Terpaksa Berbuka Puasa di Mobil? Ada Tipsnya Loh

By Ferdi Julias - May 23, 2018

Tidak jarang buka puasa di jalan menjadi pilihan satu-satunya. Ini tips jika kamu berbuka puasa di mobil!

Semua orang pasti menginginkan berbuka puasa di rumah bersama dengan keluarga. Tetapi, sempitnya waktu membuat keinginan tersebut jarang terpenuhi, khususnya bagi masyarakat urban.

 

Sering kali keinginan tersebut terhalang oleh banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan di kantor, atau rutinitas perkotaan yang setiap hari selalu terjadi, yaitu kemacetan. Apalagi ketika sore hari saat jam pulang kantor, kendaraan seakan tidak bisa bergerak karena jalanan terlalu padat.

 

Kemacetan memang merupakan masalah yang bisa menghambat Anda berbuka puasa bersama keluarga di rumah, dan tidak jarang buka puasa di mobil menjadi pilihan satu-satunya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya simak tips berikut agar waktu berbuka puasa Anda tepat waktu walaupun ketika berada di dalam mobil.

 

posko mudik lebaran1. Siapkan makanan dan minuman sebelum berkendara

Jika waktu tidak memungkinkan untuk mengejar berbuka puasa bersama keluarga di rumah karena jalanan padat, lebih baik Anda menyiapkan makanan dan minuman sebelum berkendara. Cukup makanan ringan saja dan minuman yang manis untuk mengisi energi Anda agar tetap fokus dalam berkendara, seperti roti, biskuit, dan lain-lain.

 

Selain untuk menambah energi dan ‘pengganjal perut’, makanan ringan juga dapat dimakan langsung serta tidak repot, jadi aktifitas mengemudi juga tidak terganggu.

 

2. Pastikan makanan dan minuman tersebut memiliki tempat pas

Makanan dan minuman sebagai bekal Anda berbuka puasa juga sebaiknya diletakkan pada tempat yang sesuai, seperti menyimpan botol minum di cup holder dan sebagainya. Jangan letakkan makanan di tempat yang tidak sesuai, karena dapat mengganggu Anda dalam berkendara dan akan berpotensi membuat mobil Anda kotor.

 

Apalagi jika dihimpit di antara dua paha Anda. Ini sering dilakukan oleh pengendara ketika sedang makan di mobil. Padahal, hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Kecuali memang ketika mobil Anda benar-benar parkir, tidak sedang dalam keadaan macet.

 

3. Pastikan radio mobil berfungsi dengan baik

Kadang-kadang suara adzan maghrib tidak terlalu terdengar ketika Anda sedang berada di dalam mobil. Untuk itu, pastikan radio mobil Anda berfungsi dengan baik, karena selain untuk mendengarkan lagu, radio juga akan memberikan informasi jadwal adzan maghrib.

 

Atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi pada smartphone Anda yang akan memberikan informasi adzan maghrib, bahkan waktu salat secara tepat waktu.

 

4. Lebih baik menepi terlebih dahulu

Berhenti sejenak di pinggir jalan dapat membuat Anda tidak terganggu waktu sedang berbuka puasa. Selain itu, resiko berbahaya dalam berkendara juga berkurang. Tetapi, berhentilah di tempat yang memang sesuai dengan aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Jangan berhenti sembarangan karena dapat menimbulkan kemacetan.

 

Namun, jika memang Anda sedang berada di tengah kemacetan dan sudah waktunya berbuka puasa, pastikan kondisi jalan raya aman untuk Anda berbuka puasa sejenak. Tetap hati-hati dan jangan sampai lengah ketika sedang menikmati makanan.

 

5. Sediakan tisu dan alat pembersih lainnya

Jika sudah selesai berbuka puasa, buanglah bungkus makanan dan minuman Anda pada tempat sampah yang disediakan di mobil. Jangan lama-lama menyimpan bungkus makanan tersebut di dalam mobil karena sisa-sisa makanan dapat tercecer dan akan membuat mobil berantakan.

 

Maka dari itu, selalu siapkan alat kebersihan di mobil, seperti sapu mini, pengki mini, tempat sampah kecil, dan lain sebagainya. Setelah itu, pastikan juga tangan Anda juga sudah bersih setelah berbuka agar selalu nyaman dalam berkendara.

 

Jadi, pastikan persiapan buka puasa Anda lengkap ketika berkendara. Lalu, sebelum melanjutkan perjalanan, pastikan Anda sudah berbuka puasa terlebih dahulu agar tenaga tetap terjaga dalam berkendara. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat!

Berita Terkait

Author