Search Cars

Travel & Lifestyle

Rekomendasi Makanan Sehat Khas Indonesia yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

Tak hanya nikmat, 6 makanan sehat khas Indonesia ini bisa bantu kamu jaga daya tahan tubuh.

makanan sehatMenjaga daya tahan tubuh merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang, tidak memandang usia atau jenis kelamin. Terlebih jika kamu adalah orang yang cukup aktif, sehingga harus menjaga tubuh agar tetap prima dan tak mudah sakit. 

 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya adalah dengan makan makanan yang bergizi setiap hari, misalnya salad, oatmeal, smoothies dan lain-lain. 

 

Namun, kamu juga bisa menyantap makanan sehat khas Indonesia. Ada beberapa makanan sehat asli tanah air yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu. Selain itu, bahan pembuatnya juga mudah ditemukan.

 

Mau tau? Sejalan punya rekomendasi makanan sehat yang bisa kamu simak di bawah ini.

Sup bening

Dengan perbanyak konsumsi sayuran, tentunya akan memberikan efek yang baik bagi tubuh. Sup bening bisa kamu andalkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. 

 

Sup bening yang berisikan berbagai macam sayuran bisa memberi tenaga bagi tubuh. Kuah beningnya yang tak mengandung banyak lemak juga bisa membuat pencernaan kamu menjadi lebih lancar. 

 

Kemudian, sup bening aman untuk dijadikan santapan saat makan malam karena tidak mengandung banyak kalori serta kandungan bumbunya yang tidak berlebihan.

Ikan pepes

Agar tubuh tetap sehat dan prima, menjaga kesehatan jantung menjadi sebuah keharusan. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan diketahui mampu menjaga kesehatan jantung.


Tak hanya itu, kandungan protein yang tinggi, serta vitamin dan mineral pada ikan mampu membantu menurunkan tekanan darah. Ikan juga dikenal mampu menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh.


Selain memilih menu yang sehat, cara memasak turut berbeperan penting. Memasak ikan dengan cara dipepes dan menghindari minyak akan lebih sehat untuk tubuh.

 

Baca Juga : 7 Camilan Sehat yang Siap Menemanimu Saat Bekerja

Mungkin, ikan pepes bisa menjadi pilihan menu sehat kamu selama berada #dirumahaja.


Pecel

Makanan khas Jawa Timur ini memang dikenal menyehatkan karena berisi berbagai macam sayuran, seperti kangkung, bayam, tauge, mentimun, kacang panjang dan masih banyak lagi.

 

Nutrisi yang terdapat dalam sayuran tersebut mampu menambah daya tahan tubuh. Kamu bisa jadikan pecel sebagai camilan atau lauk tambahan untuk disantap bersama nasi.

Sup Ayam

Beberapa sumber mengatakan sup merupakan makanan terbaik untuk disantap saat sakit. Kuah hangat dapat membantu meningkatkan pernapasan dengan menyediakan hidrasi dan merangsang saluran hidung.

 

Baca juga: Jangan Terlalu Lama Simpan 5 Makanan Ini di Kulkas

 

Sedangkan sayuran seperti wortel, kol dan brokoli mengandung vitamin A, C serta antioksidan yang dikenal dapat tingkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus.

Rujak

Sudah bukan rahasia umum lagi bila variasi buah-buahan yang ada pada rujak dapat menyehatkan tubuh. Berbagai rasa seperti manis, pedas, dan asam mampu meningkatkan produksi hormon rileks yang berasal dari zat serotonin, di mana zat ini mampu meningkatkan perasaan tenang dan bahagia.


Tak hanya itu, sambal yang mendampingi rujak sangat efektif untuk melindungi tubuh dari kolesterol jahat sehingga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. 

Tinutuan

Makanan yang berasal dari Manado ini juga menjadi salah satu makanan sehat khas Indonesia. Tumisan bawang putih, merica dan kemangi yang bersifat sebagai antioksidan sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit.


Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang membantu melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, bahannya yang terdiri dari berbagai macam campuran sayuran seperti bayam, kangkung, jagung dan daun kemangi tentunya juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi kamu.


Baca Juga : Jaga Kesehatan, Ini Jogging Track di Jakarta yang Asyik dan Nyaman



Pada dasarnya, makanan Indonesia yang kaya akan rempah seperti jahe, kencur, kunyit dan sebagainya mampu menjaga daya tahan tubuh. Namun, kamu tetap harus selektif saat memilih makanan.

 

Selain menjaga asupan nutrisi, jangan lupa pula untuk istirahat yang cukup, olahraga dan perbanyak minum air agar kamu terhindar dari penyakit dan virus.

 

Tips makanan sehat ala Sejalan di atas bisa kamu masak sendiri di rumah, lho.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.