Tidak Hanya Tinggal Bayar, Ini Proses Beli Mobil Cash

Banyak yang beranggapan kalau proses beli mobil cash itu lebih mudah. Memang semudah apa sih? Yuk simak ulasannya berikut ini!

proses beli mobil cash

Proses beli mobil cash yang cenderung lebih simple jadi salah satu alasan banyak orang memilih skema ini untuk dapat segera membawa pulang mobil incarannya.

Meski harus menyiapkan dana yang besar, dengan membeli mobil secara cash, kamu jadi tidak terbebani angsuran bulanan, sehingga ke depannya bisa fokus mengatur budget untuk biaya operasional seperti BBM, biaya servis, dan pajak tahunan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil di Bawah Rp 200 Juta

Jika kamu tertarik namun belum punya pengalaman membeli mobil, agar tidak bingung yuk simak proses beli mobil cash, berikut ini!

proses beli mobil cash

Siapkan uang muka

Bukan hanya skema pembelian kredit saja yang membutuhkan uang muka atau down payment (DP). Menyiapkan DP juga jadi salah satu proses beli mobil cash

Baca juga: New Fortuner Hadir dengan Mesin Lebih Bertenaga dan Sporty

Tapi, DP di sini biasanya hanya diperlukan saat mobil masih inden. Untuk beberapa kasus, DP juga bisa hanya sebagai uang tanda jadi. 

proses beli mobil cash

Mendapat Surat Pemesanan Kendaraan

Apabila pembayaran sudah diselesaikan, kamu akan dibuatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Surat ini biasanya akan diberikan apabila kamu sudah benar-benar memutuskan untuk membeli mobil tersebut dan sudah menyiapkan DP.

Baca juga: Kriteria dan Jenis Mobil untuk Investasi di Masa Depan

Di dalam SPK terdapat berbagai macam informasi mobil yang akan kamu beli, mulai dari tipe mobil, warna, harga, tanggal dan bulan pembelian, lokasi dealer, hingga diskon atau bonus yang sudah disepakati.

Jika sudah sampai di proses ini, pastikan kamu membacanya secara detail sebelum membubuhi tanda tangan, ya. 

Lalu, jika sudah mendapatkan SPK, apakah konsumen boleh melakukan pembatalan?

Jawabannya, boleh. Biasanya calon pembeli akan dikenakan potongan, atau bisa juga dikembalikan seluruhnya. Maka dari itu, aktiflah bertanya kepada pihak dealer. Sebab, setiap dealer memiliki peraturan yang berbeda. 

proses beli mobil cash

Mobil resmi jadi milik kamu

Urusan dengan SPK telah diselesaikan, kamu tinggal duduk manis di rumah menunggu mobil incaran dikirim oleh pihak dealer. Ini artinya, mobil resmi jadi milik kamu.

Baca juga: 5 Penyebab Terjadinya Kenaikan Harga Mobil Baru

Jika mobil pilihan kamu ready stock, maka dealer bisa segera mengirimnya. Sedangkan jika belum ada, biasanya kamu akan diminta menunggu. Umumnya, mobil akan dikirim dalam 7 hari setelah kamu melakukan menyelesaikan pembelian dan mendapatkan SPK.

Saat serah terima, pastikan kamu mengecek kembali mobil tersebut secara detail untuk memastikan tidak ada kecacatan.

Bila menemukan kecacatan, jangan segan untuk langsung melapor kepada pihak dealer. Ingat, hak konsumen adalah mendapatkan mobil dengan kondisi yang baik.

proses beli mobil cash

Tanda tangan penerimaan unit

Proses beli mobil cash tidak berhenti saat mobil sudah diantar ke rumah kamu saja. Selanjutnya, jika kamu sudah memastikan dan merasa puas dengan kondisi mobil yang diterima, kamu bisa langsung melakukan tanda tangan penerimaan unit.

Baca juga: All New Land Cruiser dan New Fortuner Resmi Mengaspal 

Untuk surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB akan dikirimkan secara terpisah. Biasanya STNK akan dikirimkan terlebih dahulu, yakni 1 hingga 1,5 bulan sejak serah terima.

Namun jika Samsat sedang penuh atau ramai, kemungkinan besar kamu harus menunggu lebih lama lagi. Sedangkan BPKB akan kamu terima dalam 6 bulan sejak serah terima.

Selama kedua surat kendaraan tersebut belum kamu terima, jangan segan untuk selalu  melakukan follow-up kepada pihak sales atau dealer.

Baca juga: Fitur All New Land Cruiser Makin Canggih dan Tangguh

proses beli mobil cash

Kenapa kredit lebih baik dari cash

Tidak hanya pembayaran cash, ternyata skema kredit prosesnya tidak kalah mudah dan menguntungkan. Di antaranya, kamu bisa memiliki mobil dengan lebih cepat meski belum memiliki dana yang banyak. 

Membeli secara kredit juga lebih ringan karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak dalam satu waktu, sehingga bisa memutar sisa uang yang kamu miliki untuk bisnis, atau instrumen investasi yang sesuai dengan ketersediaan dana kamu.

Ada juga asuransi gratis buat kamu yang mengajukan kredit mobil. Jadi, meskipun mobil masih dalam masa pelunasan, mobil berada di bawah perlindungan asuransi.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Bagaimana? Kalau mau lebih simple, beli mobil baru ya di Seva.id saja. Selain beli cash, kamu juga bisa beli mobil baru secara kredit sesuai kebutuhan loh.