Simak Tren Lifestyle dan Motor Custom Ini Sebelum Memodifikasi

Dunia custom sepedea motor jadul biasanya identik dengan baju berwarna hitam, jaket kulit, dan sepatu boot. Tapi, seiring dengan perkembangan custom di Indonesia, kesadaran akan kebutuhan berkendara di iklim tropis membuat tren mode para pelaku custom mulai bergeser.

 

Bukan cuma lifestyle-nya aja yang berubah, tapi juga motor custom-nya.

 

Dulu, yang dianggap custom adalah motor yang memiliki kapasitas mesin besar, sedangkan motor dengan kapasitas mesin kecil dianggap motor modifikasi, bukan motor custom. Tapi sekarang, motor custom lebih kepada motor yang sudah menjadi identitas bagi pemiliknya.

 

Kenapa begitu? Yuk ngobrol dengan Lulut Wahyudi, dedengkot custom Indonesia sekaligus penggagas Kustomfest.Apa yang dilihat dari perkembangan fashion para pelaku custom dulu dan sekarang?

 

Perjalanan custom memang mengikuti dunia mode yang mana gaya jaket kulit bertabur paku sudah mulai berganti dengan gaya yang casual, seperti menggunakan flannel, t-shirt, sepatu kets atau sneakers, bahkan gaya rambut yang tadinya gondrong berantakan sekarang ini sudah rapi plus pakai pomade.

 

Apa yang dilihat dari perkembangan custom sekarang dari segi fashion?

 

Sekarang orang riding lebih banyak pakai casual aja, no matter Harley or others. Itu berarti bahwa custom tidak hanya bicara motor atau model motor, tapi juga ke lifestyle.

 

Selain faktor iklim, apa yang membuat tren custom ini berubah?

 

Sebenarnya, style membutuhkan aktualisasi yang kemudian menjadi eksistensi bagi para penggunanya. Bukan hanya di dunia mode, bahkan pergeseran ini sampai ke tempat-tempat nongkrong pelaku custom. Ini adalah sebuah korelasi antara custom dengan mode.

 

Artinya, custom ini meng-influence mode. Dulu, nongkrongnya mungkin di club, tapi sekarang enggak, sudah di coffee shop, jagung bakar, dan tempat terang lainnya yang bisa dilihat. Menurut saya ada pergeseran baru yang positif.

 

Kalau dari segi motornya gimana?

 

Dulu, yang dianggap motor custom adalah motor yang memiliki cc besar, sedangkan motor ber-cc kecil dianggap motor modifikasi, bukan motor custom. Tapi sekarang, perbedaan tersebut bukan sebuah hambatan lagi untuk orang yang ingin membuat motor custom.

Lalu, bagaimana tren motor custom saat ini?

 

Sekarang dunia custom Indonesia bukan hanya di kota-kota besar saja, melainkan sudah menyerbu sampai daerah pelosok nusantara. Sudah sedemikian gila dan bagus, itu di luar ekspektasi saya.

 

Lalu, custom juga sudah jadi bagian dari strategi baru di dunia marketing dengan menjadikan nama jenis motor custom sebagai nama brand. Ini menandakan bahwa custom di Indonesia sudah berkembang pesat sehingga custom menjadi bahasa baru di dunia pop culture.

 

Pendapat Lulut di atas memang benar, pergeseran lifestyle dan motor custom di Indonesia sudah mengacu ke arah yang kekinian. Bukan berarti tren lama dihilangkan, tapi memang lahir sebuah tren baru yang mungkin bisa membuat riders motor custom lebih nyaman dalam berkendara.

 

Jadi, sudah siap memodifikasi motor kesayangan Anda? Jangan lupa sesuaikan dengan lifestyle dan karakter Anda sendiri.