Search Cars

Tips & Rekomendasi

Simple! Cara Mengenali Mobil Bekas yang Jarang Ganti Oli

Berbagai masalah akan timbul pada mobil yang jarang ganti oli. Maka dari itu, saat berburu mobil bekas jangan lupa mengecek kondisi oli. Begini carany

ganti oli

Harga mobil yang relatif tidak murah bagi sebagian orang membuat mobil bekas seringkali dijadikan alternatif bagi yang ingin memiliki kendaraan pribadi.

Terlebih saat ini mobil bekas yang dijual di pasaran cukup bervariasi, mulai dari puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang tersedia.

Meski lebih murah dari mobil baru, membeli mobil bekas perlu ketelitian yang tinggi. Wajib bagi calon pembeli untuk memperhatikan beberapa hal agar tidak salah dalam membeli mobil.

Baca juga:  Merawat Mesin Turbo Mobil, Jaga Kualitas Oli dan Bahan Bakar

Jangan sampai, mobil yang dibeli justru akan menguras kantong karena perlu mengeluarkan dana besar untuk perbaikan dan perawatan.

Mengecek kondisi oli merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat berburu mobil bekas.

Pastikan mobil yang hendak dibeli rutin melakukan penggantian oli mesin. Sebab, jika mobil yang kamu idamkan ternyata jarang ganti oli.

Bagaimana cara mengetahui mobil bekas yang rutin ganti oli?

Cara paling mudah untuk mengetahuinya ialah melalui service record. Data tersebut dapat menunjukkan seberapa rutin penggantian oli dilakukan. Atau, bisa juga dilihat dari dipstick-nya, apakah kotor atau tidak.

Selain itu, agar lebih yakin, untuk mengetahui seberapa rutin sebuah mobil mengganti oli mesinnya bisa dilihat dari kondisi kepala busi.

Bila kepala busi sudah cukup kotor tertutup serbuk hitam karbon bisa jadi tanda oli mesin jarang ganti.

Baca juga: Alasan Performa Mobil Menurun Setelah 5 Tahun Pemakaian

Serbuk karbon bisa muncul karena adanya gesekan dan panas yang berlebihan. Gesekan dan panas dari komponen yang dilumasi oli akan menghasilkan residu karbon Terutama di dinding silinder.

Apalagi bila sudah terlalu banyak gerakan piston mengangkat karbon ke ruang bakar sampai mengotori kepala busi.

Hal tersebut merupakan akibat dari usia pakai oli yang melewati batas sehingga mengalami penurunan fungsi pelumasan.

ganti oli sendiri

Fungsi oli pada mesin mobil

Pada mesin mobil, oli bersirkulasi untuk proses pelumasan pada komponen mesin, karena fungsinya adalah menjaga komponen mesin dari gesekan. Maka dari itu, kondisinya harus selalu bersih.

Lalu, oli mesin mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam melindungi mesin kendaraan anda dari karat.

Kemudian, di sisi lain, oli mesin juga berperan sebagai pembersih mesin kendaraan, mendinginkan mesin yang panas, hingga meningkatkan performa mesin.

Baca juga: Geber Gas Mobil Sebelum Mematikan Mesin, Apa Tujuannya?

Masalah yang timbul akibat jarang ganti oli

Fungsi oli yang sangat vital dapat membuat performa mobil berisiko menurun apabila jarang melakukan penggantian. Berikut beberapa kerusakan yang berpotensi timbul apabila jarang ganti oli.

Mesin cepat panas

Sesuai dengan salah satu fungsinya, yaitu sebagai pendingin mesin, maka jika oli mesin jarang diganti kualitas dan volumenya akan berkurang, sehingga kemampuan untuk mendinginkan mesin pun juga menurun dan membuat mesin akan cepat panas.

Mesin yang overheating berpotensi besar dapat merusak komponen lain hingga berpotensi memunculkan asap dan kebakaran.

membersihkan ruang mesin mobil

 

Komponen cepat rusak

Jika tidak mengganti oli mesin mobil secara berkala akibatnya komponen dalam mesin mobil akan cepat aus karena pelumasnya sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Boros BBM

Mesin yang tadinya bekerja sesuai fungsinya akan bekerja lebih berat ketika pelumasnya kering. Setelah itu, mesin juga akan sering terjadi gesekan beberapa komponennya.

Kinerja mesin yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan yang semestinya dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Nah, bagaimana? Ternyata penting sekali bukan peran oli terhadap mesin? Oleh karena itu, jangan sampai lupa mengecek kondisi oli ya saat berburu mobil bekas.

Bila tidak ingin repot, kamu bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas di Pilihan Expert Seva.id. Semua mobil yang tersedia di Pilihan Expert terjamin kondisinya, karena sudah dicek secara detail oleh teknisi profesional.

Mobil-mobil di Pilihan Expert juga sudah melalui berbagai inspeksi yang menjadikannya sangat layak untuk dimiliki kembali.

Untuk itu, bila ingin memiliki mobil bekas berkualitas, kunjungi Pilihan Expert Seva.id ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.