Rem Blong! Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

By Ferdi Julias - Mei 31, 2018

cara mengerem mobilKondisi mobil yang prima adalah hal wajib dalam berkendara, apalagi jika ingin berkendara jauh, seperti mudik. Mobil harus dicek terlebih dahulu ke bengkel resmi untuk memastikan bahwa mobil siap untuk dipacu ke kampung halaman.

 

Periksa seluruh bagian mobil, mulai dari mesin, kelistrikan, sampai kaki-kaki. Jangan lupa periksa bagian rem, seperti selang minyak rem, piston, tabung minyak rem, dan lain-lain. Jangan sampai ada kekurangan karena dapat mengganggu kinerja rem, bahkan dapat membuat rem mobil blong.

 

Ketika mengalami rem blong, mobil kehilangan kendali sehingga berbahaya bagi pengendara dan penumpang, bahkan dapat menimbulkan kecelakaan yang serius karena sistem pengereman tidak berfungsi. Jika itu terjadi pada mobil Anda, lebih baik jangan dulu panik. Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

 

1. Jangan lagi menginjak pedal gas

Hal pertama yang pastinya harus dilakukan adalah jangan lagi menginjak pedal gas dengan alasan apapun karena mobil sudah meluncur tanpa harus menginjak gas. Pastikan kaki Anda jauh dari pedal gas untuk menghindari faktor ketidaksengajaan atau reflek.

 

2. Kocok pedal rem

Salah satu alasan terjadinya rem blong adalah terdapat penyumbatan di selang minyak rem yang disebabkan oleh kotoran sehingga mengganggu mekanisme pengereman dan menyebabkan rem blong. Untuk itu, jika rem Anda mengalami rem blong, segera kocok pedal rem Anda untuk memastikan bahwa rem blong tersebut hanya terjadi sementara atau memang terjadi kerusakan total pada rem.

 

Jika hanya terjadi sementara, rem akan berfungsi kembali setelah dikocok. Tetapi, jika mobil tetap meluncur bebas, berarti memang terjadi kerusakan total pada mekanisme rem Anda.

3. Tetap nyalakan mesin mobil

Untuk menangani mobil Anda yang meluncur bebas, sebaiknya tetap nyalakan mobil Anda agar sistem-sistem penting seperti power steering tetap hidup dan dapat membantu Anda untuk menghentikan laju mobil.

 

Jangan lupa tetap waspada dengan melihat spion kanan dan kiri untuk memastikan Anda di dalam posisi aman dan siap untuk menepi ke pinggir jalan.

 

4. Lakukan engine break

Setelah itu, saatnya Anda melakukan langkah selanjutnya, yaitu turunkan gigi secara bertahap, dari posisi awal ke posisi terendah. Misalnya, pada awal terjadinya rem blong Anda sedang di posisi gigi 5. Turunkan gigi secara bertahap, dari 5, 4, 3, 2, 1.

 

Jangan langsung menurunkan posisi gigi 5 ke gigi 1 karena dapat membuat Anda kehilangan kendali. Tetapi, bagaimana jika mobil Anda bertransmisi otomatis? Tekniknya sama, yaitu turunkan transmisi ke posisi terendah, yaitu ke posisi L.

 

5. Gunakan bantuan rem tangan

Melakukan engine break dengan menurunkan gigi secara bertahap biasanya belum cukup untuk membuat kendaraan Anda benar-benar berhenti. Cara selanjutnya adalah menggunakan bantuan rem tangan.

 

Tetapi, hati-hati dalam menarik tuasnya. Imbangi kecepatan mobil dengan daya pengereman, jangan menarik rem tangan secara langsung. Sama dengan menurunkan transmisi, lakukan secara perlahan. Menggunakan rem tangan secara langsung dapat membuat mobil Anda kehilangan kendali dan dapat berpotensi terbalik.

 

Tarik dan turunkan tuas rem tangan berkali-kali dengan mengimbangi kecepatan mobil sambil mengarahkan mobil Anda ke pinggir jalan. Jangan lupa, tetap tekan tombol rem tangan jangan sampai terlepas.

 

tips mengatasi kecelakaan di tol6. Benturkan mobil

Jika dengan cara di atas mobil belum dapat berhenti, lakukan langkah terakhir, yaitu dengan membenturkan mobil Anda dengan benda yang aman, seperti pagar kayu atau semacamnya. Atau arahkan mobil Anda ke dalam lumpur, pasir, air, dan sebagainya yang dapat membantu menghentikan mobil Anda.

 

Langkah-langkah tersebut tentunya harus dilakukan secara hati-hati, jangan sampai mencelakai diri sendiri dan orang lain. Tetapi, yang lebih baik adalah mencegah hal tersebut terjadi dengan melakukan servis secara rutin di bengkel resmi untuk memastikan kondisi kendaraan Anda siap untuk berkendara jauh.

 

Jadi, jangan lupa untuk selalu merawat mobil Anda tepat waktu agar kondisi mobil tetap prima dan siap menempuh perjalanan jauh.

Berita Terkait

Author