Search Cars

Otomotif

Resmi Mendapat Izin IIMS 2021 Siap Digelar 18-28 Februari

Banyak event otomotif yang ditunda pada tahun ini, namun setelah resmi kantongi izin, IIMS 2021 siap digelar. Begini detailnya.

mobil baru di IIMS 2019

Upaya preventif terhadap penularan virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan oleh berbagai pihak. Beberapa di antaranya adalah dengan menunda acara besar, tak terkecuali event otomotif, yang salah satunya Indonesia International Motor Show (IIMS).

Rencananya, IIMS 2020 diagendakan akan berlangsung pada 9-19 April 2020, namun gelaran tersebut terpaksa ditunda akibat Covid-19 yang semakin memburuk baik di Indonesia maupun global.

Namun, Dyandra Promosindo sebegai penyelenggara baru saja mengumumkan kabar baik soal pelaksanaan event otomotif ini.

Baca juga: Ada Kawasan Low Emission Zone di Jakarta, Apa Itu? 

IIMS 2021 akan digelar pada 18 hingga 28 Februari 2021 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Sesuai yang dituangkan dalam Surat Keputusan Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata, pelaksanaan acara ini tentu tak lepas dari protokol kesehatan yang ketat dan berstandar tinggi.

Hal ini juga sejalan dengan perjuangan pengelola JIExpo yang berhasil mendapatkan Surat Keputusan (SK) sebagai venue convention dan exhibition berstandar internasional di Jakarta. Ini artinya, JIExpo telah resmi mengantongi izin untuk melaksanakan pameran dengan ketentuan ketat. 

Hal ini dituangkan dalam Surat Keputusan Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata di masa PSBB Transisi Bagi Kegiatan Pameran yang dikeluarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, nomor 526 tahun 2020.

Untuk mendapatkan Surat Keputusan tersebut, tentu bukan hal yang mudah. Pemerintah memiliki kewenangan untuk menetapkan standar tinggi terhadap pengelola venue. 

Baca juga: Kenali Perbedaan Fasilitas Rest Area Tipe A, B, dan C

Dalam hal ini JIExpo Kemayoran dinyatakan memenuhi syarat dalam proses persiapan, inspeksi hingga tahap simulasi faktual dalam penerapan protokol kesehatan lengkap, berlapis dan komprehensif. 

Beragam fasilitas protokol kesehatan pun disiapkan, mulai dari ambulans, ruang isolasi, disinfectant chamber, alat screening suhu tubuh yang telah terkalibrasi, ruang P3K, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan, media informasi dan rambu-rambu terkait penerapan protokol kesehatan, SOP dan Satgas Covid-19.

Meski sudah mengantongi Surat Keputusan, Dyandra Promosindo tetap berkomitmen untuk memperkuat dan mempertebal protokol kesehatan dalam hubungannya interaksi manusia, meliputi konstruksi booth, pembatasan jumlah pengunjung (crowd control), dan pembatasan acara pendukung agar memastikan tidak akan terjadi kerumunan orang di luar ketentuan.

Baca juga: Event yang Harus Dikunjungi Saat Ingin Beli Mobil Bekas Berkualitas

Dengan banyaknya pameran yang beralih ke arah digital, IIMS 2021 nantinya juga akan hadir dalam bentuk hybrid atau penggabungan antara kegiatan offline dengan pengunjung yang terkontrol dan juga secara virtual, termasuk fasilitas transaksi online.

iims 2020

Sebagai bentuk antisipasi jika terjadi kondisi di luar kendali lantaran pandemi Covid-19, Dyandra Promosindo dan JIExpo juga telah menyiapkan jadwal cadangan untuk IIMS 2021, yaitu pada 18–28 Maret 2021 dan 15–25 April 2021 demi memastikan IIMS 2021 tetap berjalan.

Tak hanya itu, jadwal cadangan tersebut juga ditujukan agar calon peserta pameran IIMS 2021 memiliki rencana jelas jika harus mempersiapkan konstruksi, konsep kendaraan display, salesman, program acara, SPG, mobilisasi tim hingga budgeting.

Pihak Dyandra Promosindo juga menyatakan, IIMS 2021 tak lagi memprioritaskan seberapa besar jumlah pengunjung. Tapi bagaimana awareness dan product knowledge tersampaikan pada target market masing-masing. Dan tentunya memenuhi Key Performance Indicator (KPI) jumlah produk terjual.

Baca juga: Daftar Event Otomotif di Indonesia yang Batal karena Virus Corona

Sebelumnya, Dyandra Promosindo sudah melaksanakan event otomotif secara hybrid, sesuai tuntutan era New Normal, yakni dengan menggabungkan antara kegiatan offline dan online melalui IIMS Motobike Hybrid Show. 

IIMS Motobike Hybrid Show sendiri sukses diselenggarakan selama 10 hari di MotoVillage, awal Desember 2020. Semoga nantinya IIMS 2021 benar akan terlaksana tanpa hambatan untuk mengobati kerinduan para pecinta otomotif di Indonesia. 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.