Terjebak Macet, Coba Olahraga Ringan Ini Supaya Tetap Fresh

By Rismawati Idris - January 14, 2019

Mengendarai mobil selama berjam-jam dapat menyebabkan badan terasa pegal dan lelah, terlebih bila selama perjalanan Anda terjebak dengan macet. Bukan hanya lelah saja, tetapi membuat stres sehingga dapat menstimulus badan menjadi cepat pegal bahkan dua kali lipat dari sebelumnya.

 

Demi menghadapi situasi tersebut, sebagian pengemudi menyiasati mood mereka dengan bernyanyi dan memutar lagu kesukaan atau mendengarkan bincang-bincang di radio. Sebenarnya ada cara lain yang dapat Anda lakukan guna membuat badan menjadi lebih fresh dan fit bahkan ketika terjebak di kemacetan, yaitu dengan melakukan olahraga ringan berikut ini di dalam mobil.

 

Mengangkat bahu (Shoulder Shrug)

Saat badan Anda mulai merasa lelah akibat mengemudi, anggota badan yang pertama kali merasa pegal adalah bahu. Kondisi tersebut disebabkan oleh lamanya Anda mengemudikan setir dan duduk selama berjam-jam di dalam mobil.

 

Jika bahu mulai terasa pegal, Anda dapat melakukan peregangan ringan dengan mengangkat bahu Anda ke atas atau hampir mendekati telinga. Kemudian, tahan posisi ini selama 5 hingga 8 detik lalu turunkan kembali bahu Anda ke posisi semula. Setelah itu, ulangi gerakan peregangan bahu tersebut sesuai yang Anda mau.

 

Dengan melakukan olahraga ringan ini di dalam mobil, otot bahu dan leher Anda akan terasa lebih rileks dan terhindari dari kantuk sehingga Anda pun siap menghadapi kemacetan dengan lebih fit dan bugar lagi.

 

Memutar kepala

Selama berkendara, area di sekitar kepala dan leher juga pasti merasakan pegal yang sama seperti bahu. Untuk itu, demi mengembalikan kebugaran kepala dan leher, Anda dapat memutar kepala Anda secara teratur, dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Kemudian, turunkan kepala Anda ke bawah dan ke atas.

 

Gerakan ini dapat dilakukan selama 5–10 detik pula.

 

Menekan Punggung

Sama halnya dengan bahu, punggung juga berpotensi merasakan lelah lebih dahulu akibat lamanya duduk, terlebih bagi pengemudi yang konstan duduk dalam posisi yang sama berjam-jam sambil mengamankan kemudi setir.

 

Untuk itu, demi mengembalikan kebugaran punggung, olahraga ringan lainnya yang bisa Anda lakukan di dalam mobil adalah dengan menekan punggung. Olahraga ini harus Anda lakukan dalam kondisi mobil berhenti, yakni saat macet total atau berheti cukup lama di lampu merah.

 

Anda hanya perlu membetulkan kondisi duduk Anda menjadi lebih tegak terlebih dahulu. Kemudian, luruskan kedua tangan ke depan, menghadap dashboard mobil, lalu dorong bahu ke depan selama 5 sampai 10 detik. Setelah itu, Anda dapat merepetisi gerakan tersebut hingga pinggang Anda terasa lebih enteng dan tidak pegal.

 

Peregangan lengan (arms strengtheners)

Olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan dalam mobil adalah arms strengtheners. Gerakan ini harus dilakukan saat mobil dalam kondisi berhenti, baik karena macet total atau menunggu lampu merah.

 

Cara melakukan peregangan lengan tergolong mudah. Anda hanya perlu meluruskan lengan dan telapak tangan ke depan dashboard kendaraan. Kemudian, gerakan telapak ke atas dan ke bawah. Setelah itu, putar lengan hingga telapak tangan secara bersama pula.

 

Ada yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan peregangan ini adalah posisi badan, Anda harus duduk tegak dan rileks. Sebab, membetulkan posisi badan duduk saat melakukan olahraga ringan ini di dalam mobil dapat membantu aliran darah Anda berjalan lancar dan menjaga struktur tulang belakang.

 

Baca juga: Trik Usir Bosan Saat Terjebak Macet

 

Latihan jari-jari kaki


Adapun cara melakukan gerakan peregangan ini adalah dengan menekan tumit Anda setinggi-tingginya, tetapi dengan tetap mempertahankan posisi jari-jari kaki menempel di kabin mobil Anda.

 

Tahan posisi gerakan ini selama beberapa detik, lalu ulangi gerakan tersebut hingga jari-jari kaki Anda kembali lebih rileks.

 

Manfaat dari latihan jari-jari kaki ini sangat berguna untuk menstabilkan aliran darah Anda selama berkendara.

 

Jadi, itulah beberapa olahraga ringan di dalam mobil yang dapat Anda lakukan, baik sebelum memulai aktivitas berkendaraan maupun ketika terjebak macet. Selain itu, olahraga ini olahraga tersebut sangat berguna bagi kebugaran badan Anda juga sangat membantu memperbaiki mood saat macet melanda.

 

Setelah olahraga ringan tersebut, Anda akan merasa lebih segar dan siap menghadapi kemacetan. Yuk digerakin badannya..

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.