Search Cars

Otomotif

Rest Area dan Beragam Kebijakan Mudik Lebaran 2019 Lewat Tol Trans Jawa

Menjelang mudik lebaran 2019 yang akan berlangsung, pemerintah sudah menyiapkan berbagai hal, termasuk skenario arus mudik lebaran seperti berikut ini.

Mudik lebaran 2019 diharapkan dapat berjalan lancar. Pemerintah menyakini  hal itu agar para pemudik yang hendak pulang kampung dapat menikmati perjalanan mudiknya dengan aman dan nyaman.

 

Sejurus dengan harapan itu, pemerintah pun gencar melakukan berbagai perbaikan di setiap ruas jalan, menambah sarana pelayanan, dan menghadirkan rute alternatif perjalanan, termaksud penggunaan jalan tol.

 

Lantaran hal itu, salah satu out put nyata atas keinginan tersebut, semua proyek tol Trans Jawa pun resmi dioperasikan untuk mudik 2019 mendatang. Tol sepanjang 1,167 km ini disebut dapat mengalirkan ribuan unit kendaraan para perantau dari Jabodetabek.

 

Menteri Perhubungan, Budi Karya, pun memastikan hal itu agar kiranya masyarakat tidak perlu khawatir terkena macet saat melalui tol alternatif cepat itu, yang diprediksi bakal menjadi jalur utama pemudik.

Sistem one way di beberapa titik

Pemberlakuan siste one way pun diberlakukan oleh pemerintah di beberapa titik, yakni tol Jakarta-Cikampek dan jalan tol Cipali.

 

Baca juga: Kenapa Ada Sistem Ganjil Genap? Ini Alasannya

 

Dikutip dari Kumparan.com, penerapan sistem one way yang ditetapkan itu akan dilakukan mulai pada hari Rabu (29/5) hingga menjelang puncak mudik pada Minggu (2/6) nanti. Penerapan itu akan dilakukan dari Cikarang Utama sampai KM 263 Brebes Timur.

 

Namun, untuk perjalanan arus balik sendiri pun tak akan ada perbedaan. Penerapan sistem one way itu akan diberlakukan pada Jumat—Minggu (7—9 Juni 2019) dari KM 263 Brebes sampai KM 60 Cikampek pukul 12.00 sampai 24.00 WIB.  Sedang, bagi Anda yang melalui jalur Cikampek menuju Cirebon, Anda akan dialihkan ke jalur Pantura.

Pemindahan gerbang tol (GT) Cikarang Utama

Lalu, sebagaimana diketahui bahwa jalur tol Cikarang Utama selalu menjadi titik kemacetan lalu lintas di jalur tol Trans Jawa, pada arus mudik lebaran tahun ini, pemerintah pun melalukan pemindahan GT Cikarang Utama ke KM 70 gerbang tol Cikampek dan KM 67 gerbang tol Kalihurip Utama.

 

Nantinya, dengan pemindahan gerbang tol yang diberlakukan itu dapat membuat arus lalu lintas berjalan lancar sehingga Anda pun tidak akan terkena macet akibat arus mudik yang terbilang padat.

Tarif tol Trans Jawa

Lebih lanjut, tol Trans Jawa yang dikatakan sebagai tol Trans Jawa favorit saat mudik 2019 ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau bagi Anda yang menginginkan perjalanan via darat yang lebih cepat.

 

Sebagai contoh, bagi Anda yang ingin pergi ke Surabaya melalui tol Trans Jawa, Anda akan dikenai tarif perjalanan sekitar Rp675.500. Tarif ini resmi diberlakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Jumat(5/10) lalu.

 

Baca juga: Emang Bisa Menghemat Biaya Mudik?

 

Dengan tarif yang sudah dicanangkan itu, Anda juga akan menempuh perjalanan sepanjang 589,5 km dari Jakarta menuju Surabaya. Lantaran itu, kira-kira berapakah bahan yang dibutuhkan?

 

Semisal bila Anda mudik dengan menggunakan mobil Toyota Avanza ke Surabaya melalui tol Trans Jawa, Anda membutuhkan sekitar 130 liter bahan bakar untuk melajukan mobil Anda menuju tempat tujuan tersebut.

Rest area yang dibangun

Sementara itu, guna memudahkan perjalanan mudik Anda, di sepanjang ruas tol Trans Jawa pun dibangun sekitar 25 titik peristirahatan, di antaranya di sepanjang jalur tol Trans Jawa Cilegon, Karawang, Brebes, Kendal, hingga Probolinggo.

 

Titik peristirahatan itu terdiri dari pos peristirahatan dan palayanan yang akan melayani pembelian SPBU, area parkir, rumah makan, toilet, masjid, dan posko kesehatan serta area top up uang. Lalu, ada juga pos khusus peristirahatan saja yang terdiri dari area layanan parkir, rumah makan, toilet, masjid, posko kesehatan, BBM portable, dan tempat top up uang elektoronik pula.

 

Baca juga: Mengintip Fasilitas Mudik di Tol Trans Jawa

 

Terkait rest area tol Trans Jawa di atas, ada pula rest area Resta Pendopo 456 yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat. Rest area ini hadir di sepanjang jalur tol Tangerang-Marek, Cikampek-Palimanan, dan Semarang-Solo.

 

Resta Pendopo 456 tersebut menyediakan tempat wisata kuliner nomor satu di sepanjang tol Trans Jawa yang diisi oleh UMKM Nasional.

 

Karenanya, agar mudik Anda semakin aman dan lancar, Anda perlu memerhatikan skenario arus mudik yang telah diberlakukan di atas. Namun, untuk memastikan keselamatan Anda dan keluarga, jangan lupa untuk mengedepankan safety driving saat mengemudi dengan beristirahat di rest area yang sudah disediakan, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.