Rincian Biaya Balik Nama Mobil Terbaru serta Cara Mengurusnya

Ketahui syarat dan biaya balik nama mobil serta cara mengurusnya bagi yang baru saja membeli mobil agar urusan perpajakan mobil lebih mudah.

biaya balik nama mobil

Pada saat membeli mobil, penting untuk tahu biaya balik nama mobil serta prosedur mengurusnya. Tujuannya agar STNK dan BPKB berada di bawah nama kamu sendiri sebagai pemiliknya.

Sebab, pada saat membayar pajak kendaraan, salah satu persyaratannya adalah KTP asli pemilik kendaraan yang tercantum dalam STNK. Kalau nama pada KTP tidak sesuai dengan yang ada, tentunya akan sulit mengurus perpajakan mobil dan memperpanjang STNK.

Baca juga: Pajak Kendaraan Berakhir tapi Samsat Tutup, Tetap Ditilang?

Untuk itu, kamu perlu melakukan balik nama kendaraan bermotor. Balik nama kendaraan bisa diurus sendiri dan tidak perlu menggunakan jasa calo.

Berikut biaya balik nama mobil, dokumen persyaratannya serta prosedur mengurusnya.

biaya balik nama mobil

Menghitung biaya balik nama mobil

Perlu diketahui, besaran ongkos administrasi balik nama setiap mobil berbeda-beda, tergantung pada besaran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Lalu, biaya balik nama setiap daerah bervariasi, sebab mengacu pada peraturan masing-masing pemerintah daerah.

Khusus di DKI Jakarta, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2019 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, besaran Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk mobil baru adalah 12,5 persen dari NJKB dan mobil bekas 1 persen dari NJKB.

Baca juga: Cara Cek Keaslian STNK, Periksa Data sampai QR Code

Selain itu, ada pula biaya lain yang harus dibayarkan seperti biaya penerbitan STNK, BPKB,dan TNKB seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Berikut rincian biayanya.

  • Penerbitan STNK baru Rp 200.000
  • Penerbitan TNKB Rp 100.000
  • Penerbitan BPKB baru Rp 375.000

Ada pula biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) sebesar Rp 143.000 dan biaya cek fisik mobil sebesar Rp 25.000. 

Kemudian, terdapat biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang tertera pada STNK. Biasanya biaya PKB turun jika umur kendaraan sudah lebih dari 5 tahun.

biaya balik nama mobil

Cara balik nama STNK mobil

Setelah menghitung kisaran biaya balik nama mobil, selanjutnya adalah menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan untuk balik nama mobil. Dokumen persyaratan yang diperlukan di antaranya:

  • KTP pemilik baru asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Kwitansi pembelian kendaraan yang ditandatangani di atas materai

Baca juga: Cara Cek Keaslian BPKB Mobil Bekas, Mudah dan Praktis

Bawa dokumen tersebut dan datangi kantor Samsat kemudian kunjungi loket cek fisik dan petugas akan memeriksa nomor rangka dan mesin kendaraan. Kemudian kamu akan mendapatkan dokumen cek fisik.

Setelah itu, datangi loket pendaftaran balik nama STNK dan isi formulir. Serahkan fotokopi dokumen ke petugas beserta BPKB asli.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Masa Berlaku STNK yang Mati, Bisa Online

Apabila dokumen sudah lengkap, kamu akan diarahkan ke loket pembayaran untuk membayar tagihan. Lalu, kamu tinggal menunggu panggilan untuk terima bukti bayar.

Petugas akan memberikan tanggal waktu pengambilan. Biasanya, STNK baru akan terbit 2-5 hari kerja. Saat pengambilan, hanya perlu bawa bukti pembayaran tagihan.

biaya balik nama mobil

Cara balik nama BPKB mobil

Balik nama BPKB memiliki prosedur dan persyaratan yang berbeda dengan balik nama STNK. Dokumen yang diperlukan untuk balik nama BPKB adalah fotokopi KTP pemilik baru, fotokopi STNK baru, fotokopi lembar cek fisik, BPKB asli, serta fotokopi kwitansi pembelian.

Berikut tata cara balik nama BPKB:

  1. Datangi kantor Polda dengan membawa dokumen persyaratan
  2. Kemudian ambil nomor antrian dan isi formulir pendaftaran balik nama
  3. Pastikan dokumen persyaratan sudah lengkap dan serahkan ke loket balik nama BPKB
  4. Selanjutnya lakukan pembayaran dan kamu akan mendapat tanda terima bukti BPKB sudah didaftarkan
  5. Datang kembali ke kantor Polda sesuai jadwal pada tanda terima pengambilan BPKB

Baca juga: Menghitung Rincian Biaya STNK Hilang dan Cara Mengurusnya

Jadi, prosedur balik nama kendaraan serta biaya balik nama mobil penting untuk kamu ketahui terutama bagi yang baru saja membeli mobil. 

Jangan sampai melewatkan proses balik nama kendaraan agar lebih mudah dalam mengurus pajak dan dokumen kendaraan nantinya.