Review Motor Trail Honda yang Siap Trabas Medan Terjal

By Arris Riehady - Agustus 5, 2021

Siap trabas jalur off road? Jangan salah tunggangan, nih review deretan motor trail andalan dari Honda yang paling lengkap.

motor trail Honda

Motor trail terkenal akan ketangguhannya melaju di berbagai medan jalan, baik on-road atau off-road di atas tanah licin dan berbatu, atau istilah kerennya sekarang trabas.

Lalu, apa bedanya motor trail dengan motocross? Bila dilihat sekilas memang mirip secara bentuk, namun kegunaannya berbeda.

Seperti tersebut sebelumnya, motor trail dapat melaju di berbagai medan jalan, dan legal karena dilengkapi berbagai perlangkapan sebagai syarat.

Motor trail dilengkapi dengan lampu depan dan belakang, lampu sein, klakson speedometer, spion, dudukan plat nomor, dan kelengkapan lainnya yang memenuhi legalitas berkendara.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Motor Honda Beat, Bisa Jadi Supermoto

Sementara motocross adalah motor khusus yang dibuat serta digunakan dalam lingkungan tertutup seperti sirkuit atau jalur khusus off-road.

Motocross tidak memiliki kelengkapan seperti motor trail sehingga tidak legal digunakan di jalan raya.

motor trail Honda

Umumnya motorcross dibuat dengan embel-embel SE atau Special Engine sesuai dengan kebutuhan, maka dari itu tarikannya lebih powerfull.

Tidak heran bila harga motocross lebih mahal dibanding dengan harga motor trail.

Baca juga: Deretan Motor Honda Terbaru yang Mengaspal di 2021 (Part 1)

Kemudian, ada juga supermoto yang bisa dibilang jadi saudara paling dekat motor trail. Perbedaan motor trail dengan supermoto yang paling mencolok adalah pada area kaki-kaki, khususnya ban.

Bila motor trail menggunakan ban tahu kotak-kotak atau ban multi purpose sesuai kegunaannya untuk melahap berbagai medan jalan, maka supermoto menggunakan ban street atau ban jalan raya seperti motor pada umumnya.

Ukuran velgnya juga lebih kecil. Jadi, supermoto tidak bisa diajak off-road, tetapi unggul di on-road karena memiliki kenyamanan serta postur dan ground clearance yang tinggi selayaknya motor trail.

Baca juga: Deretan Motor Honda Terbaru yang Mengaspal di 2021 (Part 2)

Nah, kalau kamu mau bisa trabas sekaligus digunakan sehari-hari, motor trail adalah jawabannya. Mau punya? Ini deretan motor trail Honda yang siap menemani petualanganmu.

motor trail Honda

Honda CRF150L

Motor trail pertama dari Honda untuk entry level adalah Honda CRF150L. Hadir dengan Take You to Off Fun Ride, motor trail ini unggul  dengan mesin yang nyaman digunakan untuk berkendara di jalan raya dan menaklukan berbagai rintangan.

Honda CRF150L menggendong mesin 150 cc SOHC PGM-FI berperforma tinggi, menghasilkan tenaga maksimum sebesar 9,51 kW (12,91 PS) dan torsi maksimum 12,43 Nm (1,27 kgf.m).

Baca juga: Spesifikasi dan harga Honda PCX 160 yang Baru Mengaspal

Konsumsi bahan bakarnya mencapai 39,3 kilometer per liter melalui metode pengetesan EURO 3 dengan menggunakan metode ECE R40.

Demi menunjang kemampuan trabas, Honda CRF150L dilengkapi dengan suspensi Showa, yakni long travel in verted front fork dengan suspensi inverted terbesar di kelasnya, berukuran diameter pipa 37 milimeter dan panjang stroke 225 milimeter.

Tampilan menjadi semakin gagah dan berkelas dengan penyematan gold color anodize pada tabung suspensi dengan suspension cap berwarna senada body.

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Motor di STNK, Begini Rumusnya

Setelah itu, suspensi belakang dilengkapi dengan sistem Pro-link untuk memberikan jarak main (Travel Axle) 207 milimeter untuk pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi jalan.

Velg menggunakan alumunium wheel yang ringan dan kekuatan optimal, yang dibalut dengan ban depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci dual purpose.

Sistem pengereman dengan model wavy disc brake, depan 240 milimeter dan belakang 220 milimeter, sehingga Honda CRF150L punya pengereman optimal di segala medan.

motor trail Honda

Honda CRF250 RALLY

Mengusung semangat untuk menghadirkan tampilan dan sensasi ketangguhan Honda CRF450 RALLY, Honda CRF250 RALLY kini memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar, akselerasi yang lebih responsif, serta penyematan fitur assist/slipper clutch.

Baca juga: Penyebab Setang Motor Goyang Saat Dikendarai

Honda CRF250 RALLY dibekali dengan desain rangka semi double cradle dan desain cover knalpot serta singwarm model terbaru yang menghasilkan bobot lebih ringan menjadi 152 kilogram.

Sementara itu, suspensi dan ketinggian jok mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan medan off-road.

Sentuhan baru pada instrumen panel digital yang kini lebih besar dan informatif dengan tambahan informasi jumlah rata-rata konsumsi bahan bakar dan posisi transmisi gigi yang sedang digunakan.

Baca juga: Alat dan Aplikasi untuk Touring Biar Komunikasi Lancar Terus

Panel ini juga semakin mudah dibaca pengendara dengan huruf dan angka yang diperbesar menjadi 23 milimeter.

Perubahan desain ikut terasa pada kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar sehingga dapat menampung bahan bakar 12,8 liter dan mampu menjelajah lebih dari 445 kilometer berkat hasil konsumsi bahan bakar 34,8 kilometer per liter.

Bagian kaki-kakinya menggunakan suspensi depan 43 milimeter Inverted Front Fork Showa. Daya pegas dan peredam telah dioptimalkan sesuai dengan karakter Honda CRF250 RALLY untuk menjelajah jarak jauh.

Baca juga: Aliran Modifikasi Motor di Indonesia dan Perbedaannya

Sementara pada bagian ban hadir dengan velg alumunium dengan warna hitam Alumite (dengan ukuran 21 inci bagian depan dan 18 inci bagian belakang) dual purpose.

motor trail

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Ini yang ditunggu! Dari segi sasis, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports mendukung untuk diajak off-road, kenyamanan saat turing, dan kelincahan ketika berkendara harian.

Apalagi motor ini didukung oleh desain jok dan tangki bensin yang ramping. Meski ramping, tangki bensinnya mampu menampung bahan bakar minyak hingga 24,8 liter.

Baca juga: Cara Belajar Naik Motor buat Kamu yang Tidak Bisa Bersepeda

Fitur-fitur canggih tersemat pada Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports.

Mulai dari full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT 6,5 inci dengan informasi lengkap, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.

Layar ini juga didukung koneksi Apple Car Play dan Bluetooth. Kece banget kan?

Lalu, windscreen dapat disesuaikan dengan lima tingkat ketinggian membuat sensasi berkendara semakin nyaman.

Di bagian dapur pacu, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports menggendong mesin baru berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan mampu yang menghasilkan tenaga maksimal 75 kW dan torsi puncak 105 Nm.

Baca juga: Tips Beli Motor Tua Ini Bakal Bikin Amsyongmu Berkurang

Dengan bobot yang kini lebih ringan 5 kilogram dari model sebelumnya, membuat Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports semakin lincah dalam bertualang di medan on-road maupun off-road.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!