Search Cars

Tips & Rekomendasi

Sudah Mepet? Ini Tips Aman Menerobos Banjir Bila Terpaksa

Banjir menjadi penghambat bagi pengguna kendaraan. Kalau terpaksa, ini tips aman saat mobil menerobos banjir.

menerobos banjir

Menerobos jalanan yang banjir sangat beresiko untuk mobil. Selain mogok, yang paling parah adalah resiko terjadinya water hammer atau kondisi air masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Kondisi ini dapat menyebabkan mobil mati mendadak karena air yang masuk ke dalam ruang bakar mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston.

Akibatnya fatal, yaitu stang piston bengkok, ring piston rusak, dinding silinder lecet, dan yang paling parah adalah kepala silinder melengkung.

Bahkan, bila banjir sampai merendam ruang mesin, masalah yang sering ditemui adalah rusaknya electronic control unit (ECU) yang merupakan perangkat terpenting dan menjadi “otak” dalam mobil.

Baca juga: Cara Mengurus STNK dan BPKB yang Hilang atau Rusak Karena Banjir

Alat ini memiliki andil yang sangat penting, seperti mengatur pengapian dan menyuplai bahan bakar ke mesin.

Lantas, bila tetap nekat untuk menerobos banjir, apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko kerusakan pada mobil?

Jika terpaksa, berikut 5 tips aman menerobos banjir dengan mobil.

mobil menerobos banjir

Kenali jenis mobil

Kenali dan kuasai jenis mobil yang kamu bawa. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tinggi posisi air intake dan knalpot.

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Misalnya, mobil jenis city car atau sedan tentu memiliki posisi air intake dan knalpot yang lebih rendah ketimbang SUV atau MPV.

Jadi dengan posisi yang lebih rendah tersebut sebaiknya perkirakan dulu ketinggian banjir ya. Bila dirasa tidak memungkinkan, segera cari jalan alternatif.

Gunakan gigi rendah

Saat mobil menerobos banjir, gunakan gigi rendah di posisi 1 atau 2 untuk transmisi manual, atau L untuk transmisi otomatis.

Jika itu jalan satu-satunya dan kamu terpaksa harus menerobos banjir, jaga RPM atau putaran mesin di angka 2.000 rpm dan stabil, serta usahakan agar gas jangan berhenti agar mesin tidak mati.

Memantau keadaan sekitar

Sebelum mobil menerobos banjir, pastikan keadaan di sekitar. Lihat ketinggian air melalui mobil yang sudah menerobos banjir lebih dulu.

Baca juga: Ingat! 8 Komponen Ini Wajib Diperhatikan Usai Mobil Terobos Banjir

Jika mobil di depan adalah Toyota Avanza dan rodanya terendam, berarti ketinggian banjir sekitar 40 sentimeter.

Setelahnya, kamu bisa membandingkan dengan jenis mobil yang sedang dikendarain. Jika mobil berjenis city car, maka kemungkinan besar air akan masuk ke knalpot dan kabin mobil.

Batas aman adalah 30 sentimeter di bawah saringan udara atau air intake, agar air tidak tersedot ke dalam mesin.

mobil menerobos banjir

Waspadai keberadaan lubang

Saat mobil menerobos banjir, kamu juga wajib mewaspadai adanya lubang pada jalan yang bisa mengakibatkan mobil lebih ambles.

Baca juga: Beberapa Tempat Parkir Mobil yang Aman dari Banjir

Jika mobil mati mendadak dan terjadi water hammer, jangan starter ulang kendaraan karena malah akan memperparah kerusakan di komponen dalam ruang bakar.

indikator check engine

Cek komponen mobil

Saat menerobos banjir, tentunya komponen pengereman akan terendam air. Jadi, jangan kaget jika setelah menerobos banjir, rem akan jadi sedikit kurang pakem karena ada lapisan air antara kampas dan cakram.

Solusinya, setelah menemukan area yang aman dan kering, kocok pedal rem hingga memberikan tekanan, lalu maju-mundurkan mobil secara perlahan.

Selain itu, cek juga sistem elektrikal dan sekring, volume oli mesin, air radiator, busi, filter udara, serta kompresor AC.

Baca juga: Kenapa Mobil Bisa Mengambang Saat Terseret Banjir?

Tidak menerobos banjir dan mencari rute lain mungkin menjadi keputusan terbaik ketika berpergian menggunakan mobil saat banjir.

Mobil yang bermasalah akibat menerobos banjir, tentu biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan juga akan jadi jauh lebih mahal.

Tidak hanya itu, mobil bekas banjir memiliki nilai jual yang bisa merosot hingga 50 persen. Rugi, bukan?

Mau beli mobil bekas bebas banjir, cek saja di Pilihan Expert Seva.id. Semua mobil yang ada di Pilihan Expert dipastikan bukan bekas banjir apalagi tabrakan berat.

Baca juga: Apakah Mobil Rusak Akibat Banjir Ditanggung Oleh Asuransi?

Inspektur berpengalaman telah mengeceknya secara menyeluruh untuk memberikan peace of mind pada calon pembeli.

Tunggu apa lagi? Pilihan Expert Seva.id, tempatnya mobil bekas berkualitas!

Pilihan Expert

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.