Siapkan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Mobil Secara Kredit

03 September 2019

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli mobil secara kredit. Informasi lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

membeli mobil secara kreditKendaraan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia untuk berpindah tempat. Beberapa orang memilih untuk naik kendaraan umum, sedangkan beberapa yang lain lebih memilih untuk membeli dan menggunakan kendaraan pribadi.

 

Mobil pun menjadi pilihan kendaraan yang sering dicari. Hal tersebut lantaran mobil memiliki beberapa kelebihan, seperti dapat mengangkut orang banyak, memudahkan membawa barang, serta terlindung dari panas atau hujan. Untuk mendapatkan mobil, ada dua cara pembayaran yang sering digunakan, yakni tunai atau kredit.

 

Pilihan pembayaran secara kredit disediakan bagi mereka yang memliki tunjangan atau keperluan lain, sehingga untuk membeli mobil dapat dicicil dan menghindari pengeluaran biaya secara tiba- tiba. Biasanya, orang yang memilih prosedur pembayaran mobil secara kredit sudah memiliki rencana keuangan jangka panjang.

 

Baca juga: Begini Cara Urus Klaim Asuransi Mobil, Ternyata Tidak Sulit

 

Jika ingin membeli mobil, Anda perlu menentukan jenis mobil dan budget. Setelah itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih prosedur pembayaran secara kredit.

 

Cari leasing dan dealer terpercaya

Carilah leasing dan dealer yang dapat dipercaya, jangan ragu datang ke leasing atau dealer untuk sekedar berkonsultasi dan bertanya mengenai penawaran yang mereka berikan. Jika punya rekan atau saudara yang bekerja di lembaga pembiayaan, bertanyalah kepada mereka dan cari informasi sebanyak-banyaknya dari mereka.

 

Perhatikan penawaran yang diberikan

1. Uang muka dan cicilan per bulan

Pengajuan kredit mobil biasanya memiliki syarat untuk membayar uang muka sebesar 20%. Namun, itu tergantung dari lembaga leasing, karena mereka memiliki kebijakan sendiri – sendiri. Semakin besar uang muka yang Anda bayar, maka semakin kecil cicilan Anda perbulan.

 

2. Perhatikan bunga yang ditawarkan

Ketika anda memilih leasing, pilihlah lembaga yang memberikan bunga paling ringan sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Pada dasarnya, ada dua jenis suku bunga. Pertama adalah suku bunga tetap, yakni suku bunga yang jumlahnya tidak berubah selama periode kredit.

 

Baca juga: 6 Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Membeli Mobil Baru

 

Lalu yang kedua adalah suku bunga pasar, yaitu suku bunga yang selalu berubah mengikuti suku bunga pasaran. Jadi, jangan lupa untuk memilih suku bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Pilih jangka waktu kredit

Hitung kembali dan sesuaikan budget yang Anda miliki dengan jangka waktu kredit. Rata-rata, leasing menyediakan pilihan waktu kredit 1-5 tahun. Selain itu, perhatikan juga uang yang perlu anda keluarkan perbulannya, usahakan hal tersebut tidak membuat uang bulanan anda membengkak terlalu besar.

 

Asuransi

Leasing biasanya memberikan penawaran asuransi terhadap kendaraan. Asuransi tersebut bertujuan untuk memberi jaminan dan keamanan kendaraan dari resiko kerusakan atau kecelakaan. Ada dua jenis asuransi yang biasanya ditawarkan, asuransi all risk dan total loss only.

 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan dan Cara Mengurusnya

 

All risk memberikan tanggungan kepada semua kerusakan mobil, sedangkan total loss only hanya menanggung kerusakan mobil lebih dari 70%.

 

Kontrak

Setelah itu, baca dengan seksama kontrak kesepakatan yang diberikan oleh leasing. Jangan sampai kontrak tersebut merugikan anda karena tiap-tiap lembaga pembiayaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

 

Perhatikan setiap proses pengajuan kredit dan jangan ragu untuk berkonsultasi. Hindari kerugian akibat kecerobohan diri sendiri, seperti karena terburu-buru membeli kendaraan secara kredit sehingga membuat Anda menyesal diakhir.

Baca juga: Cara Beli Mobil Era Digital yang Tidak Perlu ke Dealer

 

Atau, bila Anda ingin membeli mobil secara kredit, Anda bisa mengunjungi Seva.id. Berbagai jenis tipe dan model mobil baru tersedia di Seva.id. Jadi, Anda tidak perlu lagi beranjak dari tempat duduk Anda, cukup kunjungi website Seva.id dan pilih mobil yang diinginkan. Mudah kan?

 

Nah, apabila Anda ingin upgrade mobil, jangan lupa untuk mengunjungi Seva.id.

SHARE