Segala yang Perlu Anda Tahu tentang Mobil Hybrid Di Indonesia

13 December 2018

Polusi dari bahan bakar kendaraan bermotor menjadi masalah yang seringkali dihadapi negara-negara di dunia. Untuk mengatasi ini, para produsen mobil pun mulai mencari cara untuk menciptakan mobil yang lebih ramah lingkungan. Hal ini pun mulai membuahkan hasil, karena beberapa tahun belakangan sudah mulai diproduksi mobil yang mengeluarkan gas emisi lebih sedikit dan hemat energi, yang disebut sebagai ‘mobil hybrid’. Perkembangan mobil hybrid di Indonesia sendiri tidak kalah dari negara maju lainnya.

 

Beberapa merek mobil sudah mulai memperkenalkan beberapa seri mobil hybrid untuk pasar Indonesia. Lantas, sebenarnya apakah mobil hybrid tersebut dan apa saja pilihan mobil hybrid yang sudah tersedia di pasaran? Berikut adalah ulasan lengkapnya!

 

  1. Mengenal Mobil Hybrid

Sebenarnya apa itu mobil hybrid? Berdasarkan info yang didapatkan dari beberapa merek mobil terkenal, mobil hybrid sebenarnya merupakan kendaraan roda empat yang memiliki dua sumber energi dengan dua teknologi yang berbeda tertanam di dalamnya. Jika biasanya mobil hanya memiliki satu sumber energi, yaitu bahan bakar minyak, maka di mobil hybrid terdapat tambahan berupa baterai yang menyimpan energi listrik. Komponen ini berguna sebagai sumber energi cadangan ketika bahan bakar utamanya habis. Sehingga, lebih irit dan juga hemat BBM.

 

  1. Teknologi Hybrid Sudah Lama Dikenal

Perlu Anda ketahui, ternyata teknologi hybrid ini bukanlah penemuan baru. Teknologi mesin kendaraan bermotor yang menggunakan dua sumber energi pertama kali ditemukan oleh Ferdinand Porsche pada tahun 1902. Ia menciptakan sebuah mesin yang kala itu dikenal dengan sebutan ‘mixte’. Penerapannya pada mobil komersial sendiri mulai dilakukan pada tahun 1997  oleh salah satu merek mobil yang saat itu pertama diperkenalkan lewat pameran otomotif di Jepang.

 

  1. Manfaat Mobil Hybrid untuk Masyarakat

Kehadiran mobil hybrid di Indonesia bisa menjadi angin segar untuk pasar otomotif Indonesia. Pasalnya, mobil ini tidak hanya lebih hemat energi tetapi juga bisa mengurangi polusi udara hingga 90%. Selain itu, ternyata perawatan mobil ramah lingkungan ini lebih terjangkau, karena tidak membutuhkan servis yang terlampau banyak layaknya mobil konvensional. Walaupun begitu, baterai mobil hybrid memang lebih mahal dibandingkan baterai aki biasa.

 

Hal ini berbanding lurus dengan umurnya, karena umumnya baterai mobil ini memiliki garansi penggantian seumur hidup. Sehingga jika terdapat kerusakan, Anda bisa langsung membawanya ke dealer resmi terdekat. Bisa dibilang, membeli mobil hybrid sama dengan investasi, karena Anda tidak perlu lagi membeli kendaraan roda empat untuk waktu yang lama.

 

  1. Mobil dengan Konsumsi Bahan Bakar Lebih Rendah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mobil hybrid dapat menghemat bahan bakar untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan, konsumsi bahan bakar bisa lebih rendah dua kali lipat dibandingkan dengan mobil konvensional! Selain itu, banyak bengkel juga sudah mengajarkan montirnya dalam perawatan mobil hybrid. Dengan demikian, Anda bisa berhemat bahan bakar dan biaya perawatan sekaligus.

 

  1. Pilihan Mobil Hybrid yang Ada Di Pasaran

Jika Anda tertarik untuk membeli mobil ramah lingkungan ini, kini sudah ada beberapa pilihan mobil dari berbagai merek ternama yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Beberapa di antaranya seperti:

 

 

Itulah tadi serba-serbi tentang mobil hybrid di Indonesia. Besar kemungkinan di masa depan akan semakin banyak lagi mobil hybrid dengan harga yang variatif. Jika Anda ingin jadi yang pertama memiliki mobil masa depan tersebut, beberapa pilihan di atas bisa jadi pilihan menarik untuk dipertimbangkan.

SHARE