Rekomendasi Ukuran Velg Sedan yang Bikin Tampilannya Kece

Mau bikin tampilan lebih kece? Ini rekomendasi ukuran velg sedan buat kamu yang ingin memodifikasinya.

rekomendasi ukuran velg sedan

Banyak cara ditempuh bagi para pecinta mobil sedan untuk mengubah tampilan tunggangan mereka agar terlihat lebih kece, salah satunya dengan mengganti velg.

Sebelum memodifikasinya, lebih baik ketahui terlebih dulu rekomendasi ukuran velg sedan kamu. Setelah itu, tentukan fitment-nya, seperti diameter, lebar, dan desain velg.

Kamu juga harus memperhatikan centerbore, offset, dan berakhir dengan apakah kombinasi sejumlah elemen tersebut akan membuat velg nyaman dipakai, dan tentunya membuat tampilan mobil sedan kamu berbeda dari yang lain.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Pelek Mobil Agar Tetap Kinclong Infografis

Centerbore merupakan lubang atau lingkaran yang berada di tengah-tengah lubang baut velg. Centerbore berfungsi untuk menahan velg agar tetap berada di tengah-tengah roda.

Offset juga memiliki peranan penting dalam memilih dan memasang velg yang akan kamu gunakan demi mendapat fitment velg yang diinginkan.

Offset atau biasa disebut dengan ‘ET’ merupakan sebutan lain untuk seberapa besar permukaan tengah velg menjorok ke dalam atau ke luar.

Angka offset velg mobil

Apabila angka offset velg positif, artinya posisi penampang tengah velg cenderung ke sisi luar velg. Sebaliknya, jika offset negatif, berarti posisi penampang tengah velg cenderung menjorok ke bagian dalam.

Apabila nol, maka posisi lubang velg berada tepat pada garis tengah velg.

Mengganti kaki-kaki alias velg bawaan pabrik dengan velg aftermarket dianggap mampu mengubah tampilan sedan dengan cepat.

Tetapi, pada kenyataannya, mengganti velg mobil tidak bisa dikatakan mudah. Kamu harus menghitung PCD (Pitch Circle Diametre) hingga menentukan merek dari velg tersebut.

PCD adalah ukuran yang berkaitan dengan diameter pola baut roda. Contoh, PCD 4×100, maka angka pertama mewakili jumlah lubang baut yang cocok.

Kemudian, angka selanjutnya adalah seberapa jauh jarak antara satu lubang dengan lubang lainnya, yaitu 100 milimeter.

Biasanya, yang menjadi rekomendasi ukuran velg sedan adalah maksimal naik dua ukuran. Misalnya, jika sebelumnya kamu menggunakan ring 16 inci, diganti dengan velg yang lebih besar ukuran 18 inci.

Tetapi perlu diingat, saat mengganti ukuran velg mobil sedan ke yang lebih besar, ada rumus yang harus diperhatikan demi kenyamanan dan kemanan kamu saat berkendara.

Cek diameter ban yang akan kamu gunakan

Rekomendasi ukuran velg sedan tidak lepas dari diameter luar ban atau outside diameter yang akan digunakan. Ini penting untuk menjadi perhatian kamu, apalagi bila ingin mengganti velg ke ukuran yang lebih besar.

Pasalnya, diameter luar ban sebisa mungkin harus tetap sama walaupun ukuran velg diubah menjadi lebih besar. Jadi, saat kamu mengganti velg, kamu harus memperhatikan ukuran ban yang akan digunakan.

Cek rasio ban

Mengecek aspek rasio atau tebal-tipisnya ban juga tidak kalah penting saat mengganti velg sedan kamu ke ukuran yang lebih besar.

Perhitungan aspek rasio diambil dari ukuran antara sisi ban, lalu bandingkan bagian dalam ban (section width) dengan tinggi tapak ban ke dasar ban yang memegang velg (section height).

Contohnya, ban dengan ukuran 225/35R19. “225” adalah ukuran antara sisi ban (section width), sedangkan aspek rasio ada pada angka “35”. Makin kecil angka atau nominal aspek rasionya, maka ban akan semakin tipis, dan begitu sebaliknya.

Perhatikan kenyamanan saat mengubah ukuran velg

Ketika kamu ingin mengubah ukuran velg sedan kamu ke ukuran yang lebih besar, kamu harus menggunakan ban yang memiliki aspek rasio sesuai dengan ukuran pelek.

Baca Juga: Hati-hati Velg Replika Ini Cara Mudah Membedakannya

Mengapa demikian? Karena hal ini tentu berhubungan langsung dengan kenyamanan mobil saat diajak jalan.

Maka dari itu, sebelum melakukan modifikasi, ada baiknya untuk meminta rekomendasi ukuran pelek sedan kamu terlebih dulu ke mekanik profesional.

 

Rekomendasi ukuran velg sedan, jangan naik lebih dari 2 inci

Demi kenyamanan dan keselamatan kaki-kaki, rekomendasi ukuran velg sedan adalah tidak lebih dari 2 inci dari ukuran bawaan pabrik.

Setelah itu, rekomendasi ukuran velg sedan tersebut bisa kamu padukan dengan aspek rasio ban yang sesuai dengan standar kenyamanan dan keamanan.

Velg yang lebar akan mempengaruhi daya cengkram

Rekomendasi ukuran velg sedan di atas memberikan beberapa dampak pada mobil. Semakin besar velg, maka semakin besar juga lebar dari velg tersebut.

Misalnya, velg dengan ukuran 15 inci memiliki lebar antara 6-7 inci. Begitu juga velg dengan ukuran 17 inci lebarnya bisa mencapai 7,5-8 inci.

Daya cengkram yang semakin besar juga dipengaruhi oleh lebarnya velg yang kamu gunakan. Hal ini mengakibatkan peningkatan dari sisi body roll dan gejala understeer dari kendaraan tersebut.

Baca Juga: Biar Tambah Keren Coba Ganti Velg Mobil Anda dan Tren Modifikasinya

Body roll adalah suatu momen saat mobil terasa miring ketika sedang berada di tikungan. Saat mobil mulai berbelok, berat mobil seakan berpindah ke arah sebaliknya.  bila kamu berbelok ke kiri, maka mobil akan miring ke kanan, dan sebaliknya.

Sedangkan pengertian dari understeer adalah kondisi saat mobil sulit berbelok bahkan tetap meluncur lurus meskipun roda kemudi sudah diputar.

Perhatikan kemampuan EPS mobil

Rekomendasi ukuran velg sedan selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan kemampuan Electronic Power Steering (EPS).

Bila ukuran velg tidak sesuai, EPS mobil kamu bisa terganggu.  Jadi, sesuaikan dengan kemampuan EPS. Terutama jika model EPS pada mobil kamu berukuran kecil. Usahakan agar tidak kelebihan beban.

Bagaimana? Apakah rekomendasi ukuran velg sedan di atas sudah membantu kamu?

Jangan lupa, walaupun suka melakukan modifikasi pelek mobil, kamu tetap harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan saat berkendara ya.