Suka Makanan Manis, Apa Bedanya Ice Cream dan Gelato?

Ice cream memang selalu menjadi favorit banyak orang. Namun ternyata, ice cream punya kembaran bernama gelato. Berikut ulasannya.

Serupa namun tak sama, kalimat inilah yang bisa menggambarkan ice cream dan gelato. Hal ini karena jika dilihat dari segi rasa dan tekstur keduanya hampir sama. Namun dalam hal bahan, cara pembuatan, dan kandungannya, ice cream dan gelato sebenarnya berbeda. 

Lalu apa saja yang membedakan ice cream dan gelato?

Cara penyajiannya

Keduanya sama-sama disajikan dengan cone, yang membedakan adalah suhu saat disajikannya. Ice cream disajikan pada suhu yang cukup dingin sedangkan gelato tidak disajikan pada pada suhu yang terlalu dingin. 

Hal ini berpengaruh pada tekstur dari keduanya. Ice cream cenderung memiliki tekstur yang ringan dan lembut.

Gelato biasanya disajikan 15 derajat lebih hangat dibandingkan ice cream. Jika ice cream disajikan pada suhu yang sama dengan gelato, maka ice cream akan meleleh dan cenderung sudah mulai mencair. 

Hal yang mirip juga terjadi pada gelato, apabila gelato disajikan pada suhu yang sama dengan ice cream, maka teksturnya akan jadi terlalu keras dan kurang elastis

Baca juga: Alasan Gorengan Digemari Untuk Buka Puasa di Indonesia

Tempat asal

Tahukah kamu kalau kedua makanan manis dan segar ini tidak berasal dari satu negara yang sama? Menurut catatan paling tua yang bisa ditemukan, ice cream sudah mulai dibuat di Tiongkok pada zaman kerajaan kuno dari bahan susu kerbau, tepung, dan es.

Sementara itu, gelato berasal dari Italia. Ada versi yang menyebutkan bahwa gelato pertama kali dibuat di kota Sisilia. Namun versi lain menyebutkan kudapan segar ini pertama kali dibuat di kota Florence.

Ketajaman rasa

Jika kamu teliti dan mampu mencermati kedua rasa dari ice cream dan gelato, kamu akan menyadari bahwa rasa ice cream cenderung lebih tajam dari gelato. 

Hal ini dikarenakan proses pembekuan ice cream dengan suhu yang lebih rendah mencapai minus 20 derajat celcius. Sedangkan, gelato hanya membutuhkan minus 10 derajat celcius.

Selain rasa, perbedaan suhu saat pengolahan kedua makanan ini juga berpengaruh terhadap ketahanan. Gelato yang diolah di suhu yang lebih panas yaitu minus 10 derajat celcius akan lebih cepat basi ketimbang ice cream yang mencapai suhu minus 20 derajat celcius.

Baca juga: Asal-Usul Kopi Dalgona yang Populer di Masa Karantina

Bahan Dasar

Keduanya sama-sama berbahan dasar susu, namun terdapat pengolahan dari ice cream dan gelato. Biasanya ice cream dibuat dengan bahan dasar krim susu, gula, kuning telur, dan air. 

Gelato terdiri dari bahan yang lebih bervariasi, yaitu susu, gula, kuning telur, air, dan tambahan kacang-kacangan. Bahkan di beberapa negara Eropa, gelato dapat dibuat dengan campuran gandum. Tapi apapun bahannya, makanan dingin nan manis ini tetap saja selalu menggoda selera.

Kandungan Gizi

Gelato dan ice cream sama-sama mengandung lemak dan gula. Namun, gelato mengandung lebih banyak susu daripada krim, dan gelato umumnya tidak mengandung kuning telur. Sedangkan ice cream mengandung kuning telur, lebih banyak krim, dan lebih sedikit susu.

Dari komponen tersebut, gelato tampak mengandung lemak yang lebih sedikit daripada ice cream. Sementara kandungan lemak pada ice cream cenderung lebih banyak dari gelato. 

Rata-rata ice cream bisa mengandung 14-17 persen lemak. Sedangkan dalam takaran yang sama, gelato mengandung sekitar 8 persen lemak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gelato lebih rendah lemak jenuh dibandingkan ice cream.

Selain lemak, ice cream juga lebih tinggi gula dibandingkan dengan gelato. Sebab ini berkaitan dengan suhu penyajiannya. Suhu yang dingin akan menyamarkan rasa, termasuk rasa manis.

Maka itu, diperlukan pemanis lebih banyak pada ice cream agar rasa manisnya terasa. Sedangkan, gelato tidak membutuhkan gula tambahan sebanyak ice cream untuk menghasilkan rasa manis yang sama. Itulah bedanya ice cream dan gelato dari segi gizinya.

Nah bagaimana? Jadi penasaran ingin membuat gelato dan ice cream ala kamu? Kalau begitu, jangan lupa #NitipBelanja dengan Sejalan, ya.