Selain Dikenal Manis, Ini Makanan Pedas Yogyakarta yang Banyak Dicari

Bicara soal makanan pedas, kamu juga bisa menemukannya di Kota Yogyakarta. Meski terkenal dengan gudeg yang manis, kota wisata tersebut menyediakan makanan pedas Yogyakarta yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau, seperti berikut.

Sebagai kota wisata, Yogyakarta tak hanya menawarkan panorama alam dan iklim liburan yang menjanjikan saja. Kota ini pun berhasil membius para wisatawan dan membuat mereka kembali lagi ke tempat ini. Keindahan kota juga budaya yang hidup di sini menjadi bagian yang tak bisa dilupakan saat liburan.

 

Ditambah lagi, Yogyakarta pun turut menyediakan wisata kuliner yang menggoda lidah. Wisatawan yang hadir pun tak segan meluangkan waktu liburannya untuk sekadar hunting makanan enak di sini. Banyak makanan manis, yang menjadi ciri khas makanan Yogyakarta.  Selain itu, makanan yang dijual di sini pun terbilang murah dan mengenyangkan.

 

Sebenarnya tak hanya makanan manis saja yang ada di Yogyakarta. Ada pula makanan pedas Yogyakarta yang menyajikan kuliner enak dan menggiurkan. Bahkan, bagi wisatawan yang menyukai pedas, Jogya menjadi surga kuliner makanan pedas yang patut dikunjungi.

https://www.instagram.com/p/BulmzMHFXcM/

Makanan Pedas Jogja Pertama Oseng Mercon

“Pedas, tetapi gurih dan bikin nagih!” itulah rata-rata pendapat wisatawan usai menyicipi makanan pedas oseng mercon khas Jogya. Oseng Mercon merupakan makanan yang  diproses dengan oseng-oseng bersama cabai, minyak, dan bumbu serta terdiri dari kikil, gajih, kulit, dan tulang muda.

 

Untuk menikmati oseng mercon, kamu bisa memakannya bersama nasi putih dan ditambah dengan kerupuk. Belum lagi bila oseng mercon dan nasi putih yang disediakan dalam keadaan hangat, makan rasa pedas yang ada di oseng mercon akan terasa lebih nikmat dan menggiurkan.

 

Sanggupkah kamu menghabiskan oseng pedas ini? Nah, bagi kamu yang tertarik menikmati makanan ini, kamu bisa berkunjung ke warung Oseng Mercon Bu Narti di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan. Warung ini menyediakan berbagai macam menu makanan, seperti oseng mercon dan makanan lain yang tidak pedas.

https://www.instagram.com/p/BwYg-lCBjvB/

Makanan Pedas Jogja Kedua Ayam Geprek

Tak hanya hits di Jakarta, ayam geprek pun hits dan hadir di Yogyakarta. Menu makanan tersebut juga selalu ramai pengunjung yang datang untuk menikmati makanan pedas di sana.

 

Tak jauh berbeda dengan di Jakarta, ayam geprek di Yogyakarta juga dikenal pedas dan dapat dinikmati bersama aneka lauk lain, seperti telur, tahu, dan tempe. Namun bedanya, di sini kamu bisa memakannya bersama sayur sup atau oseng kacang dan mengukur sendiri cabe rawit yang kamu inginkan.

 

Untuk satu porsi ayam geprek dan nasi dibanderol dengan harga yang cukup murah. Di salah satu warung makan, yakni Warung Ayam Geprek Bu Rum, menjual paket ayam geprek, nasi, dan sayur seharga Rp9.000 saja, lho. Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa mampir ke Warung Bu Rum di Jalan Wulung Lor, ya.

https://www.instagram.com/p/Bnh2nkmgEsv/

Makanan Pedas Jogja Ketiga Sop Merah

Sesuai dengan namanya, sop merah menyajikan ayam suwir dengan kuah berwarna merah cabai. Warna merah kuah sop ini  terbuat dari campuran bubuk cabai dan bumbu rempah. Untuk satu mangkuk sop merah, kamu bisa memilih sendiri isinya, apakah sayuran atau daging ayam saja.

 

Kamu bisa mendapatkan makanan enak ini dengan langsung mampir ke jalan Sisingamangaraja. Satu porsi sop merah di sana dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, lho. Namun jangan lupa, saat kamu membeli sop ini, makanlah bersama satu porsi nasi hangat agar makin lezat dan nikmat.

https://www.instagram.com/p/BEqV9qrIAp4/

Makanan Pedas Jogja Keempat Miyada Mie Ayam Pedas

Bagi kamu pecinta mie ayam, Yogyakarta juga menawarkan varian mie ayam dengan rasa pedas yang bisa bikin kamu ketagihan. Miyada mie ayam pedas berada di Jalan Gambir, Depok, Sleman. Kedai mie ini menghadirkan berbagai macam menu mie, seperti mie naga, mie cokelat, mie wortel, dan mie hijau.

 

Soal varian rasa pedas yang ada di mie ayam ini, kamu tak perlu ragukan lagi. Kamu bisa makan mie ayam dengan varian yang ada, mulai dari pedas banget, yakni level 10 hingga original-tanpa pedas-level 0 yang tidak pakai sambal sama sekali.

 

Selain itu, soal harga yang ditawarkan, miyada mie ayam pedas dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk seporsi mie, kamu hanya perlu membayar Rp6.000 sampai Rp10.000 saja, kok. Cocok buat kantong wisatawan yang liburan dengan low budget nih.

https://www.instagram.com/p/Bio5BHYFney/

Makanan Pedas Jogja Kelima Entok Slenget Kang Tahir

Selain bebek, entok atau mentok adalah itik manila yang merupakan kategori unggas dari spesies bebek. Hanya, daging entok lebih alot daripada bebek. Untuk memasaknya pun memerlukan waktu yang lebih lama agar daging entok melunak sehingga mudah dimakan.

 

Namun, bila entok sudah matang dan diolah dengan bumbu makanan, rasa entok pun akan begitu enak dan nikmat, lho. Salah satunya seperti Entok Slenget Kang Tanir. Kedai entok ini menawarkan cita rasa makanan pedas yang bisa menggoyang lidah. Ada beberapa varian menu entok yang ditawarkan di warung ini, seperti entok rica-rica dengan rasa pedas yang nikmat.

 

Kalau kamu tertarik untuk menyicipi entok pedas, kamu bisa langsung mampir ke warung Entok Slenget Kang Tohir ini. Warung tersebut berada di jalan Pakem-Turi. Jadi, yuk, kita mampir ke sana.

https://www.instagram.com/p/BdWh4gCnZn1/

Makanan Pedas Jogja yang Terakhir Gudeg Mercon

Bila sebagian dari kamu lebih mengenal gudeg dengan makanan yang manis, tetapi berbeda dengan gudeg yang satu ini. Gudeg mercon merupakan makanan khas Yogyakarta yang berbahan dasar nangka muda dan diolah dengan bumbu yang pedas.

 

Contohnya Warung Gudeg Mercon Bu Tina. Warung gudeg ini mempunyai berbagai varian rasa pedas yang bisa membakar lidah. Kamu bisa menyicipi gudeg mercon ini bersama gorengan, telur, ceker, dan sate ayam. Dengan begitu, rasa pedas yang ada pun akan terasa begitu nikmat.

 

Jika kamu tertarik mencoba kamu bisa mampir ke Gudeg Mercon Bu Tina di Jalan Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Warung ini buka dari pukul 20.00—03.00.

 

Pertanyaannya adalah, beranikah kamu menyicipi makanan pedas Yogyakarta tersebut? Jika berani, yuk, mampir ke warung-warung yang Sejalan rekomendasikan itu.