Review All-New BMW X3 2018

22 November 2018

Resmi diperkenalkan pada publik pencinta otomotif di Indonesia pada April 2018, All-New BMW X3 siap mengusung misi mempertahankan hegemoni sebagai kendaraan terbaik di kelasnya.

All-New BMW X3

All-New BMW X3 merupakan model kendaraan BMW seri X pertama yang diperkenalkan pada “Year of the X” BMW. Baik BMW Indonesia maupun BMW Astra menyediakan All-New BMW X3 dalam varian BMW X3 xDrive20i Luxury yang diproduksi oleh BMW Production Network 2 PT Gaya Motor.

 

BMW X Series adalah Sport Activity Vehicle (SAV) yang ditujukan bagi masyarakat urban aktif dan gemar berpetualang, tapi tetap mengutamakan kenyamanan serta kemampuan berkendara impresif di medan on-road maupun off-road. On a mission menjadi spirit yang diemban oleh All-New BMW X3 dengan mengimplementasikan karakter sporty dan premium.

 

Lalu bagaimana dengan keunggulan teknologi dan fitur di All-New BMW X3 xDrive20i Luxury ini? Seva.id berkesempatan mencoba All-New BMW X3 ini. Berikut ulasan kami.

All-New BMW X3

Mesin impresif

Tidak salah memang jika All-New BMW X3 xDrive20i Luxury mengemban misi untuk berkendara impresif di medan on-road maupun off-road.

 

Di bawah kap mesin, All-New BMW X3 xDrive20i Luxury dibenamkan mesin 2.0 liter BMW TwinPower Turbo 4-silinder dengan teknologi High Precision Direct injection, Double-Vanos, dan Valvetronic. Didukung transmisi 8-speed Steptronic dengan predictive gear shift dan teknologi penggerak permanen all-wheel-drive BMW xDrive, mesin ini menghasilkan performa 184 hp/290 Nm.

 

Sistem penggerak BMW xDrive yang diusung BMW kini lebih ‘cerdas’ dan mengakomodir beragam kontur jalanan dengan dinamis. Pasalnya kini ia bersinergi dengan teknologi Variable Sport Steering dan Performance Control yang siap mentransfer feedback kemudi lebih baik kala berkendara.

 

Teknologi Driving Experience Control (Sport, Comfort, Eco), Dynamic Stability Control (DSC), Dynamic Traction Control (DTC), dan Hill Descent Control (HDC) kini juga terkoneksi dengan BMW xDrive, sehingga membuat mobil lebih piawai bermanuver dalam kecepatan tinggi, sekaligus lebih aman saat melintasi jalan off-road.

 

Baca: Cek! Ini Fitur-fitur Menyenangkan yang Ada di Mobil BMW

gear shit all new bmw x3

Untuk di dalam kota, Jakarta misalnya, dengan keadaan jalan yang padat dan macet, kami merasa All-New BMW X3 xDrive20i Luxury ini benar-benar memanjakan dan ‘nurut’. Saat jalanan macet, Driving Experience Control tipe Eco sangat cocok untuk digunakan karena tenaganya yang lembut. Sementara saat jalan kosong dan ingin memacu adrenalin, mode Sport adalah jawabannya.

 

Sementara itu, mode Comfort cocok untuk jalanan sedang, atau ketika kita ingin bersantai. Tenaga mesin pun cukup, tidak meledak-ledak seperti mode Sport. Pengaturan Driving Experience Control ini dapat dilakukan melalui tombol individual yang berada di tengah, bersebelahan dengan tuas transmisi dan iDrive Controller.

 

BMW mengklaim bahwa mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 8,3 detik saja. Konsumsi bahan bakar sebanyak 6,6 liter per kilometer terbayar dengan kinerja mesin yang impresif dan memanjakan.

All-New BMW X3

Interior senyaman sedan

Masuk ke dalam kabin, kami disambut dengan Welcome Light Carpet yang berguna saat kurang penerangan dan malam hari. Pada bagian atap pun tersemat panoramic sunroof. Ketika dibuka, kami dapat merasakan kabin yang terkesan lebih luas. Mood di dalam kabin juga bisa diatur berdasarkan ambient light yang tersedia dalam warna hijau, oranye, merah, biru, putih, dan bronze.

 

Dengan varian Luxury Line, untuk pertama kalinya All-New BMW X3 hadir membawa material kulit baru, yaitu Vernasca Leather. Jenis kulit ini memiliki kualitas satu tingkat di atas Dakota Leather yang sebelumnya menjadi material kulit standar pada BMW X3. Di bagian door trim, Vernasca Leather berpadu dengan trim dari kayu oak.

 

Lebih detail soal interior, aura kokpit futuristik khas BMW 5 Series terasa di dalam kokpit All-New BMW X3. Tak heran kami merasa seperti sedang berada di dalam sedan ketika mengendarai BMW X3 xDrive20i Luxury.

interior all new bmw x3

Seperti BMW dengan kode produksi depan G, BMW X3 xDrive20i Luxury juga sudah dilengkapi BMW Display Key yang menjadi kunci mobil utama, sekaligus “pusat informasi” mobil.

 

Baca: Sensasi Teknologi Mobil James Bond dengan BMW Mobile Display Key

 

Sistem iDrive 6.0 juga sudah hadir di All-New BMW X3, dan tersaji di layar monitor 10,25 inci pada konsol tengah, yang bisa dioperasikan melalui voice command, gesture control, iDrive Controller, serta touch control pada layar. Tiap mode Driving Experience akan memberikan tampilan panel instrumen yang berbeda-beda. Monitor ini juga didesain dengan bezel khusus yang elegan.

 

Semua tombol serta pengaturan di mobil ini mudah digapai oleh pengemudi. Selain lingkar kemudi yang bisa diatur untuk tilt dan teleskopik, joknya juga dapat diatur secara elektris dengan hanya menekan tombol-tombol untuk sliding, ketinggian, dan reclining. Jangan lupa ketika Anda melakukan pengaturan, ada baiknya mobil dalam keadaan diam (tidak berjalan) demi alasan keamanan.

 

Panel AC sudah digital dan terdapat di tiga area (triple zone). Jadi pengemudi, penumpang depan, dan penumpang jok belakang dapat mengatur suhu serta hembusan angin sesuai keinginan.

kidney grille dan led lamp all new bmw x3

Eksterior dinamis

Dari generasi pendahulunya — BMW X3 (F25), All-New BMW X3 (G01) memiliki eksterior yang lebih dinamis, tetap terasa kekar layaknya sang pendahulu, tapi dengan sentuhan modern dan desain yang lebih segar.

 

Di area depan kita bisa melihat desain bumper yang kokoh dan maskulin dengan desain Kidney Grille yang berdimensi lebih besar, serta BMW icon Adaptive LED twin circular headlights dengan selective beam. Lampu ini akan ikut berbelok sesuai dengan belokan pada lingkar kemudi. Di bagian bawah bumper pun bercokol LED fog lamp. Sementara di area bawah kini tersemat velg light alloy double spoke style 696 berdimensi 19 inci yang lebih elegan.

 

All-New BMW X3 lebih ‘berotot’ dengan ukuran 51 mm (4708 mm) lebih panjang, 10 mm (2138 mm) lebih lebar, dan 15mm (1676 mm) lebih tinggi. Dengan wheelbase memanjang 54 mm, overhang pendek, serta bobot yang 55kg lebih ringan berkat BMW Efficient Lightweight, menjadikan All-New BMW X3 semakin asyik untuk diajak bermanuver dengan tingkat kedinamisan yang lebih baik.

All-New BMW X3

Bagi yang gemar bepergian, bagasi SAV ini dapat memuat barang bawaan hingga 550 liter. Jika masih kurang, jok belakang dapat dilipat dengan konfigurasi 40:20:40. Saat terlipat, semua kapasitas bagasi meningkat jadi 1.600 liter.

 

Jika tangan penuh membawa barang, cara buka bagasinya juga mudah, cukup lambaikan kaki ke bawah bumper, maka pintu bagasi akan terbuka secara otomatis dan elektris.

 

Sistem Keamanan

All-New BMW X3 xDrive20i Luxury turut mengedepankan sisi keselamatan lewat sinergi teknologi Dynamic Stability Control (DSC), termasuk Dynamic Traction Control (DTC), Anti-Lock Braking System (ABS), Cornering Brake Control (CBC), Hill Descent Control, ISOFIX, serta BMW xDrive all-wheel drive system.

kabin depan all new bmw x3

Harga BMW X3 xDrive20i Luxury

Last but not least, bicara soal harga. Untuk bisa memiliki SAV termutakhir di keluarga BMW saat ini, Anda bisa menebusnya dengan harga Rp1.126.000.000 (harga on the road Jakarta).

Selayaknya produk BMW di Indonesia, All-New BMW X3 xDrive20i Luxury sudah dilengkapi dengan BMW Service Inclusive 5 tahun atau 60.000 km (tergantung mana yang lebih dulu) dan garansi 36 bulan tanpa batasan kilometer. Ban juga dilindungi BMW Group Tire Coverage selama tiga tahun, mencakup penggantian 100% empat ban per tahun, termasuk biaya ban dan tenaga kerja. Perlindungan ini meliputi kerusakan ban yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek.

 

Baca: Extended Warranty BMW yang Bikin Hati Makin Tenang

 

Akhir kata, kami sangat menikmati teknologi dan fitur dari All-New BMW X3 xDrive20i Luxury. Apakah Anda ingin memilikinya?

lihat produk bmw x3

SHARE