Search Cars

Tips & Rekomendasi Properti

Rumah vs Apartemen, Mana yang Cocok untuk Pasangan Muda?

investasi propertiMembeli hunian atau tempat tinggal yang tepat merupakan suatu kebutuhan jangka panjang, khususnya bagi pasangan muda. Namun, sebagian dari mereka mungkin masih bingung untuk menentukan hunian apa yang dibutuhkan, rumah atau apartemen?

 

Sebelum menentukan dua hunian tersebut, ada baiknya untuk memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu, karena terdapat perbedaan antara rumah dan apartemen yang nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

 

tips membeli rumahRumah

Jika memilih rumah sebagai hunian, Anda akan mendapatkan dua sertifikat kepemilikan, yaitu sertifikat kepemilikan bangunan dan tanah. Ini merupakan keuntungan bagi Anda, karena aset tersebut akan lebih bernilai ketika dijual kembali.

 

Rumah juga merupakan hunian yang sekaligus dapat menjadi investasi, karena semakin lama harganya semakin naik, minimal 10% per tahun. Tapi, harga kenaikan itu harus sesuai dengan kondisi rumah Anda.

 

Keuntungan lainnya adalah rumah lebih leluasa daripada apartemen, karena Anda bebas untuk melakukan renovasi sesuai dengan keinginan asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, semua yang ada di rumah, seperti halaman, taman, garasi, dan sebagainya adalah milik pribadi Anda.

 

Di Indonesia, rumah merupakan properti yang sangat diburu, khususnya oleh masyarakat perkotaan. Kebutuhan akan rumah terus bertambah sedangkan tanah yang tersedia sebagai tempat bangunannya terus berkurang. Ini merupakan salah satu faktor kenapa rumah lebih mudah dijual dibandingkan properti lainnya.

 

Namun, fasilitas yang tersedia di rumah cukup terbatas, tidak seperti tinggal di apartemen yang memanjakan para penghuninya. Lalu, Anda juga harus melakukan perawatan secara pribadi. Artinya, kerusakan bangunan menjadi tanggung jawab Anda yang harus dibereskan sendiri.

 

Apartemen

Selain rumah, properti yang populer di Indonesia adalah apartemen. Salah satu keputusan untuk tinggal di apartemen adalah karena kepraktisannya. Berbeda dengan rumah, perawatan apartemen merupakan tanggung jawab pengelola. Jadi, Anda tidak harus mengurus segala sesuatunya sendiri.

 

Lalu, apartemen cenderung memiliki fasilitas yang lebih lengkap, seperti taman, kolam berenang, cafe, fasilitas olahraga, spa, dan lain-lain. Fasilitas ini bebas digunakan oleh para penghuni apartemen yang ingin bersantai atau berolah raga.

 

Kebanyakan apartemen juga terletak di daerah strategis, seperti dekat dengan pintu tol, terletak di pusat kota, dan lain-lain. Bagi Anda yang sehari-hari memiliki aktifitas padat, khususnya di Ibukota, memiliki apartemen merupakan suatu keuntungan bagi Anda karena dapat menghemat waktu dan biaya.

 

Tetapi, pada saat membeli apartemen, Anda tidak mendapatkan Surat Hak Milik seperti ketika membeli rumah. Anda hanya akan diberikan sertifikat Hak Guna Bangunan dengan jangka waktu 20 tahun.

 

Setelah itu, kehidupan lingkungan di apartemen berbeda dengan lingkungan rumahan. Jika di rumah, Anda dapat bergaul dengan tetangga atau warga setempat. Sedangkan di apartemen, keadaan lingkungannya cenderung individualis, yang membuat pergaulan jadi terbatas.

 

Hal di atas dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda ketika sedang bingung dalam memilih apartemen atau rumah. Sebenarnya, kedua hunian di atas sama-sama menawarkan kelebihan dan kekurangan. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor lainnya, seperti akses, lokasi, surat-surat, dan lain-lain.

 

Jangan terburu-buru untuk membuat keputusan. Ada baiknya untuk berpikir secara matang karena properti merupakan aset yang cukup mahal dan pastinya Anda juga tidak ingin menyesal saat sudah membeli karena tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.