Sejarah Toyota Avanza dari Dulu hingga Sekarang

Sejak awal kemunculannya di Indonesia, MPV ini selalu jadi favorit masyarakat. Tapi kamu sudah tahu belum bagaimana sejarah Toyota Avanza?

sejarah toyota avanza

Percaya atau tidak, ke mana pun kamu pergi, setidaknya ada satu mobil Toyota Avanza yang tertangkap oleh mata. Bagaimana sejarah Toyota Avanza sampai bisa ada di mana-mana seperti sekarang?

Toyota Avanza yang pertama kali mengaspal di tahun 2003 dan berhasil meraih penjualan tertinggi 7 tahun berturut-turut dari 2006 hingga 2012.

Tidak heran kalau mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) ini jadi favorit masyarakat Indonesia. Harganya yang terjangkau, bisa mengangkut 7 penumpang, konsumsi bahan bakar irit, dan mampu menghajar berbagai medan jalan, menjadi salah sedikit alasannya.

Baca juga: Alasan Avanza dan Veloz Lama Tetap Worth It

Selain di Indonesia, Toyota Avanza juga diekspor ke sejumlah negara di kawasan ASEAN, Timur Tengah, hingga Amerika Selatan. Nama Avanza sendiri berasal dari bahasa Italia “Avanzato” yang berarti peningkatan.

Sudah ada dua generasi yang mengaspal di Indonesia. Seperti apa sejarah Toyota Avanza? Simak ulasannya berikut.

sejarah toyota avanza

Generasi pertama Toyota Avanza

Sejarah Toyota Avanza, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 11 Desember 2003 di ajang Gaikindo Auto Expo dan menghadirkan dua pilihan varian, yaitu 1.3 E dan 1.3 G.

Dibekali dengan mesin DOHC 16 katup 1.300 cc (K3-DE) dan hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan saja. Mesin Toyota Avanza saat itu mampu menghasilkan tenaga 83 daya kuda dengan torsi maksimum 116 Nm.

Perbedaan antara varian E dan G terlihat jelas pada fiturnya. Varian terendahnya 1.3 E dirancang dengan fitur yang minim, seperti penggunaan pelek model kaleng 13 inci dan spion yang dioperasikan secara manual.

Baca juga: Fitur Toyota Avanza Terbaru untuk Masyarakat Indonesia

Sedangkan untuk tipe 1.3 G hadir dengan fitur lebih lengkap dengan AC double blower, pelek alloy 14 inci, dan fog lamp.

sejarah toyota avanza

Pada Agustus 2004, Toyota merilis Avanza tipe 1.3 S yang hadir dengan transmisi otomatis 4-percepatan dan mesin berkode K3-VE DOHC 16 katup 1.300 CC yang sudah menggunakan teknologi VVT-i (Variable Valve Timing Intelligence).

Dari segi interior, Toyota Avanza varian S dilengkapi dengan odometer dan tripmeter digital serta tilt steering. Fitur keselamatannya pun sudah ditambah dengan rem ABS (Anti-lock Braking System).

Lanjut sejarah Toyota Avanza, pada tahun 2006, versi facelift perdana mengaspal dengan penyegaran di bagian grille, bumper depan, lampu belakang serta warna interior. Fiturnya pun sudah ditambah sensor parkir belakang.

Varian S pada Toyota Avanza hadir dengan mesin berkode 3SZ-VE dengan pilihan transmisi 1.5 S VVT-i transmisi M/T dan 1.5 S VVT-i transmisi A/T. Di tahun yang sama, varian manual E dan G sudah menggunakan mesin berteknologi VVT-i.

Baca juga: Review Toyota Avanza Transmover, Value for Money Banget!

Pada 2008, Toyota Avanza kembali melakukan penyegaran dari desain foglamp dan ornamen krom di pintu belakang pada varian S dan G, ubahan di bumper dan center mesh bumper, serta roof lining.

Lalu pada November 2009, varian 1.3 G hadir dengan transmisi otomatis. Sementara untuk varian 1.3 E menyusul pada Mei 2010.

sejarah toyota avanza

Generasi kedua Toyota Avanza

Generasi kedua Toyota Avanza, yaitu All New Avanza resmi meluncur pada November 2011 yang hadir dalam varian 1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 G Veloz sebagai varian tertingginya.

Toyota Avanza dengan mesin 1.300 cc kini memakai berkode 1NR-FE yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 95 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 125 Nm pada 4.000 rpm.

Baca juga: Berapa Harga Toyota Avanza Bekas Produksi Tahun 2020?

Sementara varian Veloz menggunakan mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE yang mengeluarkan tenaga maksimum 102 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 144 Nm pada 4.000 rpm.

Dalam sejarah Toyota Avanza, generasi dua ini mengalami perubahan eksterior dari bentuk lampunya yang menjadi segitiga, bumper dengan lekukan lebih tajam, serta grille yang lebih besar dan menyatu antara lampu kanan dan kiri.

avanza bekas

Di tahun 2013, Toyota Avanza mengalami perkembangan di fitur keselamatan dan kenyamanan seperti dual SRS Airbag dan rem ABS serta penyempurnaan level NVH (Noise, Vibration, dan Harshness).

Varian Toyota Avanza Luxury muncul pada Juni 2014 dengan perubahan kecil di eksterior, interior yang lebih mewah, dan perangkat hiburan yang lebih advance.

Lalu, Grand New Avanza dan Grand New Veloz meluncur pada Agustus 2015. Ubahan pada edisi facelift ini mulai menggunakan lampu multi-reflektor, grille, dan juga bumper.

Baca juga: Bisakah Pasang Engine Start/Stop Button di Toyota Avanza?

Dari segi desain tampilan antara Grand New Avanza dan Grand New Veloz dibedakan. Toyota Avanza didesain lebih elegan, sedangkan Toyota Veloz lebih sporty.

Tak banyak perubahan signifikan hingga 2019. Pada Januari 2019, Toyota Avanza dan Toyota Veloz melakukan ubahan di bagian eksterior dengan lampu utama LED yang terbelah dua dan interior menggunakan AC digital.

sejarah toyota avanza

Avanza yang merajai penjualan mobil

Julukan “mobil sejuta umat” dalam sejarah Toyota Avanza bukanlah tanpa alasan. Faktanya, mobil MPV ini telah meraih pencapaian yang fantastis dari sejak diluncurkan.

Dari tahun 2004 hingga Maret 2013, Toyota Avanza meraih pencapaian 1 juta tercepat untuk semua kategori mobil.

Baca juga: Rekomendasi MPV Berkabin Luas Bekas Harga Rp 100 jutaan

Tak sampai di situ, Toyota Avanza menjadi mobil dengan penjualan tertinggi berturut-turut selama 7 tahun. Pertumbuhan penjualannya dari 2004 hingga 2012 mencapai 337 persen.

Atas pencapaiannya tersebut, Toyota Avanza meraih penghargaan Best Mini MPV selama 5 tahun berturut-turut.

Sejarah Toyota Avanza dari dulu hingga kini masih menjadi yang terbaik di kelas MPV. Nah, di tahun ini tepatnya pada 10 November 2021, Toyota Avanza akan kembali menghadirkan facelift.

Baca juga: Harga MPV Murah Favorit Masyarakat Indonesia

Berdasarkan foto bocoran yang beredar, tampaknya akan ada perubahan besar-besar terutama dari segi eksteriornya yang sudah tak tampak lagi seperti Toyota Avanza dan Toyota Veloz sebelumnya.

Penasaran dengan All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz terbaru? Nantikan launching-nya pada 10 November 2021!