Serunya Buka Puasa di Rumah, Bisa Quality Time dan Ibadah Bersama

By Arris Riehady - March 26, 2020

Kalau tidak sempat buka puasa bersama bareng teman, tanpa disadari, buka puasa di rumah juga bisa kamu buat seru lho.

buka puasa di rumah

Buka bersama atau bukber pasti selalu ada saat bulan Ramadan. Selain jadi ajang silaturahmi, serunya lagi, buka puasa bersama ini menjadi ajang pemersatu karena tidak hanya diikuti oleh teman-teman seagama.

 

Bukber bareng teman juga bisa membuat quality time di tengah kesibukan masing-masing. Karena sebuah acara yang sukses adalah acara yang selesai. Walaupun orangnya sedikit, pastikan kamu menikmati waktu tersebut walaupun hanya sebentar.

 

Sayangnya, jika tidak bisa mengadakan bukber karena keadaan, kamu masih bisa lho menyiasatinya dengan buka puasa di rumah. Tetap bukber, namun dengan seluruh anggota keluarga.

 

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Buka Puasa 2020

Tidak ada salahnya juga buka puasa di rumah, kamu bisa punya quality time bersama keluarga.

 

Seperti yang dilansir dari relationshipfoundation.com, quality time rsama keluarga adalah saat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul, saling bercerita satu sama lain tentang apa saja yang mereka rasakan ataupun mereka alami.

 

Nah, momen buka puasa di rumah ini bisa jadi ajang kamu saling bercerita. Misalnya, kamu bisa bercerita tentang puasa serta ibada yang telah dijalani selama satu hari.

 

Pokoknya, buka puasa di rumah dijamin tidak kalah seru dibanding buka bersama di luar bersama teman. Mau tahu kenapa bisa? Ini jawabannya, nomor 5 bikin kamu tersadar!

buka puasa di rumah

  1. Bebas macet

Kamu sering terjebak macet ketika menuju tempat berbuka puasa bersama yang telah ditentukan? Nah, ketika buka puasa di rumah, kamu tidak bakal mengalami hal tersebut.

 

Jangan sampai ketika kamu berniat untuk buka puasa di luar bareng teman dan kejebak macet, yang ada malah nantinya kamu buka puasa di jalan atau di dalam mobil. Malah jadi mubazir kan waktunya.

 

Baca juga: Makanan Ringan yang Cocok untuk Berbuka Puasa di Mobil

Quality Time Sama Keluarga

  1. Ajang kumpul keluarga

Seperti sudah terbilang di atas, buka puasa di rumah adalah saat kamu mendapatkan quality time bersama keluarga.

 

Waktu bersama keluarga adalah hal yang tidak bisa kamu gantikan. Buka puasa di rumah bisa jadi ajang untuk kamu kumpul bersama keluarga di atas satu meja makan.

 

Lainnya, kamu juga bisa membagikan pengalaman seputar puasa pada anggota keluarga lain, seperti jika kamu seorang kepala keluarga atau kakak tertua, bisa menyemangati anak atau adik kecil yang baru mulai belajar puasa selama satu hari penuh.

 

Baca juga: Alasan Gorengan Digemari Untuk Buka Puasa di Indonesia

makan dengan tangan lebih sehat

  1. Makan santai

Saat buka puasa di rumah kamu tidak perlu buru-buru dalam menyantap takjil. Kamu bisa makan dengan santai tanpa khawatir ada orang yang menunggu giliran untuk berbuka puasa juga.

 

Tentu tidak nyaman bukan jika makan dengan terburu-buru, apalagi ini momen buka puasa. Belum lagi kamu akan dipandang sinis oleh orang lain yang menginginkan meja mu untuk buka puasa juga. Makin tidak nyaman!

 

Baca juga: Pilihan Hidangan Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

buka puasa di rumah

  1. Takjil sesuai selera

Sambil menunggu waktu berbuka puasa kamu bisa menyiapkan takjil atau hidangan berbuka sesuai selera. Mulai dari minuman segar, makanan pembuka, hingga makanan berat.

 

Bahkan sambil menunggu berbuka, kamu bisa memasak sendiri takjil bareng keluarga. Dengan masak bersama, kamu pun dapat mengetahui selera dan makanan kegemaran anak, begitu pula sebaiknya. Memasak juga menanamkan sifat gotong royong pada anak.

 

Baca juga: Apa Saja Takjil Favorit untuk Berbuka Puasa? Wajib Dicek

  1. Fokus ibadah

Usai berbuka, jika kamu di rumah, kamu bisa langsung melaksanakan salat magrib. Sesudahnya bisa lanjut menyantap hidangan. Jangan lupa juga untuk salat tarawih ya!

 

Dengan begitu ibada puasa kamu untuk satu hari akan berjalan dengan lengkap, tanpa meninggalkan yang sunah, begitu pula ibadah yang wajib.

 

Bulan Ramadan adalah bulan di mana tiap umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Akan sangat disayangkan bukan jika kamu ketinggalan salat tarawih walau hanya satu kali gara-gara buka di luar.

 

Baca juga: Ramadan Usai, Ini Amalan untuk Menambah Pahala di Bulan Syawal

 

Bagaimana, seru dan banyak manfaat kan kalau kamu buka puasa di rumah?

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!