Suka Makanan Manis, Apa Bedanya Ice Cream dan Gelato?

By Reka Harnis - June 24, 2020

Ice cream memang selalu menjadi favorit banyak orang. Namun ternyata, ice cream punya kembaran bernama gelato. Berikut ulasannya.

Serupa namun tak sama, kalimat inilah yang bisa menggambarkan ice cream dan gelato. Hal ini karena jika dilihat dari segi rasa dan tekstur keduanya hampir sama. Namun dalam hal bahan, cara pembuatan, dan kandungannya, ice cream dan gelato sebenarnya berbeda. 

Lalu apa saja yang membedakan ice cream dan gelato?

Cara penyajiannya

Keduanya sama-sama disajikan dengan cone, yang membedakan adalah suhu saat disajikannya. Ice cream disajikan pada suhu yang cukup dingin sedangkan gelato tidak disajikan pada pada suhu yang terlalu dingin. 

Hal ini berpengaruh pada tekstur dari keduanya. Ice cream cenderung memiliki tekstur yang ringan dan lembut.

Gelato biasanya disajikan 15 derajat lebih hangat dibandingkan ice cream. Jika ice cream disajikan pada suhu yang sama dengan gelato, maka ice cream akan meleleh dan cenderung sudah mulai mencair. 

Hal yang mirip juga terjadi pada gelato, apabila gelato disajikan pada suhu yang sama dengan ice cream, maka teksturnya akan jadi terlalu keras dan kurang elastis

Baca juga: Alasan Gorengan Digemari Untuk Buka Puasa di Indonesia

Tempat asal

Tahukah kamu kalau kedua makanan manis dan segar ini tidak berasal dari satu negara yang sama? Menurut catatan paling tua yang bisa ditemukan, ice cream sudah mulai dibuat di Tiongkok pada zaman kerajaan kuno dari bahan susu kerbau, tepung, dan es.

Sementara itu, gelato berasal dari Italia. Ada versi yang menyebutkan bahwa gelato pertama kali dibuat di kota Sisilia. Namun versi lain menyebutkan kudapan segar ini pertama kali dibuat di kota Florence.

Berita Terkait

Author