Search Cars

Otomotif

Prioritaskan Pelanggan, Toyota dan Daihatsu Lakukan Kampanye Recall

Dua pabrikan kendaraan bermotor Toyota dan Daihatsu resmi lakukan kampanye recall pada sejumlah produknya. Berikut detailnya.

keuntungan kredit mobil

Toyota dan Daihatsu kompak mengumumkan kampanye recall atau penarikan terhadap sejumlah produknya yang dijual di Indonesia. 

Kampanye recall ini dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas produk dan menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan. Berikut lengkapnya.

Recall Daihatsu

Terkait kampanye recall ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukannya pada sejumlah produknya yang teridentifikasi adanya masalah pada motor fuel pump atau pompa bahan bakar.

Recall ini berawal dari ditemukannya 24 kasus mobil brebet bahkan mati akibat fuel pump pada rentang Januari – Juni 2019. 

Saat ditelusuri, impeller fuel pump mengalami perubahan bentuk sehingga mengenai cover fuel pump motor.

Oleh karena itu PT ADM melakukan langkah tersebut untuk penggantian unit fuel pump baru dengan kualitas yang lebih baik untuk menghindari fenomena seperti mesin mati dan sulit dinyalakan kembali, mesin tidak bertenaga, RPM tidak stabil dan indikator mesin yang menyala.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Total ada 97.290 unit mobil dari tiga model kendaraan Daihatsu, yakni Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, dan Daihatsu Sirion, dengan tahun produksi 2017-2019. 

Rinciannya adalah Daihatsu Xenia 53.246 unit, Daihatsu Terios 41.152 unit, dan Daihatsu Sirion 2.892 unit produksi tahun Januari 2018-September 2019. Berikut daftarnya.

  1. Daihatsu Xenia produksi Oktober 2017 sampai Juni 2019.
  2. Daihatsu Terios produksi Desember 2017 sampai Juni 2019.
  3. Daihatsu Sirion produksi Januari 2018 sampai September 2019.

Untuk prosedur penggantian komponen ini, pihak Daihatsu akan menghubungi pelanggan yang kendaraannya masuk dalam program ini secara gratis. 

Pelanggan bisa juga dengan mengunjungi website resmi Daihatsu di www.daihatsu.co.id/recall, dengan memasukan nomor rangka kendaraan, atau pelanggan juga dapat menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898.

Recall Toyota

Langkah serupa juga dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebagaimana dengan yang dilakukan oleh PT ADM, langkah ini dilakukan sebagai upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas produk, keamanan dan keselamatan pelanggan. 

Terkait kampanye recall mobil yang dilakukan oleh PT TAM, kasusnya sama dengan Daihatsu, yakni terkait masalah pada fuel pump.

Sebelumnya, PT TAM sudah melakukan recall terkait masalah yang sama pada Juli 2020 lalu terhadap sejumlah produknya, yakni Toyota Alphard, Toyota Corolla, Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux. 

Kemudian setelah dilakukan pengecekan, ternyata ada perluasan lini produk yang perlu di-recall. Total ada sekitar 36.841 unit kendaraannya di Indonesia yang dilakukan recall. Berikut daftar lengkapnya.

  1. Toyota Alphard tahun produksi 2017-2019
  2. Toyota C-HR tahun produksi 2018-2019
  3. Toyota Corolla tahun produksi 2019
  4. Toyota Camry tahun produksi 2019
  5. Toyota Voxy tahun produksi 2018-2019
  6. Toyota Kijang Innova tahun produksi 2018-2019
  7. Toyota Fortuner tahun produksi 2018-2019
  8. Toyota Hilux tahun produksi 2019
  9. Toyota Avanza tahun produksi 2017-2019
  10. Toyota Rush tahun produksi 2017-2019

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Khusus Toyota Hilux produksi Juni-Desember 2018, ada penambahan pengecekan booster rem dan jika diperlukan akan dilakukan penggantian juga.

Untuk prosedur penggantiannya, pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.

Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota.

Jika kendaraannya terdaftar dalam program ini, pelanggan bisa langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk dilakukan pengecekan dan penggantian komponen secara gratis.

Pelanggan Toyota dan Daihatsu dengan model dan tahun yang telah disebutkan di atas, silakan cek status mobil untuk memastikan apakah perlu penggantian atau tidak. Jangan sampai terlewatkan ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.