Ternyata Mobil Rusak Akibat Demo Ditanggung Oleh Asuransi

By alexanderardian1 - October 1, 2019

Demo yang terjadi baru-baru ini mengakibatkan banyak kerusakan materi. Apakah mobil rusak akibat demo ditanggung oleh asuransi?

Terjebak demo yang berujung kerusuhan jelas bukan kondisi yang dikehendaki oleh siapa pun, terlebih saat berkendara di dalam mobil. Batu yang dilemparkan pendemo bisa saja secara tidak sengaja menyasar ke mobil.

 

Mulai dari baret kecil sampai kerusakan yang berat seperti bodi penyok dan kaca pecah, bahkan terbakar, membayang mobil kesayangan rusak pasti sangat menyayat hati.

 

Saat semua sudah terjadi dan musibah telah menimpa, biasanya Anda baru sadar betapa pentingnya asuransi pada mobil. Tapi, apakah mobil rusak akibat demo ditanggung oleh asuransi?

Asuransi SRCC

Asuransi saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat karena memang sifatnya yang penting untuk menjaga mobil dari berbagai kejadian yang tidak diingikan, salah satunya rusak akibat kerusuhan.

 

Sebelum Anda mengklaim asuransi, pertama pastikan jaminan asuransi mobil telah diperluas paket tanggungan SRCC (Strike, Riot, and Civic Commotion). SRCC adalah layanan perlindungan tambahan asuransi, yang meliputi kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara.

 

Tentu ada biaya tambahan yang harus dibayarkan sesuai syarat dan ketentuan dari pihak asuransi. Dengan itu, mobil rusak akibat demo akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi bila Anda mengikuti paket tanggungan SRCC.

 

Baca juga: Bingung Memilih Asuransi Mobil yang Tepat? Simak 5 Tips Ini

istilah asuransi

Klaim asuransi

Jika mobil rusak akibat demo ditanggung oleh asuransi, bagaimana cara klaimnya? Ini tahapannya.

 

Yang jelas, Anda harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Untuk dapat mengajukan klaim terhadap kendaraan Anda, terlebih dahulu melapor kepada pihak asuransi terkait.

 

Selanjutnya, foto bagian mobil yang rusak. Foto ini berperan sebagai bukti untuk mengajukan proses klaim asuransi nantinya.

 

Lalu siapkan surat-surat atau dokumen mobil. Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun rata-rata dokumen yang perlu dipersiapkan sebagai berikut.

  1. Fotokopi SIM dan STNK
  2. Fotokopi Polis asuransi
  3. Surat keterangan Polisi (kendaraan dalam keadaan rusak berat akibat kecelakaan parah)

 

Baca juga: Begini Cara Urus Claim Asuransi Mobil, Ternyata Tidak Sulit

Datangi bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tempat anda menjamin kendaraan. Bengkel tersebut akan menghubungi perusahaan asuransi dan melihat kerusakan yang terjadi pada mobil Anda. Batas maksimal untuk menghubungi perusahaan asuransi adalah 3×24 jam setelah peristiwa yang mengakibatkan kerusakan.

 

Pada saat di bengkel, Anda akan diberikan formulir klaim asuransi. Isilah formulir dengan jelas dan jujur, isi semua detail kejadian dengan benar, jangan pernah anggap remeh hal tersebut karena pihak asuransi akan melakukan crosscheck laporan terhadap mobil Anda.

 

Mobil dengan kerusakan yang masih terhitung wajar seperti lecet atau penyok kecil mungkin hanya butuh waktu 3-4 hari maksimal 7 hari pengerjaan. Namun jika kerusakan parah, bisa sampai dua minggu lebih atau bahkan sebulan, belum lagi jika sparepart yang dibutuhkan harus pesan dan impor dari luar negeri.

Setelah proses klaim selesai, Anda akan mendapat ganti rugi berdasarkan layanan asuransi kendaraan yang Anda daftarkan.

 

Selama memiliki asuransi, Anda tidak perlu panik jika mobil rusak akibat demo. Tapi tetap saja jangan karena sudah memiliki asuransi Anda malah berkendara dengan seenaknya dan malah berusaha untuk masuk ke dalam kerusuhan.

 

Selalu taati peraturan, berkendara dengan aman, dan hindarilah hal-hal yang bisa mencelakai diri dan kendaraan Anda.

Berita Terkait

Author