Search Cars

Tips & Rekomendasi

Teliti Sebelum Membeli, Yuk Kenali Mobil Bekas Terendam Banjir

mobil Terobos banjir

Memiliki mobil impian merupakan harapan banyak orang, tetapi impian tersebut tidak selalu mobil baru. Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin memiliki mobil namun belum memiliki cukup dana untuk membeli yang baru.

 

Perlu diingat, saat akan beli mobil bekas banyak hal yang harus dipertimbangkan serta diperhatikan agar tidak kecewa nantinya. Apalagi saat ini banyak beredar mobil bekas yang pernah terendam banjir.

 

Indikator untuk melihat mobil bekas terendam banjir berbeda-beda. Ada mobil yang hanya terendam sebatas lantai, jok, hingga sampai terendam. Jelas yang terendam terlihat sekali bekasnya kalau mobil bekas tersebut pernah kebanjiran.

 

Aroma apek dan noda

Mobil bekas banjir, biasanya memiliki aroma interior yang berbeda, meski sudah dibersihkan, akan ada saja aroma semacam apek dan lembab yang tertinggal. Susah sekali menghilangkan aroma apek.

 

“Apalagi bagian interior ini banyak bahan kain dan kulit, walau sudah dikeringkan dan dibersihkan, aromanya tetap berbeda. Terutama yang proses pengeringannya instan dengan menggunakan blower atau kipas misalnya,” kata Abeth N. Sonjaya, Recondition dan Quality Control Head Mobil88.

 

Sementara bagian jok, selain mengeluarkan aroma apek, penjual mobil biasa mengakali noda bekas banjir dengan menutupinya menggunakan sarung jok. Nah, calon pembeli wajib curiga. Begitu pula dengan di bagian door trim.

 

Baca: Ingat! 8 Komponen Ini Wajib Diperhatikan Usai Mobil Terobos Banjir

 

Cek kabel dan panel

“Mobil bekas yang pernah terendam banjir sebatas lantai, calon pembeli wajib memeriksa kabel-kabel dan beberapa panel. Jika calon pembeli melihat kabel di bagian bawah semuanya baru, wajib curiga mobil itu mobil bekas banjir. Di balik panel bisa juga terlihat seperti adanya bekas tanah atau lumpur, karena air banjir akan membawa material itu,” jelas Abeth.

 

Karatan

Umumnya, area besi di interior pada mobil tidak dilapis anti karat, karena itu cek juga dibagian bawah karpet dasar. Jika terlihat karat, maka ada indikasi mobil bekas tersebut pernah terendam banjir.

 

Jika mobil bekas banjir terendam sebatas jok, cek baut-baut yang ada. Baut bekas kena banjir akan berkarat, atau diganti baru dengan pemiliknya.

 

Selain itu, di bawah jok ada plat besi penahan. Kalau masih mulus mobil bekas tersebut aman, jika sudah mulai berkarat dan rata, ini indikasi mobil bekas pernah kebanjiran. Plat tersebut pasti berkarat jika terkena air karena tidak dilapis anti karat.

 

Elektronik dan mesin

Ada beberapa mobil bekas banjir yang terendam penuh tapi diasuransikan oleh pemiliknya, sehingga begitu dijual seolah tidak terjadi apa-apa dan sehat-sehat saja. Tapi tetap saja ada indikasi bekas banjir yang terlihat. Sudah pasti sistem elektronik dan komputerisasinya banyak yang diganti atau bahkan tidak berfungsi.

 

Di sisi mesin, seal-seal atau sambungan banyak yang diganti. Suaranya dan getarannya juga tidak sehalus mobil yang tidak pernah terendam banjir.

 

Bongkar blower AC

Jika calon pembeli melihat mobil mulus, bersih, dan rapih tapi curiga kalau mobil itu bekas atau pernah terendam banjir, ada indikasinya yang lain. Memang harus sedikit membongkat, tapi mudah. Misalnya, cek bagian blower AC, ini yang sering luput dari pembersihan. Mobil yang bekas terendam banjir, pada blower AC-nya akan tertinggal noda atau bercak tanah atau lumpur.

 

Cek kaki-kaki dan engsel pintu

Di sisi lain, pada bagian eksterior, indikasi mobil bekas banjir yang paling terlihat adalah pada bagian kaki-kaki. Suspensi yang pernah terendam banjir kinerjanya sudah tidak sempurna lagi, bisa saja mengeluarkan bunyi-bunyi atau bahkan keras. Cara mengeceknya mudah, goyang-goyangkan saja mobil.

 

Mobil yang pernah terendam banjir, engsel-engsel pintunya tidak halus, cenderung seret, pada saat dibuka dan ditutup.

 

Baca juga: 5 Tips Antisipasi Kerusakan Setelah Mobil Terendam Banjir

 

Pembeli teliti

Jadilah pembeli mobil bekas yang teliti. Namun jika sudah terlanjur membeli dan ternyata mobil bekas tersebut pernah kebanjiran, saran saya segera jual kembali. Karena ongkos untuk memperbaikinya bisa jauh lebih mahal. Mobil bekas banjir itu memiliki nilai jual yang merosot hingga 50 persen. Rugi bukan?” kata Abeth.

 

Ditambahkan Abeth, jika ragu pilih saja diler mobil bekas yang terpercaya, salah satunya Mobil88. Diler mobil bekas ini menjual berbagai merek dan tipe mobil yang berkualitas dengan jaminan garansi serta buyback, selain jaminan bebas kecelakaan dan banjir, odometer asli, keabsahan dan kelengkapan dokumen terjamin, hingga nomor rangka serta nomor mesin sesuai dengan dokumen kendaraan.

 

Teliti dan tidak buru-buru menjadi hal wajib saat Anda beli mobil bekas. Selamat berburu!

mobil terendam banjir

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.