Search Cars

Tips & Rekomendasi

Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Jangan salah pilih, yuk kenali dulu mobil bekas banjir agar tidak kecewa saat sudah membeli.

mobil Terobos banjir

Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin memiliki mobil namun belum memiliki cukup dana untuk membeli yang baru.

 

Perlu diingat, saat akan beli mobil bekas banyak hal yang harus dipertimbangkan serta diperhatikan agar tidak kecewa nantinya.

 

Dapat dilihat di sosial media, banyak mobil yang terendam banjir saat musibah ini melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

 

Indikator untuk melihat mobil bekas banjir berbeda-beda. Ada mobil yang hanya terendam sebatas kaki-kaki, lantai, jok, hingga sampai terendam.

 

Baca juga: Apakah Mobil Listrik Akan Tetap Aman Bila Terpaksa Harus Menerobos Hujan dan Banjir?

 

Sebelum Anda membelinya, yuk kenali ciri-ciri mobil bekas banjir berikut ini.

mobil bekas banjirAroma dan noda

Pertama, Anda bisa membedakan dari aroma dan noda. Mobil bekas banjir biasanya memiliki aroma interior yang berbeda. Meski sudah dibersihkan, ada saja aroma apek dan lembab yang tertinggal dan sulit untuk menghilangkannya.

 

“Apalagi bagian interior ini banyak bahan kain dan kulit, walau sudah dikeringkan dan dibersihkan, aromanya tetap berbeda. Terutama yang proses pengeringannya instan dengan menggunakan blower atau kipas misalnya,” kata Abeth N. Sonjaya, Recondition dan Quality Control Head Mobil88.

 

Sementara bagian jok, selain mengeluarkan aroma apek, penjual mobil biasa mengakali noda bekas banjir dengan menutupinya menggunakan sarung jok. Nah, Anda wajib mengeceknya secara detail. Begitu pula dengan bagian door trim.

 

Baca: Ingat! 8 Komponen Ini Wajib Diperhatikan Usai Mobil Terobos Banjir

mobil bekas banjirCek kabel dan panel

Mobil bekas yang pernah terendam banjir sebatas lantai, Anda wajib memeriksa kabel-kabel dan beberapa panel.

 

“Jika melihat kabel di bagian bawah semuanya baru, wajib curiga mobil itu mobil bekas banjir. Di balik panel bisa juga terlihat seperti adanya bekas tanah atau lumpur, karena air banjir akan membawa material itu,” jelas Abeth.

gejala kerusakan knalpot

Karatan

Umumnya, area besi di interior pada mobil tidak dilapis anti karat. Oleh sebab itu, periksa juga bagian bawah karpet dasar. Jika terlihat karat, maka ada indikasi mobil bekas tersebut pernah terendam banjir.

 

Jika mobil bekas banjir terendam sebatas jok, cek baut-baut yang ada. Baut bekas kena banjir akan berkarat.

 

Baca juga: Lakukan Hal Berikut Ini Bila Mobil Terendam Banjir

 

Selain itu, di bawah jok ada plat besi penahan. Kalau masih mulus mobil bekas tersebut aman, jika sudah mulai berkarat dan rata, mungkin mobil bekas itu pernah kebanjiran. Plat tersebut pasti berkarat jika terkena air karena tidak dilapisi anti karat.

mobil bekas banjirElektronik dan mesin

Ada beberapa mobil bekas banjir yang terendam penuh tapi diasuransikan oleh pemiliknya, sehingga begitu dijual seolah tidak terjadi apa-apa.

 

Walaupun begitu, tetap saja ada indikasi bekas banjir yang terlihat. Sudah pasti sistem elektronik dan komputerisasinya banyak yang diganti atau bahkan tidak berfungsi.

 

Di sisi mesin, karet seal atau sambungan banyak yang diganti. Suara dan getarannya juga tidak sehalus mobil yang tidak pernah terendam banjir.

mobil bekas banjirBlower AC

Bila Anda orang yang detail, mungkin hal ini tidak akan terlewatkan ketika mengecek mobil bekas banjir. Memang harus sedikit membongkar, tapi mudah.

 

Baca juga: Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Menerjang Banjir?

 

Caranya yaitu dengan mengecek bagian blower AC. Ini kadang sering luput dari pembersihan karena tempatnya yang agak tersembunyi.

 

Mobil yang bekas terendam banjir, kadang pada blower AC akan tertinggal noda seperti bercak tanah atau lumpur.

mobil bekas banjirCek kaki-kaki dan engsel pintu

Di sisi lain, pada bagian eksterior, indikasi ciri-ciri bekas banjir yang paling terlihat adalah pada bagian kaki-kaki.

 

Suspensi yang pernah terendam banjir kinerjanya sudah tidak sempurna lagi, bisa saja mengeluarkan bunyi berdecit yang terdengar keras. Cara mengeceknya mudah, Anda tinggal menggoyang-goyangkan mobil.

 

Lalu, mobil yang pernah terendam banjir, engsel-engsel pintunya tidak halus, cenderung seret, pada saat dibuka maupun ditutup.

 

Baca juga: 5 Tips Antisipasi Kerusakan Setelah Mobil Terendam Banjir

 

“Namun jika sudah terlanjur membeli dan ternyata mobil bekas tersebut pernah kebanjiran, saran saya segera jual kembali. Karena ongkos untuk memperbaikinya bisa jauh lebih mahal. Mobil bekas banjir itu memiliki nilai jual yang merosot hingga 50 persen. Rugi bukan?” tutup Abeth.

BMW Astra Used Car

Pilihan Expert

Daripada ribet dan tidak ingin tertipu saat beli mobil bekas,  beli saja mobil bekas melalui Pilihan Expert di Seva.id.

 

Pilihan Expert adalah layanan yang menawarkan mobil-mobil bekas dengan kualitas berkelas, karena mobil bekas yang tersedia akan diinspeksi terlebih dahulu oleh inspektor yang sudah berpengalaman.

 

Inspektor akan memeriksa kondisi mobil, mulai dari kondisi fisik, riwayat, keaslian surat-surat, bukti service rutin, dan kelengkapan mobil lainnya.

 

Bukan itu saja, mobil yang tersedia dijamin bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, bukan mobil mutasi dari luar daerah, nomor mesin dan rangka sesuai dengan dokumen kendaraan, dan lain sebagainya.

 

Intinya, seluruh mobil yang tersedia di Pilihan Expert sudah melewati proses inspeksi secara menyeluruh.

 

Baca juga: Testimoni dan Pengalaman Fitra Eri Beli Mobil Bekas di Pilihan Expert

 

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa unit mobil bekas yang akan dijual kembali memiliki kondisi yang prima, baik secara mesin, suspensi, eksterior, dan interior.

 

Jadi, bila ingin mobil bekas berkualitas, segera kunjungi Pilihan Expert di Seva.id yang #BikinKamuSiap #HadapiBanjir.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.