STNK Kendaraan yang Dibeli Ternyata Diblokir, Bagaimana Solusinya?

By Ferdi Julias - April 9, 2019

  1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Biaya PKB tertera pada STNK kendaraan Anda, jadi biayanya dapat Anda lihat tanpa harus menghitungnya. Umumnya, biaya PKB akan turun jika umur kendaraan Anda sudah lebih dari lima tahun.

  1. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ)

Biaya SWDKLJJ juga dapat Anda lihat pada STNK kendaraan Anda. Untuk biayanya, semua mobil penumpang yang bukan angkutan umum atau mobil pribadi akan dikenakan biaya sebesar Rp 143 ribu.

  1. Biaya Administrasi STNK

Anda juga akan dikenakan biaya administrasi STNK. Untuk roda empat, Anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 50 ribu.

  1. Biaya penerbitan

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri, ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan, yaitu biaya penerbitan STNK sebesar Rp 200 ribu, biaya penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sebesar Rp 100 ribu, dan biaya penerbitan BPKB sebesar Rp 375 ribu.

Setelah semua persyaratan sudah dipenuhi dan STNK yang baru telah terbit, selanjutnya Anda tinggal mengurus BPKB di Polda Metro Jaya dan menunggunya. Prosesnya memakan waktu sekitar 2 minggu atau 10 hari kerja.

Tetapi, bagaimana bila kendaraan yang dibeli tersebut sudah tidak membayar pajak selama 10 tahun atau lebih?

Daftar registrasi kendaraan itu terancam dihapus jika tidak membayar pajak selama 2 tahun setelah habis masa berlaku STNK, yaitu 5 tahun. Jadi, kendaraan itu dapat dikatakan akan ‘bodong’ selamanya.

Aturan ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 dan Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) tahun 2012.

surat tilangUntuk itu, ketika membeli mobil bekas, Anda harus memperhatikan pajak kendaraan tersebut. Jangan sampai kendaraan yang dibeli sudah tidak membayar pajak selama 7 tahun lebih, sehingga tidak diizinkan untuk beroperasional lagi.

Seva.id memiliki fitur Pilihan Expert. Fitur ini adalah mobil bekas berkualitas yang sudah melalui rangkaian inspeksi, mulai dari bodi, mesin, hingga keabsahan dokumen. Jadi jaminan terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan sangat diperhatikan.

Klik tombol di bawah ini untuk melihat produk Pilihan Expert.

Berita Terkait

Author