Spare Part Toyota Land Cruiser FJ40 Akan Kembali Diproduksi

Rayakan perjalanan 70 tahun, Toyota Gazoo Racing mengumumkan akan kembali memproduksi spare part Toyota Land Cruiser FJ40.

spare part Toyota Land Cruiser FJ40

Heritage Parts Project resmi mengumumkan akan memproduksi kembali spare part Toyota Land Cruiser FJ40 yang pernah berjaya di era 60-80an.

Melalui Toyota Gazoo Racing (GR), hal ini bertujuan untuk menghidupkan heritage Toyota.

Seperti yang diketahui, produksi spare part Toyota Land Cruiser FJ40 asli sudah lama berhenti, seiring dengan berhentinya produksi Toyota Land Cruiser FJ40 pada tahun 1984.

Namun, hal tersebut tidak membuat karisma Toyota Land Cruiser FJ40. Justru, mobil tersebut kini menjadi buruan kolektor dan pecinta otomotif.

Baca juga: Evolusi Premium SUV, 70 Tahun Sejarah Toyota Land Cruiser

Malahan, Toyota Land Cruiser FJ40 kerap digunakan untuk menunjang aktivitas wisata di Indonesia.

Jika pernah berkunjung ke kawasan Bromo di Jawa Timur atau mengikuti Lava Tour Merapi di Yogyakarta pasti tidak asing dengan Toyota Land Cruiser FJ40.

Kembalinya produksi spare part Toyota Land Cruiser FJ40 diumumkan pada 1 Agustus 2021 lalu, bertepatan dengan 70 tahun perayaan Toyota Land Cruiser.

Toyota Land Cruiser FJ40

Toyota Gazoo Racing (GR) Heritage Parts Project sudah melakukan survei pendahuluan dengan dealer eksklusif Toyota Land Cruiser dan perwakilan klub penggemar dari seluruh dunia.

Baca juga: Part 2: 70 Tahun Land Cruiser Mengaspal di Indonesia

Hasilnya, spare part Toyota Land Cruiser FJ40 asli akan kembali diproduksi agar pelanggan dapat terus mengendarai mobil legendaris yang jadi bagian sejarah perjalanan Toyota ini.

Pada situs www.toyotagazooracing.com, Toyota GR menyediakan kuisioner yang dapat diisi untuk melakukan request spare part Land Cruiser FJ40.

Nantinya, dari hasil kuisioner akan didapat spare part Toyota Land Cruiser FJ40 apa saja yang menjadi prioritas dan akan diproduksi pertama kali.

Ketersediaan spare part Toyota Land Cruiser FJ40 akan diluncurkan setelah semua persiapan selesai, dengan target peluncuran awal tahun 2022 nanti.

Baca juga: Toyota 2000GT, Mobil JDM Legendaris yang Banyak Diburu

Selain spare part Toyota Land Cruiser FJ40, Toyota GR Heritage Parts Project juga akan memproduksi kembali spare part mobil-mobil legendaris lain, seperti Toyota Supra A70 dan A80, serta Toyota 2000GT.

Toyota Land Cruiser FJ40

Sejarah Toyota Land Cruiser FJ40

Toyota Land Cruiser seri FJ40 diluncurkan pada tahun 1960. Dalam kode bahasa desain Toyota, mobil ini memiliki kode J.

Kode FJ40 artinya adalah Toyota seri J (Land Cruiser) dengan mesin seri F generasi 4 dengan model bodi 0.

Masuknya Toyota Land Cruiser FJ40 ke Indonesia berawal dari rombongan pejabat militer Indonesia yang mengunjungi Jepang pada tahun 1960 dan terpesona dengan mobil ini.

Kala itu, Toyota Land Cruiser FJ40 jadi kendaraan militer Jepang.

Baca juga: Sejarah “Mobil Penculik” yang Melegenda di Indonesia

Akhirnya, Toyota Land Cruiser FJ40 diproduksi di dalam negeri. Pada 1970, PT Gaya Motor (anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk) merakit Toyota mobil di Jalan Sulawesi 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Di Indonesia, Toyota Land Cruiser FJ40 hanya ada versi hardtop tiga pintu. Sementara versi canvas top lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer.

Jadi, ini adalah awal mula kenapa Land Cruiser disebut juga Toyota Hardtop oleh masyarakat Indonesia.

Toyota Land Cruiser FJ40

Hampir tidak ada fitur canggih yang terpasang pada Toyota Land Cruiser FJ40.

Semua fitur masih serba manual tanpa peralatan elektrik yang berpotensi menyusahkan apabila mobil ini sedang diajak menelusuri hutan, off-road, atau terjebak lumpur.

Baca juga: Perbedan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

Sebagai informasi, Toyota Land Cruiser FJ40 yang mulus dan orisinil adalah idaman kolektor pecinta otomotif.

Jadi jangan heran bila harganya di bursa mobil bekas sangat ‘abu-abu’, bahkan dapat mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Buat kamu yang sedang mencari spare part asli Toyota Land Cruiser FJ40, jangan ragu untuk mengisi kuisioner yang sudah disediakan Toyota ya!

Atau malah sekarang kamu sedang mencari mobil baru? Tenang, kamu tinggal klik button di bawah ini dan dapatkan mobil yang sesuai dengan budget kamu.

Cari Mobil Sesuai Budget