PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Apa Saja Perbedaan Aturannya?

By Reka Harnis - Januari 26, 2021

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali. Yuk simak aturan lengkapnya.

PPKM Jawa-Bali diperpanjang

Sejak virus corona menyebar di Indonesia sejak awal tahun 2020, berbagai upaya kerap dilakukan untuk menekan penyebarannya. Salah satunya ialah Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Mulai 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021, pembatasan serupa kembali diterapkan dengan cakupan wilayah yang lebih luas, yakni Jawa-Bali.

Namun, seiring dengan perkembangan di lapangan, PPKM yang sudah diterapkan ternyata belum cukup untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Untuk itu, PPKM Jawa-Bali diperpanjang hingga 8 Februari 2021.

Baca juga: Kangen Nonton Film? Yuk, Bikin Bioskop Pribadi di Rumah

Lalu, apa yang membedakan PSBB dengan PPKM?

Berdasarkan kebijaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 dijelaskan bila protokol kesehatan selama PPKM di Jawa-Bali harus diperketat.

Baca juga: Cara Mempertahankan Skill Mengemudi Kamu di Masa PSBB

Dilihat dari segi peraturan, PPKM mirip dengan PSBB, yakni dengan membatasi sejumlah kegiatan, seperti bekerja, beribadah, bersekolah, hingga wisata.

Berita Terkait

Author