Search Cars

Travel & Lifestyle

Selalu Waspada, Ini Tips Nyaman Naik Bus untuk Jarak Jauh

Ingin bepergian jauh dengan bus ? Simak dulu tips nyaman naik bus untuk jarak jauh berikut ini!

Bus bisa menjadi salah satu alternatif transportasi umum ketika bepergian, khususnya untuk menjangkau daerah-daerah yang tidak dilalui kereta api atau pesawat.

 

Meski menempuh waktu yang cukup lama dibandingkan transportasi umum lainnya, khususnya ketika musim liburan karena terkena macet, tetapi, bus bisa menjadi alternatif transportasi yang lebih hemat dari segi biaya. 

 

Karena perjalanan bus yang cukup lama, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum perjalanan, berikut tips nyaman naik bus untuk jarak jauh.tips nyaman naik bus

Cari informasi lengkap mengenai bus

Sebelum membeli tiket bus, pastikan kamu mencari informasi mengenai bus yang akan ditumpangi. Pastikan juga untuk mengetahui rute perjalanan yang akan dilewati bus, hingga berapa kali bus akan singgah ke restoran.

 

Untuk memudahkan ke tempat tujuan, kamu juga bisa bertanya pada sopir atau kondektur apakah bus bisa berhenti sebelum terminal atau tujuan akhir.

tips nyaman naik bus

Beli tiket di tempat resmi

Agar terhindar dari calo ataupun penipuan, pastikan kamu membeli tiket bus di pool  resmi ataupun agen resmi yang telah bekerja sama dengan bus, seperti aplikasi Sejalan.

Bawa obat-obatan pribadi

Pastikan kamu membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga jika badan kamu merasa tak enak ketika di jalan.

Berpakaian dengan nyaman

Menggunakan pakaian yang nyaman bisa membantu kamu makin nyaman selama dalam perjalanan. Kamu cukup menggunakan celana serta kaos, dan jangan lupa siapkan jaket kamu jika dirasa tidak kuat dingin.

makan di mobil

Siapkan cemilan serta gadget

Kamu juga bisa membawa cemilan atau makanan untuk mengganjal rasa lapar  ketika di perjalanan.

 

Karena perjalanan dengan bus cenderung panjang, pastikan baterai gadget kamu dalam keadaan penuh ya! Tidak semua bus menyediakanstop kontak untuk mengisi daya baterai gadget, jarena itu, alangkah baiknya kamu siapkan power bank.

tips nyaman naik bus

Hal yang perlu kamu persiapkan sebelum bepergian dengan bus

Gunakan jaket dan kaos kaki. Jika bus kamu menggunakan ac, jangan lupa untuk membawa jaket serta kaos kaki, berjaga-jaga jika kedinginan. Semburan angin AC yang terkadang langsung mengenai badan, bisa membuat kamu rawan masuk angin hingga flu.

Bawa bantal leher. Membawa bantal leher selama perjalanan bisa membuat kamu menjadi lebih nyaman ketika tidur di bus. Kursi bus yang terkadang terlalu tegak serta keras membuat tidur menjadi tak nyaman.

Pisahkan barang bawaan berharga. Setiap bus menyediakan bagasi untuk kamu menaruh barang. Usahakan kamu membawa tas kecil untuk menaruh barang-barang berharga seperti dompet, gadget, dan barang berharga lainnya. Bawa setiap ketika kamu ingin pergi ke toilet, atau ketika singgah di tempat makan.

tips nyaman naik bus

Perjalanan dengan menggunakan bus bisa menjadi alternatif kamu yang ingin bepergian. Buat kamu yang ingin pergi menggunakan Bus, kamu bisa pesan tiketnya di aplikasi Sejalan.

 

Terdapat berbagai bus yang terpercaya tersedia di aplikasi Sejalan, seperti bus Pahala Kencana, Harapan Jaya, dan bus lainnya. Di Sejalan juga tersedia lebih dari 50 rute yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera serta Sulawesi. Yuk, download aplikasi Sejalan di smartphone kamu sekarang.

 

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.