Properti

Tidur dengan Lampu Dimatikan Ternyata Baik untuk Kesehatan

Seorang perempuan sedang tidur dengan lampu dimatikan

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh setiap orang. Beristirahat dengan tidur diyakini dapat mengembalikan kebugaran dan mendorong lahirnya mood seusai bangun dari tidur tersebut.

 

Akan tetapi, sistem dan pola tidur setiap orang sangatlah beragam. Ada yang tidur dengan mengandalkan kuantitas dan ada pula yang lebih mengedepankan kualitas daripada durasi tidur yang ditempuh tersebut. Namun, tak jarang pula ada yang mempunyai cara khusus untuk tidur, misalnya harus ditemani dengan furnitur kesayangan.

 

Sementara itu, untuk Anda yang lebih mengedepankan kualitas, tidur dalam kondisi gelap dengan mematikan lampu kamar ternyata baik bagi kesehatan.

 

Seperti dilansir IDNtimes, tidur di ruangan gelap—dengan mematikan lampu—banyak memberikan manfaat untuk kesehatan dan menambah nuansa tidur yang berkualitas.

 

Lantas, manfaat bagi kesehatan apa sajakah yang akan didapat bila tidur dengan mematikan lampu kamar?

 

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Tak dapat dimungkiri istirahat yang paling baik dilakukan kala lelah dan stres akibat rutinitas yang padat adalah tidur. Hanya dengan tidur, walaupun sebentar, dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh dan membugarkan stamina.

 

Berkaitan dengan itu, saat Anda sedang tertidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang dapat membuat tidur Anda lebih jauh nyenyak. Selain itu, hormon melatonin juga dikenal sebagai antioksidan yang kuat, yang dapat mencegah pertumbuhan kanker, mengatur siklus haid, dan mengatasi insomnia kronis.

 

Namun, hormon Melatonin tersebut tidak dapat bekerja secara optimal apabila Anda tidur dengan pencahayaan lampu. Sebab, cahaya lampu dapat mengganggu dan menunda produksi hormon Melatonin.

 

Jadi, cara terbaik untuk mendapatkan kualitas tidur yang Anda impikan seusai beraktivitas adalah dengan mematikan lampu guna mempercepat produksi hormon Melatonin tersebut.

 

Mencegah depresi

Tak hanya membantu tidur menjadi lebih nyenyak, tidur dalam kondisi gelap dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Hal tersebut disebabkan oleh keadaan gelap yang membuat tubuh Anda benar-benar beristirahat.

 

Namun sebaliknya, bila Anda tidur dengan menggunakan cahaya lampu dapat menimbulkan depresi dan perubahan struktur otak. Mengutip dari jurnal Molecular Psychiatry mengemukakan pencahayaan yang digunakan untuk tidur, walaupun redup atau setara dengan daya lampu kamar, dapat memicu depresi dan perubahan sistem kerja otak.

 

Nah, untuk merileksasikan pikiran dan menghindari depresi, tidur dalam keadaan gelap lebih baik daripada menggunakan pencahayaan.

 

Baca juga: Wujudkan Hunian Nyaman dan Berkualitas Bersama LIVNG

 

Menghambat pikun atau mudah lupa

Selain efektif dalam mengurangi rasa lelah dan stres, ketika Anda tidur dalam keadaan rileks dan nyenyak dapat mengoptimalkan fungsi sistem kinerja otak.

 

Otak akan beristirahat dari pekerjaannya, menjalankan respons dan merangsang sistem motorik, selama sekian jam yang Anda gunakan. Pasalnya, saat Anda tidur, otak Anda pun ikut tidur dan beristirahat. Terlebih ketika Anda tidur di ruangan gelap, tubuh dan pikiran Anda pun akan merasa rileks seperti sediakala.

 

Dengan begitu, Anda pun dapat terhindar dari sikap mudah lupa atau pikun.

 

Mencegah obesitas

Bagi sebagian orang, berat badan adalah masalah yang begitu pelik dan sulit diatasi. Akan tetapi, benarkah demikian?

 

Menurut penelitian, tidur dalam keadaan gelap ternyata mampu membantu Anda mengatasi masalah berat badan. Hal itu disebabkan oleh hormon melatonin yang dapat merangsang produksi lemak beige, jenis lemak yang berfungsi untuk membuang kalori di dalam tubuh.

 

Jadi, Anda tak perlu diet ketat buat menurunkan berat badan, bukan? Boleh dicoba nih.

 

Membantu mengatasi risiko Global Warming

Meski tak berkaitan secara langsung dengan kesehatan, paling tidak manfaat ini dapat menjadi salah satu kontribusi Anda dalam mengatasi masalah dunia, yaitu Global Warming, yang juga dapat berdampak bagi keselamatan hidup.

 

Pasalnya, penggunaan energi listrik yang berlebihan dapat menjadi pemicu munculnya pemanasan global. Oleh sebab itu, menghemat listrik saat malam hari—ketika Anda sedang tidur—dapat menjadi salah satu langkah mengatasi risiko pemanasan global. Terlebih Anda pun dapat menghemat biaya pengeluaran listrik di rumah Anda.

 

Untuk itu, demi mendapat kenyamanan dan tidur yang nyenyak, tidur dengan lampu dimatikan selayaknya dapat Anda terapkan guna merasakan beberapa manfaat di atas. Sehat itu mudah ternyata.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.