Ternyata, Spion Mobil Memiliki Posisi Ideal

posisi kaca spion mobil yang ideal
Berbagai komponen atau fitur keamanan sudah disematkan pada mobil untuk menjaga pengendara dari resiko kecelakaan. Mulai dari fitur-fitur baru yang canggih sampai dengan fitur konvensional diberikan pabrikan di semua produk mereka.

 

Namun, kadang ada sebagian pengendara yang lupa akan pentingnya komponen keamanan tersebut. Seperti kaca spion, yang merupakan dua komponen wajib pada kendaraan untuk melihat objek atau pengendara lain di sisi kanan, kiri, serta belakang.

 

Spion mobil harus diatur posisinya agar sesuai dengan pandangan pengendara. Jika tidak, pengendara akan kesulitan ketika ingin melihat objek atau kendaraan lainnya yang berada dekat dengan mobil. Tapi, bagaimana caranya untuk menentukan posisi kaca spion yang ideal?

posisi kaca spion mobil yang ideal

1. Memperlihatkan seperempat bodi mobil

Posisi spion mobil yang ideal harus bisa memperlihatkan seperempat dari bodi mobil pengendara. Sisanya, yaitu tiga perempat bagian, memperlihatkan kondisi jalan. Posisi ini bertujuan untuk meminimalisir blind spot yang sering terjadi pada pengendara.

 

Untuk itu, ada baiknya jika tidak menggunakan kaca spion yang hanya memperlihatkan keseluruhan kondisi jalan.

 

2. Arahkan sedikit di atas garis horizon

Lalu, arahkan posisi spion mobil sedikit di atas garis horizon. Garis horizon adalah garis yang terletak di antara kaca dengan bagian bawah pintu. Tujuannya sama, yaitu untuk memperlihatkan sedikit bodi mobil dan jalan.

posisi kaca spion tengah

3. Atur kaca spion tengah

Bukan hanya spion mobil kanan dan kiri saja yang posisinya harus diatur, kaca spion tengah pun juga begitu. Namun, sebelum itu, atur posisi duduk Anda terlebih dahulu, karena posisi duduk akan menentukan arah kaca spion tengah.

 

Jika sudah menemukan posisi duduk yang ideal, baru atur kaca spion tengah dengan cara menggerakkannya ke arah yang diinginkan. Sesuaikan posisi kaca spion dengan penglihatan Anda dan pastikan Anda dapat melihat objek yang berada di belakang mobil.

 

Selain alasan keamanan, kaca spion samping dan tengah juga berfungsi untuk membantu Anda ketika sedang memarkirkan mobil agar tidak menyenggol atau menabrak objek yang dekat dengan area parkir.

posisi ideal spion mobil

4. Pastikan semua kaca spion di posisi yang tepat sebelum berkendara
Demi alasan keselamatan, pastikan semua spion mobil berada di posisi yang tepat sebelum berkendara. Jangan jalankan mobil terlebih dahulu sebelum kaca spion mengarah ke sudut yang tepat seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

Bila perlu, masuk ke dalam mobil dan mintalah bantuan teman Anda untuk berjalan mengelilingi mobil. Pantau posisi teman Anda melalui kaca spion. Pastikan Anda dapat melihat teman yang mengelilingi mobil dari tiga kaca spion tersebut.

 

Selain pengaturan, pengendara juga perlu menyadari bahwa ukuran spion telah disesuaikan dengan ukuran mobil oleh pabrikan untuk meminimalisir area blind spot. Semakin besar ukuran mobil, semakin besar juga ukuran spion yang disematkan di mobil tersebut.

kaca spion pecah

Jadi, jangan sembarangan mengganti spion mobil karena ukurannya berbeda-beda. Jika spion mobil mengalami masalah, sebaiknya langsung bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk melakukan perbaikan atau penggantian.

 

Anda juga bisa melakukan booking service terlebih dahulu di Seva.id sebelum datang ke bengkel resmi agar tidak lama mengantri dan menghemat waktu.

 

Nah, jika kondisi spion prima dan posisinya sudah ideal, saatnya berkendara. Selalu jaga keamanan dan kenyamanan berkendara ya..