Sudah Berkeluarga, Pilih SUV atau MPV?

20 April 2018

isuzu mu xPasar otomotif Indonesia belakangan ini diramaikan dengan mobil berkapasitas 7 seater, atau yang biasa dikenal dengan mobil bertipe Multi Purpose Vehicle (MPV). Tetapi, di era ini, mobil tipe Sport Utility Vehicle (SUV) juga sudah banyak yang menerapkan konfigurasi 7 seater demi memuaskan kebutuhan konsumen.

 

Karena konfigurasi tersebut, tentunya membuat bimbang para konsumen untuk menentukan pilihan, apalagi konsumen yang sudah berkeluarga, pastinya ingin mendapatkan mobil yang membuat nyaman dan aman.

 

Walaupun berkonfigurasi sama, kedua jenis mobil ini tentunya memiliki perbedaan. Sebelum menentukan mobil mana yang akan menjadi pilihan Anda, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu kedua tipe mobil tersebut.

 

SUV merupakan mobil yang dapat menerjang segala medan, baik on-road maupun off-road. Selain itu, ground clearance yang dimiliki mobil tipe ini lumayan tinggi dan ditopang oleh suspensi yang kuat serta ban berdimensi lebih besar. Menurut beberapa sumber, SUV merupakan konsep gabungan antara mobil tipe sedan dan jip.

 

Biasanya, mobil SUV memiliki sistem penggerak empat roda (4X4) atau four wheel drive. Tetapi, saat ini juga terdapat mobil SUV yang berpenggerak dua roda seperti sedan karena alasan kenyamanan. Selain itu, sistem penggerak dua roda idealnya juga bisa membuat mobil lebih irit bahan bakar.

 

Beberapa mobil SUV terbaik yang terdapat di Indonesia antara lain adalah Toyota Fortuner, BMW X1, Isuzu MU-X, dan lain-lain.

 

Baca: Deretan Lima Mobil SUV Terbaik Untuk Wanita

 

Sedangkan MPV atau minivan adalah mobil yang pastinya memiliki kapasitas 7 penumpang serta didukung dengan bagasi untuk membawa barang-barang penumpang. Namun, sensasi berkendara MPV sangat berbeda dengan SUV, karena MPV bukan di desain untuk menghadapi segala medan seperti SUV.

 

Mobil-mobil MPV biasanya memiliki konsep dan prioitas utama, yaitu bisa mengangkut penumpang lebih banyak. Mobil  MPV terbaik contohnya adalah Daihatsu Xenia, Toyota Kijang Innova, Toyota Alphard, Isuzu Panther, dan lain-lain.

 

Jadi, SUV atau MPV yang jadi pilihan Anda? Sebenarnya, kedua tipe mobil ini cocok untuk dijadikan mobil keluarga. Namun, cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan sensasi berkendara yang ingin dirasakan.

 

Untuk fitur yang disematkan, kedua jenis mobil ini umumya tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh. Sedangkan harga, pastinya akan sesuai dengan keunggulan-keunggulan mereka masing-masing.

 

Baca juga: Punya Mobil Tetapi Belum Punya Garasi? Ini Tipsnya

 

Khusus untuk SUV, jika Anda ingin memiliki tempat duduk lebih di belakang, silakan pilih yang memiliki konfigurasi 7 seater. Tapi, jika lima tempat duduk sudah mencukupi, juga tidak masalah. Jadi, Anda bisa memiliki bagasi yang lebih luas di belakang.

 

liburan keluargaJangan lupa, semua itu harus Anda coba terlebih dahulu agar mobil yang Anda pilih untuk keluarga dapat membuat nyaman seluruh anggota ketika berada di dalamnya.

SHARE