Search Cars

Tips & Rekomendasi

Smart Key Mobil Berpotensi Tidak Berfungsi, Coba Antisipasi dengan Cara Ini

Antisipasi smart key mobil yang tidak berfungsi dengan cara berikut ini.

jalur keyless

Smart key mobil atau keyless entry merupakan teknologi yang memungkinkan pengendara untuk membuka serta menyalakan mesin tanpa harus menggunakan anak kunci. Kehadiran keyless juga membuat kendaraan jadi lebih aman.

Tetapi, jangan hanya menikmati kemudahan yang diberikan smart key tanpa melakukan pengecekan, karena dapat menjadi bumerang bagi Anda.

Smart key mobil dapat mengalami gangguan atau kerusakan dan tiba-tiba tidak berfungsi jika tidak dijaga dengan baik.

Jika hal ini terjadi, Anda harus memahami penyebab dan cara menanganinya yang dijelaskan Lebih lanjut di bawah ini.

Gangguan gelombang

Salah satu hal penting yang menunjang kinerja mobil yang keyless adalah gelombang radio.

Biasanya, gelombang tersebut akan terganggu karena beberapa hal, seperti ketika parkir di dekat pemancar radio, parkir di daerah yang terdapat Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler, dan sebagainya.

Baca juga: Sejenis Namun Tak Sama, Apa Bedanya Keyless dan Immobilizer?

Ketika mengalami gangguan gelombang, otomatis smart key mobil Anda seakan mati mendadak dan tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu bingung karena pintu mobil akan tetap bisa dibuka dengan kunci secara manual.

Lalu, untuk menghidupkan mesin, Anda hanya perlu mendekatkan smart key mobil ke tombol start/stop engine sambil menginjak pedal rem sampai lampu indikator berubah menjadi warna hijau.

Tujuannya adalah agar receiver lebih dapat menerima gelombang radio yang dikirim oleh smart key tersebut.

Baterai smart key mobil lemah

smart key keyless

Masalah ini sering terjadi pada sebagian pengendara. Kebanyakan, mereka tidak menyadari ketika baterai smart key sudah lemah dan lama-kelamaan habis.

Hal ini akan menyulitkan pengendara ketika ingin membuka kunci dan menghidupkan mobil.

Biasanya, baterai smart key yang lemah akan ditandai dengan lemah atau redupnya lampu indikator yang terdapat pada smart key. Selain itu, respon yang dihasilkan smart key juga lebih lambat dari sebelumnya.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Keyless Entry

Cara mengatasinya tidak berbeda dengan masalah gangguan gelombang. Walaupun baterai lemah atau habis, rata-rata smart key masih menyimpan sinyal berfrekuensi rendah dan dapat digunakan untuk menyalakan mesin.

Jadi, dekatkan saja smart key ke tombol start/stop engine, sama seperti mengatasi masalah gangguan gelombang.

Baterai smart key dapat berusia sekitar 3 tahun. Untuk itu, setelah sampai di tujuan, ada baiknya segera ganti baterai smart key Anda agar dapat kembali bekerja optimal seperti sebelumnya.

Masalah pada rolling code

Rolling code atau juga disebut dengan hopping code merupakan bagian dari smart key yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio ke tuner mobil.

Rata-rata rolling code memiliki masa aktif sekitar 5 tahun. Jika sudah lewat dari 5 tahun, maka rolling code dapat menjadi salah satu penyebab tidak berfungsinya smart key kendaraan Anda.

Jika hal ini terjadi, jalan keluarnya adalah Anda harus melakukan penggantian rolling code di bengkel resmi.

Terendam air

Dengan sistem smart key, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan anak kunci untuk menghidupkan kendaraan layaknya kunci konvensional.

Cukup letakkan di saku celana saja. Namun, kadang-kadang pengendara lupa untuk mengeluarkan kunci dari saku celananya ketika menggantinya, sehingga smart key terbawa oleh celana sampai dengan saat mencuci.

Baca juga: Penyebab Smart Key Mobil Bermasalah dan Cara Menanganinya

Akibatnya, smart key akan terendam air bersama celana yang dicuci.

Hal tersebut dapat membuat smart key mobil Anda rusak, bahkan mati total sehingga tidak dapat digunakan untuk membuka serta menghidupkan mobil.

Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan kunci darurat yang diberikan oleh pabrikan ketika membeli mobil.

Tetapi, ketika menggunakan kunci darurat untuk membuka pintu mobil, biasanya alarm akan berbunyi.

Cara mengatasinya adalah lepas kabel atau sekring klakson untuk sementara dan segera bawa smart key mobil Anda ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut.

Apabila sudah memahami tindakan apa yang harus dilakukan ketika smart key mengalami masalah, Anda tidak perlu panik lagi ketika itu terjadi.

Untuk itu, selain merawat kondisi kendaraan secara berkala, jangan lupa juga untuk selalu melakukan pengecekan pada smart key mobil Anda ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.