Syarat Ikut Program dan Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan

Sering jadi keringanan bagi pemilik kendaraan, begini syarat mendapatkan dan jadwal pemutihan pajak.

blokir stnk online

Tidak bisa sembarangan untuk mengikuti program pemutihan pajak. Salah satunya adalah dengan mengetahui dan harus sesuai jadwal pemutihan pajak yang berlaku di tiap daerah.

Program dan jadwal pemutihan pajak kendaraan biasanya mengikuti kebijakan pemerintah daerah yang waktunya tidak rutin.

Pemutihan pajak adalah penghapusan denda pajak yang dibebankan pada pemilik kendaraan karena telat membayar pajak sesuai waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: KTP Hilang Apa Bisa Diganti SIM untuk Bayar Pajak Kendaraan?

Meski ada penghapusan pajak, pemilik kendaraan tetap harus membayar pajaknya.

Sebab pemutihan pajak hanya menghapus denda pajak akibat keterlambatan pembayaran pajak sesuai waktu yang telah ditentukan tersebut.

Jadi jangan salah ya, bukan dibebaskan atau penghapusan pajak, yang dihapus hanya dendanya saja. Pajaknya tetap harus dibayar sesuai dengan keterlambatan.

Syarat program pemutihan pajak

Syarat mengikuti program pemutihan pajak kendaraan tidak ada bedanya seperti membayar pajak tahunan atau lima tahunan.

Baca juga: STNK Hilang? Begini Cara Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Kamu

Untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), yang harus disiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), STNK asli, dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli.

Sementara untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) siapkan dokumen seperti KTP pemilik baru asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, dan kwitansi pembelian kendaraan dengan tanda tangan di atas materai.

Nantinya untuk mengikuti program pemutihan pajak kendaraan, kamu harus datang ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) terdekat sesuai dengan domisili KTP.

Baca juga: Cara Cek Masa Berlaku dan Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Pembayaran pajak lima tahunan dan BBNKB biasanya diharuskan melakukan cek fisik kendaraan, jadi bawa juga kendaraan yang ingin dibayarkan pajaknya atau balik nama.

Biayanya juga akan ditambah untuk cetak plat nomor baru.

cara menghitung pajak motor

Mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, penghapusan pajak kendaraan dapat terjadi karena beberapa sebab.

Untuk program pemutihan pajak kendaraan diatur dalam Pasal 74 Ayat 1a, karena hal ini berdasarkan pertimbangan pejabat yang berwenang melaksanakan registrasi kendaraan bermotor.

Meski kadang ada jadwal pemutihan pajak, ada baiknya pemilik kendaraan rutin membayar pajak tahunan.

Sebab, dalam Pasal 74 Ayat 2b diatur jika tidak membayar pajak dan meregistrasi ulang kendaraan selama dua tahun maka status dan dokumennya akan dihapus.

Baca juga: Cara Mengurus Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Secara Online

Artinya, jika tidak membayar pajak dan registrasi ulang kendaraan, maka baik STNK dan BPKB dianggap sudah tidak berlaku. Dalam kata lain, kendaraanmu itu dinyatakan “bodong” karena tidak bersurat.

Manfaat pemutihan pajak kendaraan adalah memberikan keringanan pemiliknya dalam membayar pajak kendaraannya karena terbebas dari denda.

Sementara bagi instansi dan pemerintah sendiri mendorong wajib pajak untuk selalu membayarkan pajak kendaraannya tepat waktu. Pembayaran pajak juga menjadi pemasukan bagi pemerintah.

cara menghitung pajak motor

Jadwal pemutihan pajak kendaraan

Seperti disebut di atas, jadwal pemutihan pajak kendaraan bermotor ini disesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing berdasarkan Peraturan Gubernur.

Baca juga: 6 Langkah Urus Surat Kendaraan dari Rumah Sambil Rebahan

Selama 2021 ini, belum ada jadwal pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk wilayah DKI Jakarta.

Sementara Jawa Barat, baru saja memulai jadwal pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 1 Agustus 2021 hingga 24 Desember 2021 dengan program Triple Untung Plus.

Daerah lain yang juga mengadakan jadwal pemutihan pajak kendaraan bermotor adalah Lampung hingga 30 September 2021 dan Jawa tengah hingga 6 September 2021.

Tapi kalau mau hemat, khususnya bayar pajak tahunan motor, ada nih promo dari layanan Urus Surat Kendaraan Seva.id.

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Motor di STNK, Begini Rumusnya

Urus Surat Kendaraan Seva.id, cara paling mudah urus dan bayar pajak tahunan kendaraan. Kamu di rumah saja, biar Seva.id yang antar jemput dokumennya.

Jasa mulai Rp 75rb dan gratis ongkir, khusus wilayah dan plat Jakarta. Mau?

jadwal pemutihan pajak